10 Obat Herbal Penurun Gula Penderita Diabetes Secara Alami

10 Obat Herbal Penurun Gula Penderita Diabetes Secara Alami

Rosemary-Alodokter-

Sayur pare dapat Anda konsumsi dalam bentuk jus, olahan sayur, atau suplemen.

9. Fenugreek

Biji fenugreek kaya akan serat larut, yang membantu menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat. 

BACA JUGA:Ini Obat yang Bantu Sembuhkan Diare Pada Kucing, Bisa Dibeli di Apotik!

BACA JUGA:Daun Sirsak Bisa Dipakai untuk Pengobatan Apa? Ini 4 Khasiatnya

Oleh karena itu, benih ini diduga efektif dalam mengelola diabetes. 

Beberapa uji klinis menunjukkan bahwa biji fenugreek dapat memperbaiki gejala metabolik yang berhubungan dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 dengan menurunkan kadar gula darah. 

Dalam sebuah penelitian, para peneliti di India menemukan bahwa pasien diabetes tipe 2 yang menerima 10 gram biji fenugreek yang direndam dalam air panas setiap hari selama enam bulan mengalami penurunan kadar gula darah.

Serta tingkat HbA1c yang signifikan tingkat rata-rata gula darah selama enam bulan. dua hingga tiga bulan sebelumnya. 

Dalam studi lain, para peneliti menemukan bahwa individu dengan diabetes tipe 1 yang menerima 100 gram bubuk biji fenugreek yang dihilangkan lemaknya selama sepuluh hari mengalami penurunan kadar gula darah yang signifikan dan meningkatkan tes toleransi glukosa. 

BACA JUGA:GAS! Ini 9 Obat Herbal yang Ampuh untuk Kanker

BACA JUGA:7 Rekomendasi Obat Herbal Untuk Diabetes, Mudah Ditemui di Dapur Sendiri!

Kolesterol total, lipoprotein densitas rendah (LDL, kolesterol jahat obat), dan trigliserida juga berkurang secara signifikan. 

10. Gimnastik

Meskipun tindakan pastinya tidak diketahui dan beberapa mekanisme mungkin terlibat, gymnema mengandung zat yang menurunkan penyerapan gula dari usus. 

Gymnema meningkatkan jumlah insulin dalam tubuh dan pertumbuhan sel di pankreas, organ yang bertanggung jawab untuk produksi insulin. 

Insulin membantu mengontrol kadar gula darah dengan memberi sinyal ke hati, otot, dan sel lemak untuk mengambil gula dari darah. 

Dalam sebuah penelitian terhadap pasien diabetes tipe 1 yang mengonsumsi 400 mg ekstrak gymnema yang larut dalam air per hari, kebutuhan insulin menurun serta kadar gula darah puasa pasien serta kadar HbA1c juga berkurang. 

BACA JUGA:Daftar Obat Herbal Untuk Mengobati Sesak Napas Alami yang Ampuh

BACA JUGA:Apa Itu NPD ? Kenali Gejala dan Cara Mengobati Gangguan Kepribadian Narsistik

Ekstrak daun gymnema, khususnya peptida “Guarmin”, terbukti mengganggu kemampuan lidah untuk merasakan manis dan pahit.

Diperkirakan bahwa dengan menghambat sensasi rasa manis, orang yang mengonsumsinya akan membatasi asupan makanan manis, dan hal ini mungkin ikut bertanggung jawab atas penurunan efek gula darah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: