Telkom Bersama ITS Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro bagi Warga Kampung Tlocor Banyuwangi

Telkom Bersama ITS Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro bagi Warga Kampung Tlocor Banyuwangi

Telkom Bersama ITS Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro bagi Warga Kampung Tlocor Banyuwangi-dok Telkom-

Tidak hanya itu, pelatihan serta pendampingan kepada masyarakat penerima bantuan turut dilakukan dengan harapan program ini dapat berkelanjutan secara mandiri ke depannya.

BACA JUGA:Surati Jaksa Agung dan Jamwas, OC Kaligis Minta Kejagung Awasi Perkara Korupsi Anak Usaha Telkom

Setelah dulunya sumber listrik Kampung Tlocor hanya mengandalkan kincir air lokal berdaya 300 watt dan hanya dapat difungsikan sebagai sumber penerangan, kini warga Kampung Tlocor mampu menghasilkan total daya listrik 4,2 KW yang dapat dirasakan kebermanfaatannya oleh lebih dari 100 warga. 

Adapun rata- rata daya listrik yang dihasilkan sebesar 450 watt mampu dimanfaatkan oleh 20 rumah serta 2 fasilitas umum seperti sekolah dan musala.

Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) ini sekaligus sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Poin ke-7 yaitu pengadaan energi bersih dan terjangkau. 

BACA JUGA:Komitmen Kurangi Kesenjangan Digital, Telkomsat Targetkan Layani 1.000 Lokasi di Indonesia Timur

Program ini juga mendukung potensi wisata Kampung Tlocor serta mendukung peningkatan kapabilitas masyarakat menuju tercapainya desa mandiri di tahun 2025.

Masyarakat Kampung Tlocor turut menyambut baik dan mengapresiasi upaya Telkom dalam mendukung tersedianya energi bersih dan terjangkau bagi seluruh masyarakat melalui aktivitas pengembangan PLTMH. 

Warga merasa sangat terbantu dengan adanya PLTMH sebagai bantuan sumber daya listrik dan untuk pengelolaan selanjutnya, PLTMH Tlocor akan dikelola oleh warga Tlocor dengan struktur organisasi yang telah terbentuk.

BACA JUGA:Laporan Keuangan Kuartal III 2023, Transformasi Telkom Bukukan Pendapatan Rp 111.2 Triliun dan Pertumbuhan Laba Bersih Hingga 17.6 Persen YoY

“Sebagai perusahaan digital telco sekaligus BUMN yang selalu berupaya memberikan terbaik bagi masyarakat, Telkom berkomitmen untuk senantiasa mendukung terciptanya inovasi berkelanjutan dalam mendukung setiap aktivitas serta meningkatkan taraf hidup dan daya saing masyarakat Indonesia,” tutup Hery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: