Rutin Servis Berkala, Sepeda Motor Aman dari Razia Uji Emisi Kendaraan

Rutin Servis Berkala, Sepeda Motor Aman dari Razia Uji Emisi Kendaraan

Rutin Servis Berkala, Sepeda Motor Aman dari Razai Uji Emisi Kendaraan-WMS-

Asap putih knalpot lumrah jika dihasilkan dari mesin pembarakan 2 stroke, jika dari mesin 4 Stroke kemungkinan ada beberapa komponen yang bermasalah. 

BACA JUGA:Motor dan Mobil yang Tak Punya Bukti Hasil Uji Emisi Siap-siap Kena Tilang, Nah Lo!

Lebih lanjut dijelaskan Wahyu ada beberapa penyebab munculnya asap putih seperti silinder comp atau liner mesin yang sudah aus akibat pergerakan piston yang bergesekan terus menerus pada saat motor hidup. 

Selanjutnya kebocoran seal katup, kebocoran ini sering terjadi jika seal katup yang berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara di ruang pembakaran mesin bocor sehingga oli dapat masuk ke dalam manifold.

Masih ‘biang keladi’asap putih lainnya adalah pembengkokan katup klep sehingga posisinya tidak dapat diatur dan terjadi kelonggaran. 

BACA JUGA:Tilang Uji Emisi Berlaku 1 September, Berikut Lokasi Razia di DKI Jakarta

Celah longgar inilah yang menyebabkan oli mudah masuk ke ruang bakar. Kemungkinan terakhir jauh dari masalah teknis mesin, yaitu penggunaan jenis knalpot khususnya racing agar dapat bertahan dari suhu panas maka disemprotkan oli sehingga hasilkan pembakaran dalam knalpot.

Asap Hitam

Sama dengan diatas, mesin dengan tipe 4 stroke tidaklah mengeluarkan asap berwarna apalagi hitam. Indikator awal biasanya muncul dari banyaknya timbunan kerak karbon di ruang bakar. 

Jangan Khawatir solusinya cukup mudah dengan membersihkan kerak yang menempel di head cylinder.

Asap Warna hitam juga menjadi adanya kebocoran pada klep in sehingga bensin lebih banyak masuk ke ruang bakar dan solusinya dibutuhkan skir klep. 

BACA JUGA:Pengendara di Tangerang Harus Waspada! Pelanggar Kelayakan Uji Emisi Akan Ditilang

Masih dari rangkaian pembakaran, Asap Hitam juga bisa disebabkan lubang main jet atau slow jet (spuyer) aus sehingga bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih banyak. 

Kotoran juga bisa jadi satu penyebab, apalagi kotoran yang menumpuk pada filter udara.

‘Si kecil Cabe Rawit’ alias busi juga mendukung faktor terjadinya asap. Busi yang tidak baik akan membuat pembakaran ruang bakar mesin tidak bekerja maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: