Hadiri Acara di Malaysia, Wapres Ma`ruf Amin Ingatkan Bisnis Halal Mampu Persatukan Negara-Negara Muslim

Hadiri Acara di Malaysia, Wapres Ma`ruf Amin Ingatkan Bisnis Halal Mampu Persatukan Negara-Negara Muslim

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menghadiri acara Global Muslim Business Forum 2023 di Borneo Convention Centre, Kuching, Malaysia.-setwapres-

KUCHING, DISWAY.ID-- Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menghadiri acara Global Muslim Business Forum 2023 di Borneo Convention Centre, Kuching, Malaysia, Selasa 28 November 2023.

Dalam kesempatan itu, Wapres menyampaikan pidato pada forum bertajuk “Innovation and Transformation in Islamic Economy” ini.

Ia mengajak seluruh pemimpin yang hadir pada forum tersebut untuk memperluas dan memperkuat kerja sama dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

BACA JUGA:Wapres Imbau Umat Muslim Hati-Hati Sikapi Fatwa MUI Soal Boikot Produk Israel

Kerja sama dan kolaborasi ini, sambung Wapres, harus merangkul lebih banyak negara, serta mengedepankan prinsip kemitraan yang setara, inklusif, dan saling menguntungkan, dengan perencanaan dan implementasi yang efektif dan efisien.

KH Ma`ruf Amin menekankan, di tengah semakin terpolarisasinya dunia, bisnis halal harus mampu mempersatukan negara-negara muslim dalam aktivitas ekonomi dan perdagangan yang mampu menjawab beragam tantangan global dan meningkatkan kemakmuran umat Islam di berbagai penjuru dunia.

“Saya mengajak negara-negara muslim untuk menyatukan visi dan misi terkait arah pengembangan industri halal global ke depan. Fokus diperlukan pada peningkatan investasi bersama, dan pembangunan ekosistem halal hub terintegrasi di berbagai kawasan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan,” ungkapnya.

Terkait upaya tersebut, Wapres berharap kawasan ASEAN dapat menjadi pelopornya.

BACA JUGA:Ramai Ajakan Boikot Produk Israel, Jusuf Kalla Minta Masyarakat Nikmati yang Telah Diberi Label Halal

Selain itu, menurutnya, harmonisasi standardisasi halal bertaraf internasional yang mampu menghilangkan hambatan perdagangan dan meningkatkan perdagangan produk halal antarnegara penting dilakukan.

“Saya menyambut baik dengan telah ditandatanganinya kerja sama saling pengakuan atas sertifikasi halal untuk produk domestik antara Indonesia dengan Malaysia pada bulan Juni lalu,” tutur Wapres.

“Saatnya kita memaksimalkan peran OKI, IDB dan berbagai lembaga internasional Islam lain agar selaras dengan organisasi internasional atau forum internasional lainnya untuk memperkuat kerja sama guna kepentingan ekonomi syariah di masa depan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, poin kedua yang ditekankan Wapres pada kesempatan ini adalah perluasan pemanfaatan teknologi digital dan inovasi digital dalam pengembangan ekonomi syariah.

“Pengembangan teknologi dan inovasi digital terbaru dan modern mampu mentransformasi aktivitas ekonomi syariah sehingga lebih efektif, efisien, resilien dan produktif. Pemanfaatan teknologi juga akan memperluas jangkauan produk dan jasa halal,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: