Siap-siap! Pemerintah Buka Opsi Batasi Usia Kendaraan, Kemenhub: Bisa, Tinggal Butuh Keberanian Saja!

Siap-siap! Pemerintah Buka Opsi Batasi Usia Kendaraan, Kemenhub: Bisa, Tinggal Butuh Keberanian Saja!

Kemacetan di Jakarta Kembali Meningkat-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka wacana peluang diberlakukannya masa usia kendaraan bermotor di Indonesia. 

Wacana itu muncul ketika persoalan jumlah kendaraan yang beroperasi terus meningkat setiap tahun namun tidak diimbangi oleh volume ruas jalannya.

Alhasil, dengan tumbuhnya jumlah kendaraan yang sangat pesat saat ini, banyak di kota-kota besa di Indonesia terjadi penumpukan hingga menyebabkan kemacetan parah.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Siap Sambut Operasi Penuh Mulai Oktober 2023

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Dibuka, Jarak Tempuh Bandung ke Bandara Kertajati Kurang dari Satu Jam

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub, Hendro Sugiatno menyatakan, bahwa kebijakan pembatasan usia kendaraan bermotor di Indonesia sangat mungkin dilakukan.

"Kita bisa menerapkan itu, seperti di Singapura. Tinggal butuh keberanian saja," kata Hendro di Jakarta, Rabu 12 Juli 2023. 

Hendro mengambil contoh, semisal di DKI Jakarta yang diberi batas minimal 10 tahun dari batas usia kendaraan yang beredar.

"Semuanya itu bisa, tinggal kita berani atau tidak," tegasnya.

"Paling-paling protes yang di depan ini (pihak terkait lain)," sambungnya.

BACA JUGA:Macet Makin Parah! Jam Kerja Perkantoran di Jakarta Bakal Diatur 2 Sesi

Sulit diterapkan

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syarin Liputo mengatakan, bila kebijakan larangan mobil di atas 10 tahun masuk Ibu Kota sukar untuk dapat diterapkan.

"Karena undang-undang belum mengatur pembatasan usia kendaraan pribadi, maka tentu kami belum bisa melakukan eksekusi terhadap hal ini," ujar Syafrin kala itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: