Pemprov DKI Terapkan Tilang Kendaraan Tidak Lulus Emiji Pekan Ini

Pemprov DKI Terapkan Tilang Kendaraan Tidak Lulus Emiji Pekan Ini

Uji emisi kendaraan. (Foto: Istimewa from PMJNews)--

JAKARTA, DISWAY.ID- Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan menerapkan uji coba tilang bagi kendaraan tidak lulus uji emisi pada pekan ini.

Sedangkan untuk pemberian sanksi tilang baru diuji coba mulai 25 Agustus.

"Bekerja sama dengan Polda Metro dan POM TNI, untuk uji emisi per tanggal 1 September. Kami koordinasi sekarang tahap pembahasan SOP dan teknis," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, Selasa 22 Agustus 2023. 

BACA JUGA:7 Pengendara Motor Tabrakan Truk di Lenteng Agung Bakal Ditilang dan Terancam Pidana

"Rencana pada Jumat 25 Agustus kami akan uji coba pelaksanaan tilang uji emisi, dan nanti pelaksanaan secara masif akan dilakukan per 1 September, jadi September November 2023 itu untuk melakukan uji emisi," sambungnya.

BACA JUGA:Solusi Gratis Bikin Mobil Lulus Uji Emisi Gas Buang, Selamat Dari Denda PKB

Menurutnya, langkah tersebut merupakan bagian upaya mengatasi polusi udara di Jakarta.

Selain penerapan sanksi tilang uji emisi, Pemprov DKI juga akan memberikan izin bengkel kendaraan agar bisa melakukan uji emisi.

BACA JUGA:Denda Kendaraan Tak Lulus Uji Emisi Karbon Segera Berlaku di Jakarta, KLHK DKI: Perpanjangan STNK Hingga Tarif Parkir Tertinggi

Ia menjelaskan, kebijakan sanksi tilang ini sudah tertuang dalam Pergub 66 tahun 2020. Nantinya, bengkel selain ATPM bisa menguji kendaraan warga.

"Dalam pergub ini juga diatur tentang bagi warga yang ingin membuat menyediakan fasilitas uji emisi itu juga sudah diatur jadi tidak hanya bengkel ATPM, bahkan bengkel sederhana kami beri izin membuat fasilitas uji emisi di bengkel tersebut," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: