4 Orang Tersangka, Evakuasi 8 Gurandil Terjebak di Lubang Tambang Emas Dihentikan

4 Orang Tersangka, Evakuasi 8 Gurandil Terjebak di Lubang Tambang Emas Dihentikan

Penyemprotan disinfektan dan alkohol dilakukan relawan PMI dan Dompet Duafa untuk mensterilkan alat dan pakaian personel SAR yang bekerja bersentuhan dengan air di dalam sumur tambang, Senin 31 Juli 2023 sore.-Dimas Prabowo/Radar Banyumas -

BACA JUGA:Breaking News! Polri Resmi Tahan Panji Gumilang Atas Kasus Penistaan Agama

Kepala Basarnas Cilacap cum SAR Mission Coordination, Adah Sudarsa, mengatakan bahwa operasi ini dihentikan per pukul 14.30 WIB dengan tabur bunga dan pemasangan prasasti. Prasasti tersebut bertuliskan nama dari delapan korban.

Adah menjelaskan alasan operasi penyelamatan delapan penambang emas ini dihentikan, yakni banyaknya kendala yang muncul. Salah satunya debit air yang terus naik meski dipompa terus menerus.

“Pompa sudah kami operasionalkan selama 24 jam, tapi air bukannya berkurang malah bertambah, naik terus. Di dalam itu lubang semakin menyempit," ujar Adah.

Selama tujuh hari operasi pencarian dilakukan, tim SAR telah mengerahkan berbagai alat, seperti pompa air, alat deteksi pencarian xaver, scan sonar, life detector, alat mountaineering, hingga alat selam.

Sampai operasi pencarian dihentikan, kedelapan gurandil terjebak tidak diketahui nasibnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: