Cek Produk Pro Israel Sebelum Beli di Website Ini

Cek Produk Pro Israel Sebelum Beli di Website Ini

Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara tegas mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 yang mengharamkan produk-produk terafiliasi dengan zionis Israel-dok MUI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Belakangan viral di sejumlah platform sosial media seperti TikTok dan X bahwa beberapa produk minuman juga pro terhadap Israel seperti Aqua, VIT, Coca Cola, Pepsi, Fanta, Sprite, Nestle, Nescafe, Starbucks, 2 Tang. 

Bahkan Tagar #TolakDanoneAqua bahkan sempat menjadi trending topik di sosial media X alias Twitter pada Sabtu malam, 11 November 2023. 

BACA JUGA:MUI Klarifikasi Soal Fatwa Haram dan Boikot Produk Israel

Banyak pengguna X memposting sejumlah pernyataan bahwa Danone Aqua merupakan salah satu penyumbang dana untuk zionis Israel yang melakukan genosida terhadap Palestina. 

Kemudian, pengguna X menyerukan pemboikotan terhadap produk Aqua yang merupakan bagian dari perusahaan Danone. Lantas, benarkah kabar tersebut?

Hingga saat ini, media sosial diramaikan dengan pembahasan tentang boikot. Meski demikian, tak banyak masyarakat yang mengetahui dengan jelas produk-produk mana saja yang berasal dari brand pro Israel

BACA JUGA:Daftar 121 Produk Pro Israel, Air Minum Kemasan Aqua dari Danone Masuk List Boikot

Untuk memastikan produk tersebut terafiliasi dengan Israel atau tidak kamu bisa mengeceknya melalui situs  bdnaash.com, situs ini punya data perusahaan yang terafiliasi dengan Israel dan pro Israel.

Ketika dicek beberapa merek yang beredar di Indonesia dan dituding Pro Israel melalui pesan siaran seperti Danone, Nestle, dan Coca-Cola hasilnya menyatakan merek-merek tersebut mendukung pendudukan Israel atas Palestina.

Selain menggunakan situs bdnaash, cara lain untuk mengecek produk pro Israel yaitu BDS Movement, sebuah platform yang tersambung dengan warganet seluruh dunia. 

BACA JUGA:Daftar Produk Pro Israel di Indonesia Terkait Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Platform ini didukung oleh serikat pekerja, gereja, LSM, dan gerakan yang mewakili jutaan orang di setiap benua dan terdapat kampanye BDS yang dinamis di komunitas-komunitas di seluruh dunia.

Laman BDS mencantumkan berbagai organisasi dan perusahaan yang beroperasi baik dengan Israel maupun di atas tanah Palestina. Bdsmovement.net adalah situs web resmi gerakan.

Untuk mengecek apakah suatu perusahaan atau produk terafiliasi dengan Israel, kamu bisa mengunjungi website bdsmovement.net/get-involved/what-to-boycott . 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: