337 Juta Data Dukcapil Diduga Bocor, Menkominfo: Gak Masuk Akal, Penduduk Kita kan 227 Juta Jiwa!

337 Juta Data Dukcapil Diduga Bocor, Menkominfo: Gak Masuk Akal, Penduduk Kita kan 227 Juta Jiwa!

Budi Arie Setiadi beri reaksi soal tudingan korupsi BTS 4G kepada adiknya, Chandra Arie Setiawan--https://www.kominfo.go.id/

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi mengaku heran dengan dugaan bocornya 337 juta data pribadi. Sebab, dia menyebut penduduk Indonesia berada di kisaran 277 juta jiwa.

"Kalau bocor bilang 330 juta, lha NIK kita paling 200 juta. Masa, bocor 330 juta? Penduduk kita 277 juta, berarti kan ada 277 juta NIK. Kok bocor 330 (juta)? Emang ada hantunya kita punya NIK?" Kata Budi dalam konferensi pers di kantor Kementerian Kominfo, Kamis, 20 Juli 2023.

BACA JUGA:Teten Masduki Jadi Menteri dengan Harta Paling Sedikit, Total Kekayaan Senilai Rp 4,2 Miliar

"Itu aja sudah nggak masuk akal, masa jumlah penduduk sama NIK lebih banyak NIK yang bocor. Itu 330 juta angkanya dari mana saya juga nggak ngerti," sambungnya.

Ia mengatakan sampai saat ini pihaknya juga masih belum mengetahui data penduduk dari instansi mana yang bocor. 

Ia mengatakan data yang bocor tersebut belum tentu berasal dari Dukcapil Kemendagri. Mengingat, data kependudukan masyarakat Indonesia menyebar bukan hanya di Dukcapil

BACA JUGA:3 Cara Membuat Masker Jeruk Nipis, Bikin Kulit Glowing Ala Artis Korea!

"Dukcapil itu ngeluarin NIK, sementara data pribadi kan banyak instansi yang mengumpulkan. Bocornya yang mana," ucapnya.

Sebelumnya, dugaan kebocoran data Dukcapil awalnya diungkap pendiri Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto. Pemilik akun Twitter @secgron ini mengatakan data Dukcapil yang diduga bocor itu terbilang cukup lengkap, yakni mencakup nama, NIK, nomor KK, tanggal lahir, alamat, nama ayah, nama ibu, NIK ayah, NIK ibu, nomor akta lahir/nikah, dan lainnya.

"Kali ini yang bocor adalah data kita semua di Dukcapil sebanyak 337 juta data," ujar Teguh dalam dalam postingannya.

BACA JUGA:Polda Metro Jaya Amankan 12 Pelaku TPPO Jual Ginjal

Merespons hal ini, Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi memastikan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) juga Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Terkait dengan kasus dugaan kebocoran database Dukcapil yang ada di breachforums, kami Ditjen Dukcapil Kemendagri bersama-sama dengan BSSN dan Kemenkominfo serta stakeholder terkait telah melaksanakan 2 agenda kegiatan, yaitu audit investigasi, dan mitigasi preventif,” kata Teguh. 

Teguh memastikan audit investigasi dan mitigasi preventif sudah dijalankan sejak kabar beredar dan sampai saat ini masih berproses secara cepat. Dia mengatakan data yang diduga bocor itu tidak sama dengan data kependudukan di Dukcapil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: