Panji Gumilang Ditahan, Kuasa Hukum Harap Tak Ada Konflik Horizontal di Masyarakat

Panji Gumilang Ditahan, Kuasa Hukum Harap Tak Ada Konflik Horizontal di Masyarakat

Hendra Effendy selaku Kuasa Hukum Panji mengatakan kepengurusan Ponpes Al-Zaytun akan dilanjutkan oleh sahabatnya. -Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-Kuasa hukum Panji Gumilang, Hendra Effendy berharap tak ada konflik horizontal di masyarakat pasca penahanan kliennya. 

Sebab, kata dia, Panji Gumilang merupakan sosok yang memiliki jutaan pendukung. Oleh karena itu, ia berharap tak ada konflik di masyarakat. 

"Kita tidak berharap ada persoalan persoalan horizontal di masyarakat, karena bagaimanapun Pak Syeh Panji ini seorang tokoh yang punya pendukung jutaan. Ya tentunya dengan terjadinya hal ini ya kita ngga paham yaa apa yang nanti terjadi," kata Hendra di Mabes Polri, Rabu, 2 Agustus 2023.

BACA JUGA:Bahas Manajemen Al Zaytun, Mahfud MD Akan Bertemu Ridwan Kamil dan Sejumlah Menteri, NU Siap Tampung Santri Panji Gumilang

Lebih lanjut, Hendra menuding penahanan yang dilakukan terhadap kliennya itu merupakan bentuk kriminalisasi. 

"Tapi kita dari awal sudah menduga bagaimana terjadinya kriminalisasi dan politisasi persoalan Pak Syeh Panji Gumilang ini," kata kuasa hukum Panji, Hendra Effendy di Bareskrim Polri, Rabu, 2 Agustus 2023.

Ia pun mengaku tidak paham dengan proses hukum yang dijalankan oleh kliennya. 

BACA JUGA:Panji Gumilang Tersangka Penistaan Agama, MUI : Semoga Kegaduhan Terkait Al Zaytun Cepat Selesai

"Tujuannya ya kami belum paham, tapi kami menduga tentang kriminalisasi politisasi ini terjadi dalam perkara ini, dalam persoalan ini," ujar dia. 

Meski demikian, ia mengaku tetap menghormati keputusan yang telah dijalankan oleh penyidik Bareskrim Polri. 

"Jadi kita tentunya sangat menghormati dari setiap langkah-langkah Bareskrim yang hari ini terus menindaklanjuti persoalan ini dengan serius," ujar dia. 

BACA JUGA:Panji Gumilang Dijerat Pasal Berlapis, Terancam Penjara Selama 10 Tahun

"Harapan kami, kita tetap kondusif dalam persoalan ini. Kemudian ketika tentunya ada kebijakan dari persoalan ini ya kita tidak paham apa yang akan terjadi di kemudian hari," sambung dia. 

Sebelumnya, Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri resmi menahan pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang. Panji ditahan terkait kasus penistaan agama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: