Hakim Suhartoyo Sumpah Jabatan Jadi Ketua MK Periode 2023-2028

Hakim Suhartoyo Sumpah Jabatan Jadi Ketua MK Periode 2023-2028

Ketua MK Suhartoyo saat bacakan sumpah jabatan di Gedung MK, Jakarta Pusat-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Hakim Konstitusi, Suhartoyo resmi dilantik menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Periode 2023-2028, Senin, 13 November 2023.

Pelantikan yang dilaksanakan di Gedung MK, Jalan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat itu disaksikan langsung oleh Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK). 

Pada pelantikan tersebut, Hakim Konstitusi Suhartoyo membacakan sumpahnya yang tertulis dalam Surat Keputusan ketua Mahkamah Konstitusi Nomor 17 Tahun 2023.

BACA JUGA:Terpilih sebagai Ketua MK, Berikut Profil Suhartoyo

BACA JUGA:KPK Pastikan Firli Bahuri Penuhi Panggilan Dewas Besok, Ini Bocoran Pemeriksaannya

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua Mahkamah Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Suhartoyo.

Adapun Surat Putusan tersebut ditandatangani langsung oleh Hakim Konstitusi sekaligus Wakil Ketua MK, Saldi Isra

Sebelumnya, Hakim Konstitusi Suhartoyo telah terpilih sebagai MK yang baru, mengganti Hakim Konstitusi Anwar Usman yang dipecat dari posisi Ketua MK. 

Hakim Konstitusi Suhartoyo sendiri terpilih berdasarkan hasil Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) yang dilakukan sejak Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) resmi melepas jabatan Anwar Usman karena terbukti melakukan pelanggaran kode etik berat pada Selasa, 7 November 2023 lalu. 

BACA JUGA:Ganjar Mengaku Gelisah Soal Pelanggaran Etik Hakim MK: Demokrasi dan Keadilan Mau Dihancurkan

BACA JUGA:Firli Bahuri Kembali Diperiksa Dugaan Pemerasan Selasa Pekan Ini

Lebih lanjut, dengan adanya formasi Ketua MK yang baru ini, Saldi Isra memohon doa restu agar MK kedepannya bisa lebih baik lagi dan dapat memperbaiki marwah MK. 

"Mohon doa restu kita bersama agar Mahkamah Konstitusi bisa menapak secara pasti mulai dari hari ini untuk memperbaiki diri dan mendapatkan dukungan publik dalam menghadapi situasi ke depan terutama sengketa pemilu yang sebentar lagi akan menghampiri kita semua," imbuhnya. 

Sebelumnya, Saldi Isra menceritakan proses terpilihnya Suhartoyo menjadi Ketua MK yang baru, menggantikan Anwar Usman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: