Simak Tanda-tanda Seseorang Terkena Penyakit Diabetes, Jangan Diabaikan!

Simak Tanda-tanda Seseorang Terkena Penyakit Diabetes, Jangan Diabaikan!

Simak Tanda-tanda Seseorang Terkena Penyakit Diabetes, Jangan Diabaikan!-rawpixel.com-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Diabetes melitus adalah salah satu penyakit kronis yang sangat umum terjadi tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.

Penyakit ini ditandai oleh peningkatan kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh manusia.

Tanda-tanda diabetes menyerang manusia menjadi hal yang penting untuk dipahami guna mencegah dan mengelola kondisi ini dengan baik.

BACA JUGA:70 Persen Anak Indonesia Alami Diabetes Tipe 1 dengan Kondisi Berat, Dokter Spesialis UI: Waspada Mom!

Tanda-tanda Diabetes

Berikut ini 8 tanda atau ciri seseorang terkena serangan penyakit diabetes, simak:

1. Poliuria

Salah satu tanda pertama diabetes adalah poliuria, yaitu peningkatan frekuensi buang air kecil dalam jumlah yang tidak biasa. Penderita sering merasakan desakan untuk buang air kecil meskipun mereka hanya baru saja pergi ke kamar mandi. Hal ini terjadi karena tingginya kadar glukosa dalam darah menyebabkan ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan mengeluarkan kelebihan gula melalui urine.

2. Polidipsia

Polidipsia merupakan kondisi yang ditandai oleh rasa haus yang berlebihan dan kelaparan yang tak kunjung padam. Individu dengan diabetes seringkali mengalami dahaga yang berlebihan dan merasa tidak pernah cukup minum. Kondisi ini terjadi karena poliuria yang mengakibatkan hilangnya banyak air tubuh, sehingga memicu rasa haus yang kuat.

BACA JUGA:Ibu Menkes Budi Gunadi Sadikin Terkena Diabetes, Kasus Penyakit Mematikan Ketiga di Indonesia Ini Naik 13%

3. Penurunan Berat Badan yang Drastis

Dalam beberapa kasus, penderita diabetes melitus mengalami penurunan berat badan yang drastis meskipun mereka tidak berusaha menurunkan berat badan. Kondisi ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memetabolisme glukosa dengan baik, sehingga tubuh menggunakan lemak dan otot sebagai sumber energi.

4. Rasa Lelah yang Berlebihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: