Gempa Bumi di Filipina Terasa Sampai Jepang, Sebabkan Tsunami Kecil di Pulau Hachijojima

Gempa Bumi di Filipina Terasa Sampai Jepang, Sebabkan Tsunami Kecil di Pulau Hachijojima

Pusat Gempa Filipina di Kepulauan Mindanao, tepatnya di Kota Davao, Sabtu 2 Desember 2023-Google-

DAVAO, DISWAY.ID - Gempa bumi dengan manfnitudo 7,5 Skala Richter mengguncang Pulau Mindanao, tepatnya di Kota Davao Filipina, Sabtu 2 Desember 2023 malam. 

Akibat gempa besar itu, pemerintah Filipina sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami

BACA JUGA:Peringatan Dini Tsunami Sempat Diumumkan Saat Gempa Bumi di Mindanao Filipina, Terasa Sampai Sulawesi Utara

BACA JUGA:Kabupaten Bandung Barat Diguncang Gempa Bumi M 2,7

Bahkan, peringatan serupa juga dikeluarkan Pemerintah Jepang karena gempa bumi itu terasa hingga ke negeri matahari terbit.  

Badan Meteorologi Jepang menyatakan, gempa di Mindanao menyebabkan terjadinya tsunami kecil yakni setinggi 40 cm. Tsunami itu terpantau di Pulau Hachijojima, berjarak sekitar 290 km dari Tokyo.  

Hal serupa juga tercatat oleh Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di Amerika Serikat (AS) yang menyatakan, peringatan sempat dikeluarkan saat gempa Filipina terjadi. Dalam catatannya, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan potensi ketinggian gelombang 3 meter di atas permukaan laut di daerah-daerah terdekat dengan titik pusat gempa. Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) meminta warga di pesisir pantai untuk mengevakuasi diri ke tempat lebih tinggi. 

Hingga kini, gempa di Mindanao menimbulkan kerusakan di sejumlah kawasan terutama di Kota Davao, Filipina. Untuk mencegah timbulnya korban jiwa, Phivolcs mendesak warga yang tinggal di dekat pantai Provinsi Surigao Del Sur dan Davao Oriental untuk sementara menjauhi pantai. 

BACA JUGA:Gempa Bumi Berkekuatan M 4,6 Guncang Maluku Tengah

BACA JUGA:Gempa Bumi Guncang Kabupaten Naganraya, Aceh Berkekuatan M 3,7

Kedua provinsi tersebut merupakan wilayah perdesaan dan tidak padat penduduk. Imbauan itu dikeluarkan karena kedua wilayah tersebut juga dilanda belasan gempa susulan, yang terbesar bermagnitudo 6,5. 

Kepala Kepolisian Hinatuan Raymark Gentallan mengatakan, pihaknya telah mengevakuasi warga karena berada pada 30 km dari pusat gempa. Ia mengatakan listrik padam sejak gempa utama mengguncang dan sejumlah infrastruktur rusak. 

“Kami mengevakuasi warga dari wilayah pesisir,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Minggu 3 Desember 2023. 

BACA JUGA:Info Gempa Bumi Guncang Sarmi Papua, Berkekuatan M 4,3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: