Kemenag Cetak Mushaf Al-Qur'an Bahasa Isyarat Bagi Disabilitas Pertama di Dunia

Kemenag Cetak Mushaf Al-Qur'an Bahasa Isyarat Bagi Disabilitas Pertama di Dunia

Yaqut Cholil Qoumas : Kementerian agama telah menyelesaikan penyusunan mushaf Al-Qur'an bahasa Isyarat 30 juz-yaqut.cholil.qoumas_/Instagram-

JAKARTA, DISWAY.ID-  Kementerian agama telah menyelesaikan penyusunan mushaf Al-Qur'an bahasa Isyarat 30 juz, pertama di Indonesia bahkan dunia.

Penyusunan mushaf Al Quran bahasa Isyarat 30 juz ditujukan untuk masyarakat disabilitas disebut akan segera dicetak.

“ Penyusunan mushaf Al-Qur'an bahasa Isyarat sudah selesai dan akan segera kita cetak, kata Menag Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Senin 13 November 2023.

Ini akan menjadi mushaf Al-Qur'an Bahasa Isyarat pertama di Indonesia, bahkan dunia.

Menag Yaqut Cholil Qoumas menambahkan, dengan penyusunan mushaf Al-Qur'an bahasa ini Isyarat ini, kementerian agama selalu berupaya memperkuat layanan publik yang ramah bagi disabilitas.

Dengan kehadiran mushaf Al-Qur'an bahasa Isyarat, kata Yaqut Cholil Qoumas dapat mempermudah akses masyarakat penyandang  disabilitas terhadap Al-Quran.

Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, selama ini juga menjadi arahan dari Presiden Joko Widodo agar layanan pemerintahan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, salah satunya dapat diakses bagi penyandang disabilitas.

Selain mushaf Al-Qur’an Bahasa Isyarat, Kementerian Agama juga memiliki mushaf Al-Qur’an 30 juz standar Braille. 

Saat ini, telah dilakukan proes penyempurnaan cetakan mushaf Al-Qur’an yang diperuntukkan khususnya bagi masyarakat disabilitas netra.

“ Kita juga sedang menyempurnakan mushaf Al-Qur’an 30 juz standar Braille bagi penyandang disabilitas netra,” kata Yaqut Cholil Qoumas.

Sementara itu Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) H Abdul Aziz Sidqi mengatakan, Penyusunan mushaf Al-Qur'an bahasa Isyarat hadir dengan format digital.

Selain itu, mushaf Al-Qur'an bahasa Isyarat dapat diakses melalui aplikasi Pusaka Superapps Kementerian Agama.

Penerbitan mushaf Al-Qur'an bahasa Isyarat  direncanakan akan diterbitkan pada akhir 2023.

“ Insya Allah kita siapkan versi cetaknya yang akan selesai akhir 2023,” tambah  kata Aziz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: