Dokter Inggrid Tania Bongkar Keburukan IDI, 'Dulu Dokter yang Ingin Gunakan Obat Tradisional Selalu Ditakuti!'

Dokter Inggrid Tania Bongkar Keburukan IDI, 'Dulu Dokter yang Ingin Gunakan Obat Tradisional Selalu Ditakuti!'

Dokter Inggrid Tania Bongkar Keburukan IDI, 'Dulu Dokter yang Ingin Gunakan Obat Tradisional Selalu Ditakuti!'-Tangkapan Layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional Jamu Indonesia (PDPOTJI) buka suara terkait perlakuan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di masa sebelum Undang-undang Kesehatan terbaru disahkan.

Hal ini diungkapkan oleh dokter Inggrid Tania, selaku Ketua Umum PDPOTJI pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IX DPR RI, Selasa 11 Juli 2023 kemarin.

BACA JUGA:Mengerikan! Hujan Es Berukuran Bola Tenis Hancurkan Rumah-rumah di Venesia, 110 Korban Luka-luka

Menurut Dokter Inggrid, UU Kesehatan sebelumnya sangat mengintimidasi para dokter yang ingin menggunakan obat tradisional kepada para pasiennya.

"Pada UU Kesehatan sebelumnya tidak eksplisif disebutkan seperti itu, dan bahkan pada peraturan pemerintah juga OP sendiri dulu sebelum ada RUU Kesehatan sangat menakuti dokter kalau mau memakai obat tradisional kita,” ungkap Inggrid di depan anggota Komisi IX DPR RI.

BACA JUGA:Kembangkan SDM, Hyundai Komitmen Melalui Program Magang Global

“Padahal Jamu tradisional sudah dilirik sama China, bahkan obat herbal sangat tidak dianjurkan oleh para dokter-dokter yang berkuasa di OP,” tegasnya.

Bukan hanya soal penggunaan obat tradisional saja, Inggrid juga membeberkan perlakuan petinggi OP (Organisasi Profesi) yang sangat intimidatif.

BACA JUGA:Sebarkan Semangat Baca Anak, WARI Berbagi Buku Untuk Yayasan Al Hidayah

Menurutnya, siapa pun yang mengkritik petinggi OP (Organisasi Profesi) itu akan diganggu studinya.

“Termasuk saya diganggu studi S3-nya, saya gak boleh jadi pembicara webinar atau Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) IDI (Ikatan Dokter Indonesia). Tapi alhamdulilah fakultas kedokteran no 1 di China mengundang saya sebagai tamu,” bebernya.

“Jadi saya ditolak oleh IDI, tapi diluar negeri saya saya sudah bicara dimana-mana,” tambahnya.

BACA JUGA:Demi Keselamatan Perjalanan Kereta Api, KAI Tertibkan Puluhan Bangunan Liar di Pasar Senen

Kini setelah UU Kesehatan yang baru disahkan, pihaknya sangat mengapresiasi dan bisa menjadi kebangkitan jamu, obat tradisonal dan pelayanan Kesehatan tradisional di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: