Wanita Dewasa yang Mengonsumsi Minuman Manis Setiap Hari Berisiko Tinggi Kena Kanker Hati

Wanita Dewasa yang Mengonsumsi Minuman Manis Setiap Hari Berisiko Tinggi Kena Kanker Hati

Wanita yang minum minuman manis setiap hari berisiko kena kanker hati dan penyakit kronis-Ilustrasi/Minuman manis/Freepik-

JAKARTA, DISWAY.ID-Sebuah studi baru mengemukakan wanita dewasa yang mengonsumsi minuman manis setiap hari berisiko lebih tinggi terkena kanker hati dan kematian akibat penyakit kronis.

Penelitian yang dipublikasikan di JAMA ini melacak pilihan minuman dari hampir 100 ribu wanita berusia antara 50 dan 79 tahun di seluruh Amerika Serikat. 

Tim peneliti berfokus pada hasil kesehatan mereka selama 2 dekade terakhir.

BACA JUGA:Cerita Suti Karno 'Atun', Lebih Pilih Minuman Manis Ketimbang Air Putih, Berujung Kaki Diamputasi Karena Diabetes

Dalam studi tersebut, para peneliti mencatat kebiasaan minum partisipan pada awal penelitian, di awal tahun 1990-an dan sekali lagi tiga tahun kemudian.

Mereka membandingkan kesehatan wanita yang lebih jarang mengonsumsi minuman manis atau minuman dengan pemanis, dengan mereka yang mengonsumsi minuman manis setiap hari.

Sekira 7 persen wanita dalam penelitian ini tercatat mengonsumsi minuman manis setiap hari. Lebih dari 13 persen mengonsumsi minuman berpemanis buatan setiap hari.

Ditemukan, wanita yang minum setidaknya satu minuman manis  setiap hari memiliki kemungkinan 1,75 kali lebih besar menderita kanker hati dibandingkan.

BACA JUGA:Tak Banyak yang Tahu, Jika Diminum Sebelum Tidur, 3 Minuman Ini Ampuh Lunturkan Lemak dan Turunkan Stres

Sementara itu, partisipan yang minum-minuman manis setiap hari diketahui 2,5 kali lebih mungkin meninggal karena penyakit hati kronis.

Para peneliti juga mengamati jumlah wanita yang didiagnosis menderita kanker hati atau meninggal akibat penyakit hati kronis selama periode penelitian, rata-rata hampir 21 tahun.

BACA JUGA:7 Minuman yang Bisa Bersihkan Paru-Paru

"Meskipun temuan ini menunjukkan adanya potensi hubungan antara kondisi hati dan kebiasaan mengonsumsi minuman manis, penelitian ini tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat antara minuman berpemanis dan masalah hati," ungkap peneliti tersebut dikutip dari laman India Today, Sabtu 12 Agustus 2023. 

Faktanya, para peneliti juga tidak dapat menunjukkan dengan tepat bagaimana gula dapat meningkatkan risiko kondisi hati pada tingkat biologis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: