Kemenkes : Mayoritas Pasien Cacar Monyet Laki-Laki Mengidap HIV dan Sifilis

Kemenkes : Mayoritas Pasien Cacar Monyet Laki-Laki Mengidap HIV dan Sifilis

Kemenkes melaporkan mayoritas pasien cacar monyet di Jakarta adalah laki-laki mengidap HIV dan Sifilis-Ilustrasi/freepik-

Kasus cacar monyet memang tengah mengalami kenaikan secara global. Menurut Maxi, Amerika Serikat menjadi negara yang paling banyak memiliki kasus cacar monyet saat ini.

Di Asia Tenggara, Thailand memiliki kasus terbanyak sejak April 2023. Menurut data South East Asia Region (SEARO), ada setidaknya 40 kasus cacar monyet di Thailand per 15 Oktober 2023.

"Kalau dilihat di dunia, estimasi konfirm 91 ribu, kematian 157 dan negara yang lapor 115 negara (1 Januari 2022 - 30 September 2023)."

"Paling banyak kalau di SEARO itu Thailand, kemudian Indonesia, keseluruhan di dunia di global terbanyak kasus di Amerika Serikat," ujar Maxi.

"Di SEARO tahun ini mulai April 2023 paling banyak Thailand. Memang monkeypox tahun lalu ditetapkan PHEIC (Public Health Emergency of International Concerntapi) sudah berakhir 11 Mei 2023."

"(Tapi) tahun ini di bulan Oktober kasus monkepox terulang lagi dan tahun ini banyak penularan terjadi 2023," jelas Maxi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: