Mengenal Sejarah, Tujuan dan Tokoh yang Gugur di Peristiwa G30S PKI

Mengenal Sejarah, Tujuan dan Tokoh yang Gugur di Peristiwa G30S PKI

Mengenal Sejarah, Tujuan dan Tokoh yang Gugur di Peristiwa G30S PKI-X/@putereaddd-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Bulan September ini terdapat salah satu peristiwa penting tentang penghianatan bangsa yang dikenal dengan nama Gerakan 30 September atau (G30S PKI).

G30S PKI adalah sebuah peristiwa bersejarah yang terjadi pada malam tanggal 30 September hingga awal 1 Oktober 1965 silam di Indonesia. 

BACA JUGA:Sejarah Trikora: Romantisme Soekarno dengan Uni Soviet hingga Kembalinya Papua ke Pelukan Ibu Pertiwi

Sedangkan PKI adalah merukanan singkatan dari Partai Komunis Indonesia yang dituduhkan sebagai biang dari peristiwa pembunuhan enam perwira tinggi militer Indonesia dan beberapa orang lainya dalam usaha percobaan kudeta.

Seperti dilansir dari laman fahum.umsu.ac.id, Peristiwa ini juga dikenal dengan sebutan Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh) dan Gestok (Gerakan Satu Oktober).

Sejarah G30S PKI

Peristiwa G30S PKI terjadi pada masa pemerintahan Presiden Sukarno yang menjalankan sistem “Demokrasi Terpimpin”. 

PKI, sebagai partai Stalinis terbesar di luar Tiongkok dan Uni Soviet, memiliki jumlah anggota yang sangat besar. 

BACA JUGA:150 Juta Tahun Sejarah Lautan Terungkap dari Setetes Air yang Terawetkan dalam Kristal Garam

Selain itu, PKI juga mengontrol gerakan serikat buruh dan gerakan petani di Indonesia. PKI memiliki lebih dari 20 juta anggota dan pendukung yang tersebar di seluruh daerah.

Pada bulan Juli 1959, parlemen dibubarkan dan Sukarno menetapkan konstitusi di bawah dekret presiden dengan dukungan penuh dari PKI. 

Sukarno juga memperkuat angkatan bersenjata dengan mengangkat para jenderal militer ke posisi yang penting. 

Saat itu PKI menyambut baik sistem “Demokrasi Terpimpin” dan percaya bahwa mereka memiliki mandat untuk berkonsepsi dalam aliansi Konsepsi Nasionalis, Agama, dan Komunis (NASAKOM).

Namun, kolaborasi antara kepemimpinan PKI dan kaum borjuis nasional dalam menekan gerakan independen kaum buruh dan petani tidak berhasil memecahkan masalah politik dan ekonomi yang mendesak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: g30s pki