Dramatis! Detik-detik Penyelematan Enam Anak Sekolah yang Tersangkut di Gondola, Butuh 15 Jam untuk Evakuasi!

Dramatis! Detik-detik Penyelematan Enam Anak Sekolah yang Tersangkut di Gondola, Butuh 15 Jam untuk Evakuasi!

Detik-detik Penyelematan Enam Anak Sekolah yang Tersangkut di Gondola-Istimewa-Berbagai sumber

Dengan tali yang diikatkan pada tubuh mereka, helikopter Angkatan bersenjata Pakistan itu berhasil menyelamatkan mereka.

Helikopter itu sempat kembali ke pangkalan saat beberapa siswa dan dua orang guru itu masih bergelantungan di dalam gondola di ketinggian itu.

BACA JUGA:Mengenal PT Taspen, Perusahaan yang Terseret Kasus Perseturuan Antonius Kosasih dengan Pengacara Kamaruddin Simanjuntak

Pertolongan dilanjutkan hingga malam hari. Lampu sorot dari tebing-tebing kurang untuk memudahkan helikopter mengevakuasi anak-anak dan dua gurunya itu.

Sebelum matahari terbenam baru dua anak itu yang diselamatkan dengan bantuan helikopter tentara tetapi operasi dengan helikopter dihentikan karena hari sudah gelap dan cuaca berangin.

Tentara kemudian memulai operasi darat, dipimpin oleh komandan umum SSG (GOC), untuk mengambil enam orang yang tersisa di kereta gantung dengan cara alternatif.

Kereta gantung lain yang berukuran lebih kecil diluncurkan dengan tali gantung di kabel yang sama untuk menjemput orang-orang untuk mengirimi makanan dan air kepada mereka. 

Tentara Pakistan juga membawa ahli perlintasan kabel lokal untuk meminta bantuan.

Helikopter dan personil Angkatan Darat Pakistan dan Angkatan Udara Pakistan berpartisipasi dalam operasi penyelamatan bersama dengan pasukan SSG. 

Meski evakuasi itu terpaksa dilakukan satu persatu, akhirnya delapan orang yang terjebak gondola itu berhasil diselamatkan.

"Begitu semua orang telah diselamatkan, keluarga mulai menangis dengan gembira dan saling berpelukan," kata pejabat darurat Waqar Ahmad kepada kantor berita AFP.

"Orang-orang yang menyaksikan proses pertolongan itu terus berdoa agar talinya tidak putus. Mereka terus berdoa hingga orang terakhir diselamatkan," tambahnya.

Presiden Arif Alvi meminta pihak berwenang untuk segera melakukan "survei komprehensif" dari semua lift kereta gantung di negara ini.

Setelah hampir 15 jam, akhirnya upaya pasukan komando Angkatan Darat Pakistan berhasil menyelamatkan semua, 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: