Bocoran LSM Asing Akan Intervensi Pemilu 2024, KPU Bawaslu Diminta Bertindak

Bocoran LSM Asing Akan Intervensi Pemilu 2024, KPU Bawaslu Diminta Bertindak

-Intan Afrida Rafni-

Bahkan yang dimajukan untuk melakukan color revolution ini adalah LSM-LSM AS. Misalnya, NED yang dibiayai Kongres AS dan didirikan pada 1983 oleh para pentolan eks CIA dan aparat Deplu AS. 

Salah satu inti dari NED adalah IRI, yang biasa bekerja dengan the National Democratic Institute (NDI), untuk operasi perubahan rezim di luar negeri.

Ada bocoran dokumen bahwa perwakilan IRI, the International Foundation for Electoral System (IFES) dan The Asia Foundation (TAF) bertemu dengan pejabat tinggi Kedutaan Besar AS di Jakarta, pada Juni 2022, mendiskusikan prospek hasil pemilu dan pilpres 2024.

BACA JUGA:Tegas! Rian Mahendra Buru Pelaku Perusak Atribut Agen PO MTI di Karawaci Tangerang: Kapan Lu Ketangkep, Gua Jadiin Lu...

BACA JUGA:Anak Gadis 13 Tahun di Tambora Dicabuli Berulang Kali Pria Tua Juru Parkir Liar, Ke Mana Orangtuanya?

Namun, laporan tersebut dibantahkan oleh Juru Bicara Kedutaan Besar AS di Jakarta, Michael Quinlan. Bahkan dia mengatakan bahwa laporan tersebut hoax atau tidak benar. 

Michael Quinlan pun mengkonfirmasi bahwa pihaknya tidak pernah ikut campur dalam urusan pemilihan umum 2024 di Indonesia.

Akan tetapi, bantahan Michael Quinlan mendapat perhatian khusus dari Satrio Arismunandar.

Dia mengatakan bahwa hal itu tersebut merupakan haknya untuk membantah terkait laporan tersebut. 

“Namun, bocoran dokumen yang saya peroleh memang mendukung laporan MintPress News, tentang adanya campur tangan AS lewat LSM-LSM seperti IRI sebagai proksi,” tuturnya.

LSM AS terindikasi mencoba untuk engkader para politisi yang berpotensial jadi elite politik di parpol, agar nantinya bersikap pro-kepentingan AS. 

BACA JUGA:Launching Kemudahan Pengurusan Perizinan Berusaha Kegiatan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) – FESTIVAL LIKE

BACA JUGA:Komnas HAM Sebut Masalah Rempang Tak Perlu Polisi Karena Bukan Kriminal, Kapolri: Kami Tambahkan 400 Personel

Oleh sebab itu, Satrio mengingatkan, partai politik peserta pemilu tidak boleh jadi boneka pihak asing.

Disisi lain, Wakil Ketua Umum Gerakan Bhinneka Nasaionalis (GBN) yang juga Dewan Pakar DPP PA GMNI, Bob Randilawe, mengatakan, setiap negara memiliki kepentingan atau national interest, apalagi Amerika Serikat sebagai negara adidaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: