Seksi 3B Krukut-Limo Selesai Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Cinere-Jagorawi Segera Operasi Penuh

Seksi 3B Krukut-Limo Selesai Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Cinere-Jagorawi Segera Operasi Penuh

Tol Cinere-Jagorawi-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID-- Seksi 3B Krukut-Limo pada Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) telah dinyatakan selesai melakukan proses uji laik fungsi.

Dengan selesainya uji laik fungsi ruas jalan sepanjang 2,19 km itu, maka Tol Cijago dalam waktu dekat ini segera beroperasi penuh.

Sedianya, Seksi 3B di kawasan Limo, Kota Depok tersebut ditarget selesai pengerjaannya pada September 2023 lalu. Namun tak kunjung beroperasi dan rupanya proses uji laik fungsi baru saja selesai.

BACA JUGA:Jokowi Ungkap Jalan Tol Terbangun Baru 2.800 Km: RRT Sudah Memiliki 280 Ribu Kilometer

BACA JUGA:Perbaikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Lalu Lintas Bakal Macet Sepekan

Diketahui dari laman Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Tol Cijago memiliki total panjang 14,64 km yang terbagi menjadi tiga seksi.

Ketiganya, Seksi 1 (Jagorawi–Raya Bogor) sepanjang 3,70 km (termasuk Junction Cimanggis), telah beroperasi sejak 2012.

Selanjutnya, Seksi 2 (Raya Bogor-Kukusan) sepanjang 5,50 km telah beroperasi sejak November 2019.

Kemudian, Seksi 3A (Kukusan–Krukut) sepanjang 3,25 km telah beroperasi tahun 2022 dan Seksi 3B (Krukut-Limo) sepanjang 2,19 km yang baru saja selesai uji laik fungsi.

Seksi 3B Krukut-Limo ini merupakan ruas jalan pamungkas yang menghubungkan wilayah barat dan timur dari tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

“Untuk jaringan jalan tol, Cijago menghubungkan beberapa jalan tol. Di timur menghubungkan Tol Jagorawi dan tol Cimanggis-Cibitung, di barat tol Cinere-Jagorawi menuju ke Blok M ataupun Sawangan arah Bogor dan menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Tol Cinere-Serpong, Serpong-Kunciran, Kunciran-Bandara Soekarno Hatta. Apabila seksi 3B sudah beroperasi, maka semua bisa terkoneksi,” ungkap Direktur Operasi PT Translingkar Kita Jaya, Alfiadra dikutip Rabu 15 November 2023.

BACA JUGA:Ini Dia 10 Orang Terkaya di Indonesia per November 2023, Taipan Prajogo Pangestu Langkahi Low Tuck Kwong dan Bos Djarum

BACA JUGA:Senada Israel, Amerika Tuduh Hamas Buat Pusat Komando di RS Al Shifa Gaza

Deputi Pimpinan Proyek PT Translingkar Kita Jaya, Dekstia, menjelaskan, Tol Cijago akan memudahkan akses warga Depok yang akan menuju Bandara Soekarno-Hatta maupun sebaliknya, karena terhubung dengan Tol Cinere-Serpong dan Serpong-Kunciran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: