12 Polda Masuk Wilayah Sangat Rawan di Pemilu 2024, Mana Saja?

12 Polda Masuk Wilayah Sangat Rawan di Pemilu 2024, Mana Saja?

Kabag Anev Robinops Sops Polri, Kombes Muhammad Firman -Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kepolisian Negara Republik Indonesia bakal menggelar operasi Mantab Brata guna mengamankan Pemilu 2024.

Kabag Anev Robinops Sops Polri, Kombes Muhammad Firman mengatakan operasi tersebut digelar di 34 polda yang dibagi kepada prioritas 1 dan prioritas 2.

Ia mengatakan terdapat 12 Polda yang masuk klasifikasi sangat rawan dan menjadi prioritas pertama dalam pengamanan.

BACA JUGA:3.409 Personel Gabungan TNI-Polri Siap Amankan Gelaran MotoGP Mandalika 2023

"Ada 12 polda merupakan prioritas pertama," ujar Kabag Anev Robinops Sops Polri, Kombes Muhammad Firman dalam diskusi publik bertajuk Pilpres 2024: Memperkuat Pemilu Damai dan Demokrasi Menuju Indonesia Maju, di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Rabu, 11 Oktober 2023.

Adapun 12 Polda prioritas 1, yakni Polda Jatim, Aceh, Sultra, Maluku, Kalbar, Bali, Jateng, Polda Metro Jaya, Sumut, Sulut dan Papua.

Sementara untuk 22 wilayah Polda lainnya masuk dalam kategori rawan atau prioritas kedua.

BACA JUGA:Aa Gym Dukung Program Cooling System Polri Jelang Pemilu 2024

Firman menjelaskan, perbedaan tingkatan kerawanan itu pun membedakan cara penanganannya. Kendati demikian, ia tak menjelaskan indikator apa yang membuat suatu daerah bisa masuk klasifikasi sangat rawan.

"Misalnya untuk daerah sangat rawan itu ditempatkan dua personel untuk satu TPS, dibantu ada personel anggota linmasnya," terang Firman.

"Untuk daerah aman, bisa dua personel Polri untuk 8-16 TPS karena wilayah aman, itu semua kalkulasi berdasarkan indeks potensi kerawanannya," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: