Cuma Lihat Foto Makanan Online Mampu Bantu Kurangi Keinginan Makan Berlebih? Begini Hasil Penelitiannya

Cuma Lihat Foto Makanan Online Mampu Bantu Kurangi Keinginan Makan Berlebih? Begini Hasil Penelitiannya

Cuma Lihat Foto Makanan Online Mampu Bantu Kurangi Makan Berlebihan?---Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Jika Anda suka ngemil tetapi pada saat yang sama ingin menghindari makan berlebihan, mulailah melihat foto makanan secara online.

Meskipun kedengarannya agak aneh, sebuah studi baru menemukan bahwa melihat foto makanan sebenarnya dapat menahan keinginan Anda untuk makan.

Para peneliti dari Universitas Aarhus di Denmark telah menemukan bahwa melihat gambar berulang dari makanan lebih dari 30 kali dapat secara signifikan menghasilkan rasa kenyang sekaligus mengurangi ukuran porsi yang dipilih seseorang untuk makan.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Makanan Khas Bali Murah Meriah, Cocok Buat yang Liburan Nih

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Nafsu makan dan dibangun di atas teori kognisi dan menunjukkan bahwa persepsi kognitif memengaruhi nafsu makan dengan cara yang hebat.

Bagaimana melihat gambar bisa mengurangi makan berlebihan? Inilah inti dari penelitiannya.

Dalam penelitian yang dipimpin oleh Tjark Anderson, seorang kandidat PhD di Departemen Ilmu Pangan Aarhus, lebih dari 1.100 orang berpartisipasi dalam serangkaian penelitian.

Melansir dari Sportskeeda, dalam satu percobaan, peserta disuruh melihat foto online M&M oranye sebanyak 30 atau tiga kali.

BACA JUGA:BKKBN Dorong Produk Makanan Lokal Bergizi untuk Cegah Stunting

Studi tersebut menemukan bahwa orang yang melihat gambar 30 kali memiliki keinginan lebih sedikit untuk makan permen dibandingkan dengan mereka yang melihat gambar hanya tiga kali.

Studi ini juga menemukan bahwa peserta yang melihat foto 30 kali melaporkan bahwa mereka akan memilih permen M&M dalam porsi yang lebih kecil daripada orang yang melihat gambar hanya tiga kali.

"Mungkin terdengar aneh bahwa orang merasa kenyang tanpa benar-benar makan apa pun. Tapi ini sangat wajar. Cara kita berpikir tentang makanan memiliki pengaruh besar pada nafsu makan kita," kata Anderson.

"Anda akan menerima respons fisiologis terhadap sesuatu yang hanya Anda pikirkan. Itu sebabnya kita bisa merasa puas sepenuhnya tanpa makan apa pun," sambungnya.

BACA JUGA:Mengenal Kue Panada, Makanan Khas Manado yang Bentuknya Mirip Pastel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: