Buku 'Kenapa Layangan Itu Harus Putus?' Resmi Meluncur, Banyak Kisah Pilu Istri Aparat TNI-Polri Tertuang di Buku Ini!

Buku 'Kenapa Layangan Itu Harus Putus?' Resmi Meluncur, Banyak Kisah Pilu Istri Aparat TNI-Polri Tertuang di Buku Ini!

Peluncuran resmi buku 'Kenapa Layangan Harus Putus?'. Buku ini menceritakan banyak kisah pilu yang dialami oleh para istri aparat penegak hukum-Foto/Dok/Andrew-

JAKARTA, DISWAY.ID - Perusahaan penerbitan REQBook kembali merilis buku baru berjudul 'Kenapa Layangan Itu Harus Putus? Kisah-kisah Pilu Istri Aparat' karya penulis A.D Prasetyo & Khafidlul Ulum.

Buku tersebut diluncurkan sekaligus dibedah di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) pada Jumat, 28 Juli 2023, oleh sejumlah narasumber mulai dari akademisi, pakar psikologi forensik hingga kriminolog.

Salah satu penulis yaitu Prasetyo mengatakan jika buku tersebut menceritakan sembilan kisah pilu istri-istri aparat seperti TNI dan Polri yang diselingkuhi dan ditelantarkan oleh suaminya.

BACA JUGA:Lengkap, Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid

"Buku ini sebenarnya banyak ceritanya, di awal proses pembuatan bukunya ibu-ibu ini merasa sudah hopeless, karena sudah bolak balik Div Propam ke Kantor Polisi, menemui komandannya tapi yang dia dapat justru hanya kekesalan," ujar pria akrab disapa Mas Tyo tersebut di sela-sela acara.

Tyo mengaku jika penulisan buku ini berawal saat dirinya ditemui oleh ibu-ibu Bhayangkari yang ingin kisah hidupnya diliput media.

Namun, ia mengatakan jika dimuat dalam artikel berita akan menjadi panjang, sehingga dirinya pun menemukan sebuah ide untuk menjadikannya buku dengan mengumpulkan sejumlah narasumber lainnya yang memiliki nasib serupa.

Selanjutnya, Tyo pun menggandeng Khafidlul Ulum dalam penggarapan buku tersebut.

BACA JUGA:Bacaan Niat Sholat Hajat Arab Latin Lengkap dengan Tata Cara

Pada kesempatan yang sama, Ulum mengatakan bahwa alasan memilih judul 'Kenapa Layangan Itu Harus Putus? Kisah-kisah Pilu Istri Aparat' karena saat itu judul terkait 'Layangan' sedang viral dan menjadi perbincangan publik terkait masalah rumah tangga seperti contohnya series 'Layangan Putus' yang diperankan oleh aktor ternama Reza Rahadian dan aktris Putri Marino serta Anya Geraldine.

"Lho kok pas kita menulis tentang persoalan rumah tangga yang dialami sama istri-istri para aparat seperti itu. Lama sih diskusinya, 'Ini apa yang paling menarik?' Jadi kita sepakat judul pake pertanyaan saja, 'Kanapa Layangan Itu Harus Putus?' Nah, jawabannya ada di buku itu, tergantung kasus masing-masing," ujar Ulum.

Ulum mengatakan bahwa dalam buku tersebut menceritakan kisah para istri aparat mulai dari dikhianati hingga ditelantarkan dengan tidak diberi nafkah oleh suaminya.

"Jadi background judul buku itu sebenernya sempat debat juga sama Mas Tyo, akhirnya kita kasih sub judul di bawahnya 'Kisah-kisah Pilu Istri Aparat' agar menjelaskan bahwa buku ini menceritakan istri-istri aparat yang menjadi korban," ujarnya.

BACA JUGA:Asyik! Jak Card Bank DKI Sudah Bisa Jadi Tiket Naik KRL Sampai Masuk Tempat Wisata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: