Mengenal Sejarah, Tujuan dan Tokoh yang Gugur di Peristiwa G30S PKI

Mengenal Sejarah, Tujuan dan Tokoh yang Gugur di Peristiwa G30S PKI

Mengenal Sejarah, Tujuan dan Tokoh yang Gugur di Peristiwa G30S PKI-X/@putereaddd-

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Hari Bhayangkara 1 Juli, Diambil dari Istilah Kerajaan Majapahit dan Disahkan Presiden Soekarno

Masalah ekonomi seperti penurunan pendapatan ekspor, penurunan cadangan devisa, inflasi yang tinggi, dan korupsi birokrat dan militer menjadi semakin merajalela.

PKI juga menguasai banyak organisasi massa yang dibentuk oleh Sukarno untuk memperkuat dukungan bagi rezim Demokrasi Terpimpin. 

Dengan persetujuan Sukarno, PKI memulai kampanye untuk membentuk “Angkatan Kelima” yang terdiri dari pendukung bersenjata mereka. Namun, para petinggi militer menentang hal ini.

Dari tahun 1963, kepemimpinan PKI berusaha menghindari bentrokan antara aktivis massanya dengan polisi dan militer. 

Mereka berupaya menjaga “kepentingan bersama” antara polisi dan rakyat. Pemimpin PKI, D.N. Aidit, mengilhami slogan “Untuk Ketenteraman Umum Bantu Polisi”. 

BACA JUGA:Sejarah Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Momen Mengenang dan Menghargai Perjuangan Pendiri Bangsa

Pada bulan Agustus 1964, Aidit mengimbau semua anggota PKI untuk menjaga hubungan yang baik dengan angkatan bersenjata dan mengajak para pengarang dan seniman sayap kiri untuk membuat karya-karya yang mendukung “massa tentara”.

Di akhir tahun 1964 dan awal tahun 1965, terjadi gerakan petani yang merampas tanah dari para tuan tanah besar. 

Bentrokan besar terjadi antara petani dan polisi serta pemilik tanah. 

Untuk mencegah konfrontasi revolusioner semakin berkembang, PKI mengimbau pendukungnya untuk tidak menggunakan kekerasan terhadap pemilik tanah dan meningkatkan kerja sama dengan unsur-unsur lain, termasuk angkatan bersenjata.

Pada awal tahun 1965, para buruh mulai menyita perusahaan-perusahaan karet dan minyak milik Amerika Serikat. 

BACA JUGA:Punya Sejarah dan Kenangan Manis, Dubes Inggris Pilih Rayakan Ulang Tahun Raja Charles III di Kebun Raya Bogor

PKI menjawab dengan memasuki pemerintahan secara resmi. Pada saat yang sama, para jenderal militer juga menjadi anggota kabinet. 

Menteri-menteri PKI duduk di sebelah petinggi militer dalam kabinet Sukarno dan terus mendorong citra bahwa angkatan bersenjata adalah bagian dari revolusi demokratis rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: g30s pki