11 Manfaat Merica Untuk Kesehatan Tubuh

11 Manfaat Merica Untuk Kesehatan Tubuh

11 Manfaat Merica Untuk Kesehatan Tubuh-Freepik.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Selain sebagai salah satu rempah andalan untuk menyedapkan makanan ternyata lada atau merica memiliki banyak untuk Kesehatan yang bisa mencegah beberapa macam penyakit. 

Manfaat merica ini didapatkan dari beberapa kandungan yang ada di dalamnya, terutama piperine yang bisa mencegah peradangan, bahkan membantu mengatasi kanker. 

BACA JUGA:Musim Hujan Tiba, Begini Cara Mencegah Tubuh Terkena Penyakit Demam

Selain itu, merica juga mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya.

Bukan itu saja, ternyata lada hitam dan lada putih sebenarnya berasal dari tanaman yang sama, sehingga keduanya pun sama-sama mengandung piperine yang dinilai berkhasiat.

Perbedaan lada hitam dan lada putih terletak pada pengolahannya. 

Lada hitam dibuat dengan memasak biji lada mentah yang sudah dikeringkan, sedangkan lada putih dibuat dengan memasak dan mengeringkan biji lada yang sudah matang di pohon.

BACA JUGA:Apa Itu Diet Mediterania? Ini Manfaat dan Cara Melakukannya

Manfaat lada atau merica untuk kesehatan

Selain piperine, baik lada hitam maupun lada putih juga mengandung berbagai mineral yang baik untuk tubuh seperti kalsium, zat besi, dan kalium. 

Tak ketinggalan, kandungan vitamin yang ada di dalam lada juga baik untuk kesehatan, seperti vitamin C pada lada putih dan vitamin A pada lada hitam.

Berikut manfaat lada atau merica untuk Kesehatan:

1. Melegakan pernapasan

Lada atau merica adalah dekongestan alami. Artinya, rempah ini bisa mengencerkan lendir penyebab hidung tersumbat sehingga lebih mudah dikeluarkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: