Kanapi Subur Dwiyanto Beberkan Rahasia Melonjaknya Pendapatan PLN Batubara Niaga Tembus Rp 6.3 Triliun

Kanapi Subur Dwiyanto Beberkan Rahasia Melonjaknya Pendapatan PLN Batubara Niaga Tembus Rp 6.3 Triliun

PLN Batubara Niaga terus mengembangkan pasarnya dan memasuki 2022 mulai menambahkan pelanggan, di antaranya PLTU Meulaboh 34, PLTU IPP Bengkulu, Kalbar 1, hingga Jeneponto Sulawesi Selatan.-PLN Batubara Niaga -

“Jadi, kami bisa punya banyak source untuk kirim ke PLTU. Ini tidak mudah karena butuh bangun chemistry untuk saling percaya dan berkomitmen,” ujar pria kelahiran Surabaya itu.

PLN Batubara Niaga punya database sumber tambang di seluruh Indonesia yang kemudian diidentifikasi, sehingga mengetahui tambang mana saja yang bisa memenuhi kebutuhan Batubara sesuai spesifikasi masing-masing PLTU.

Perencanaannya cukup rumit kerana harus melihat detail kebutuhan volume batubara tiap PLTU dan menyesuaikan dengan sumber tambang mana yang mampu memenuhinya. 

“Selain itu juga harus mengerti kapan waktu delivery mengikuti rencana operasi PLTU,” katanya. 

BACA JUGA:Firli Bahuri Kaget dengan Putusan Praperadilan: Bukan Ditolak Tapi Tidak Diterima

BACA JUGA:Utang Emas

Strategi kedua, dengan dukungan kuat dari mitra transportasi dalam menjamin pengiriman bisa tepat waktu. 

Untungnya, PLN Batubara Niaga juga punya banyak relasi dengan perusahaan jasa tongkang maupun vessel.

Kanapi menegaskan bahwa komitmen dengan mitra pemasok dan transportasi itu terjalin erat, bahkan tidak hanya sekadar hubungan bisnis. 

“Kami sudah seperti satu keluarga. Satu kesatuan. Saling memahami need masing-masing,” jelasnya.

Tahun depan akan disongsong lebih baik lagi, di mana Kanapi menargetkan total pengiriman hingga 12 juta metric ton batubara dan penambahan pelanggannya.

“Kami juga sudah teken kontrak dengan Krakatau Bandar Samudera, untuk pengiriman 1.5 juta metric ton batubara. Coal blending ini jadi unggulan dan komitmen dengan mitra inilah yang jadi pengembangan bisnis kami,” ungkap Kanapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: