Tegas! Jokowi Minta Jangan Polri Salahgunakan Kekuatan, Jangan Tumpul ke Atas, Tajam ke Bawah

Tegas! Jokowi Minta Jangan Polri Salahgunakan Kekuatan, Jangan Tumpul ke Atas, Tajam ke Bawah

Tegas! Jokowi Minta Jangan Polri Salahgunakan Kekuatan, Jangan Tumpul ke Atas, Tajam ke Bawah-Setpres-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk menggunakan kekuatan besar yang dimiliki secara benar.

“Kewenangan Polri itu besar, kekuatan Polri itu juga besar, ini harus digunakan secara benar. Jangan ada yang disalahgunakan, jangan ada lagi persepsi hanya tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas,” ujar Presiden Jokowi, Sabtu 1 Juli 2023. 

BACA JUGA:Panji Gumilang Bakal Hadiri Panggilan Penyidik Terkait Kasus Dugaan Penistaan Agama

Jokowi juga menegaskan bahwa saat ini masyarakat membutuhkan rasa aman, rasa keadilan, serta rasa diayomi yang diberikan oleh Polri. 

Oleh karena itu, Presiden meminta Polri untuk tidak mengabaikan kebutuhan masyarakat tersebut.

“Saya minta Polri jangan abaikan ini. Polri harus mampu memberikan kepastian perlindungan. Polri harus mampu memberikan kepastian hukum. Polri harus mampu memberikan kepastian berusaha bagi para masyarakat dan para pengusaha,” jelasnya.

BACA JUGA: Dilirik Ferrari, Kehebatan Nikuba Setetes Bahan Bakarnya Buat Motor Melaju 45 Km: Akurat, Tapi Konteksnya Gak Gitu

Menurutnya, di tengah tantangan ke depan yang semakin berat dan tidak ringan, Jokowi mengingatkan Polri untuk memiliki kesigapan dan kecepatan, penguasaan teknologi dan inovasi, serta komunikasi publik yang baik.

“Program prioritas nasional dan pembangunan Ibu Kota Nusantara harus dikawal secara serius, kualitas layanan harus ditingkatkan, kejahatan dengan teknologi canggih harus diantisipasi,” imbaunya.

BACA JUGA:Menpora Dito Ariotedjo Datangi Kejagung, Jalani Pemeriksaan Sebagai Jadi Saksi di Kasus Dugaan Korupsi BTS Kominfo

Selain itu, Kepala Negara juga meminta seluruh jajaran Polri untuk menjaga semangat persatuan dan kesinergisan.

“Institusi Polri itu ibarat sapu lidi, masing-masing lidi harus bersih, masing-masing lidi harus lurus, masing-masing lidi harus kuat, yang harus diikat dengan semangat kesatuan dan sinergitas. Tidak boleh lagi ada blok-blokan, tidak boleh ada lagi patron-patronan,” terangnya.

BACA JUGA:Hole in One Berhak Boyong BMW iX Dari BMW Astra di Joycup 2023

Terkait sumber daya manusia (SDM), Presiden meminta Polri untuk menjaga kualitas sejak dari rekrutmen, memperbaiki sistem promosi, memperketat sistem pengawasan, serta memperkuat sistem pendisiplinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: