Myanmar Masih Konflik, Pemimpin ASEAN Sepakat Keketuaan ASEAN 2026 Dijabat Filipina

Myanmar Masih Konflik, Pemimpin ASEAN Sepakat Keketuaan ASEAN 2026 Dijabat Filipina

ASEAN-ilustrasi-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mencapai konsensus untuk tidak mengizinkan Myanmar, dalam  memegang keketuaan blok tersebut pada 2026 sesuai jadwal semula.

Atas keputusan bersama tersebut sehingga posisi Myanmar sebagai Keketuaan ASEAN akan digantikan oleh Filipina.

BACA JUGA:Myanmar Usir Diplomat Utama Timor-Leste, Ada Apa?

Konsensus tersebut dicapai dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta, Selasa 5 September 2023.

Ketua ASEAN ditentukan sesuai abjad negara anggota dalam bahasa Inggris. Jika merunut jadwal maka Myanmar seharusnya memegang keketuaan ASEAN pada 2026, sedangkan Filipina (dalam bahasa Inggris ditulis Philippines) mendapat giliran pada 2027.

“Disepakati keketuaan ASEAN 2026 akan dipegang oleh Filipina dan ASEAN berkomitmen untuk melanjutkan bantuan kemanusiaan (ke Myanmar),” ujar Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam keterangannya, Selasa 5 September 2023 kemarin.

BACA JUGA:13 WNI Korban TPPO di Myanmar Dipulangkan ke Tanah Air

Seperti diketahui, ASEAN telah melarang para pemimpin junta Myanmar menghadiri pertemuan tingkat tinggi organisasi tersebut karena tak kunjung melaksanakan Konsensus Lima Poin.

Konsensus Lima Poin merupakan kesepakatan damai antara ASEAN dan pemimpin junta setelah militer menggulingkan pemerintahan terpilih melalui kudeta pada Februari 2021.

Konsensus Lima Poin tersebut antara lain menyerukan penghentian segera kekerasan, dialog di antara pihak-pihak terkait, mediasi oleh utusan khusus ASEAN, pemberian bantuan kemanusiaan, dan kunjungan ke Myanmar oleh utusan khusus untuk bertemu semua pihak terkait.

BACA JUGA:KTT ASEAN 2023 Hasilkan 3 Poin Kesepakatan Perlindungan Pekerja Migran dan Penyelesaian Konflik Myanmar

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Luar Negeri Bidang Diplomasi Kawasan, I Gede Ngurah Swajaya, mengatakan bahwa meski Filipina dipastikan menjadi ketua ASEAN pada 2026, keketuaan selanjutnya tetap akan ditentukan sesuai abjad.

Ngurah menegaskan, bahwa penetapan Filipina sebagai ketua ASEAN 2026 itu perlu segera diputuskan sehingga Manila dapat melakukan persiapan secara matang.

Adapun rencana perdamaian Konsensus Lima Poin, yang disepakati ASEAN pada April 2021, akan tetap menjadi acuan ASEAN untuk melakukan pendekatan dalam menyelesaikan konflik di Myanmar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: