Diundang Xi Jinping, Jokowi Berangkat ke Tiongkok, Ini Daftar Agendanya

Diundang Xi Jinping, Jokowi Berangkat ke Tiongkok, Ini Daftar Agendanya

Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi bertolak ke Tiongkok-tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dalam rangka memenuhi undangan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berangkat menuju Chengdu, Tiongkok pada Kamis 27 Juli 2023. 

Selain memenuhi undangan, kunjungan Jokowi ke Tiongkok juga sekaligus memperingati 10 tahun kemitraan strategis komprehensif kedua negara.

BACA JUGA:Menteri Investasi BKPM Bahlil Lahadalia Kunjungi Pabrik Chery di Tiongkok

“Pagi hari ini saya bersama dengan Ibu Negara serta delegasi terbatas akan melakukan kunjungan kerja ke Chengdu di Tiongkok,” ujar Jokowi dalam keterangan resminya, Kamis 27 Juli 2023.

Dalam pertemuan dengan Presiden Xi Jinping, Presiden Jokowi akan membahas sejumlah agenda prioritas di berbagai bidang. Karena Tiongkok, merupakan mitra dagang dan investasi terbesar bagi Indonesia.

BACA JUGA:Ledakan LPG Terjadi di Kawasan Penduduk Muslim di Tiongkok, 31 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

“Sejumlah agenda prioritas akan saya bahas bersama Presiden Xi, baik di bidang investasi maupun berbagai proyek strategis Indonesia dan RRT, juga di bidang perdagangan dan kesehatan, serta isu-isu regional dan global,” jelasnya.

Dalam lawatan kali ini, Presiden juga akan melakukan pertemuan dengan para pebisnis dari Tiongkok yang, antara lain, membahas mengenai potensi investasi di Indonesia.

“Saya juga akan bertemu dengan beberapa CEO, pimpinan perusahaan-perusahaan Tiongkok yang telah dan akan melakukan investasi di Indonesia, khususnya di sektor hilirisasi industri, petrokimia, energi baru terbarukan, dan kesehatan,” ungkap Jokowi.

BACA JUGA:Dihentikan Tiongkok, Indonesia Gagal Bawa Pulang Piala Sudirman

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyempatkan diri untuk menyemangati para mahasiswa Indonesia yang tengah berlaga di ajang olahraga internasional FISU World University Games.

“Saya juga akan menghadiri pembukaan FISU World University Games untuk menyemangati kontingen kita yang juga berlaga di sana,” lanjutnya.

Setelah melakukan kunjungan ke Tiongkok ini, Presiden dan Ibu Iriana Jokowi dijadwalkan untuk tiba di tanah air pada Sabtu 29 Juli 2023 esok.

“Sabtu pagi insyaallah saya sudah tiba di Jakarta,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: