Sayangkan Bentrokan Kelompok Masyarakat di Bitung, PP Muhammadiyah: Konflik Israel-Palestina Tak Seharusnya Timbulkan Gesekan di Dalam Negeri

Sayangkan Bentrokan Kelompok Masyarakat di Bitung, PP Muhammadiyah: Konflik Israel-Palestina Tak Seharusnya Timbulkan Gesekan di Dalam Negeri

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu'ti.--

JAKARTA, DISWAY.ID - Bentrok dua kubu di Kota Bitung, Sulawesi Utara pada 25 November 2023 sangat disayangkan oleh para tokoh masyarakat, agama dan organisasi kemasyarakatan. 

Bentrokan itu sangat disayangkan Pengurus Pusat Muhammadiyah karena peristiwa itu menimbulkan korban jiwa. 

BACA JUGA:Inilah Tokoh Pahlawan dari Muhammadiyah, Ada Soekarno, Jenderal Soedirman hingga Ayah dari Capres Anies Baswedan

BACA JUGA:Ustaz Felix Siauw: Anarkisme dan Kebencian di Bitung Senyata-nyatanya Terorisme

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti menyayangkan peristiwa yang melibatkan dua kelompok masyarakat itu harus terjadi. Abdul menyayangkan konflik Israel-Palestina disikapi dengan hal yang mengarah kekerasan antar anak negeri. 

"Muhammadiyah menyayangkan terjadinya kekerasan di Bitung. Semua pihak hendaknya dapat menahan diri," kata Abdul Mu'ti kepada Disway.id, Senin 27 November 2023. 

Menurut cendekiawan muslim ini, bentrokan dua kubu masyarakat di Bitung tak semestinya terjadi. Sebab, konflik luar negeri harusnya tidak disikapi berlebihan apalagi harus menimbulkan gesekan sesama warga negara.

"Perang Israel-Palestina merupakan masalah kedua negara yang seharusnya tidak menimbulkan ekses di dalam negeri, apalagi sampai menimbulkan perpecahan bangsa," ungkapnya.

BACA JUGA:Tahan 7 Tersangka Bentrok di Bitung, Polda Sulut Lakukan Pengembangan

BACA JUGA:Satu Korban Jiwa, 5 Tersangka Ditetapkan Pasal Pembunuhan di Kasus Bentrokan Massa Kota Bitung

Untuk itu, Abdul mendorong aparat berwenang mengusut tuntas kasus bentrokan di Bitung. Ia meminta agar aparat kepolisian tak segan menangkap dan memproses hukum siapapun yang menjadi pemicu atau provokator bentrokan itu. 

"Pemerintah dan aparatur keamanan, khususnya kepolisian, hendaknya bertindak cepat dengan menginvestigasi dan menindak tegas siapa saja yang menjadi dalang terjadinya kekerasan," pungkasnya. 


Polda Sulawesi Utara (Sulut) menetapkan tujuh orang sebagai tersangka dalam kasus bentrok di Bitung, Sabtu, 25 November 2023-Dok. Humas Polri-

Sebelumnya, Polda Sulawesi Utara (Sulut) mengatakan kemungkinan akan ada tersangka baru di kasus bentrokan massa pro Israel dan Palestina di Kota Bitung lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: