Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Resmi Sidang Umum UNESCO

Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Resmi Sidang Umum UNESCO

Duta Besar Tepat RI untuk UNESCO Mohamad Oemar di Pleno Konferensi Umum Ke-42 Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO), Markas Besar UNESCO, Paris, Prancis, Senin 20 November 2023.-Delegasi RI untuk UNESCO-

BACA JUGA:Briptu Renita Jadi Polwan Terbaik PBB 2023, Ini Misinya di Luar Negeri

Dengan perannya sebagai penghubung antar etnis yang beragam di Indonesia, Bahasa Indonesia, dengan lebih dari 275 juta penutur, juga telah melanglang dunia, dengan masuknya kurikulum Bahasa Indonesia di 52 negara di dunia dengan setidaknya 150.000 penutur asing saat ini," ujar Dubes Oemar, dalam keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI, Selasa, 21 November 2023.

Saat ini Bahasa Indonesia telah masuk pada kurikulum di 52 negara. "Dengan setidaknya 150 ribu penutur asing saat ini," ujar dia.

Dubes Oemar menekankan bahwa meningkatkan kesadaran terhadap Bahasa Indonesia merupakan bagian dari upaya global Indonesia untuk mengembangkan konektivitas antar bangsa, memperkuat kerja sama dengan UNESCO, dan bagian dari komitmen Indonesia terhadap pengembangan budaya di tingkat internasional.  

Indonesia telah aktif pada kepemimpinan global sejak dimulainya Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, Jawa Barat, Indonesia, pada tahun 1955 silam. Menurut dia, KAA telah menjadi bibit terbentuknya "Kelompok Negara Non-Blok."

"Indonesia memiliki komitmen kuat untuk melanjutkan kepemimpinan dan kontribusi positif untuk dunia internasional, termasuk berkolaborasi dengan berbagai negara dalam mengatasi tantangan global," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: