Letakkan Batu Pertama Pembangunan RSUP IKN, Jokowi: 'Jangan Ada Lagi Warga Indonesia Berobat Ke Luar Negeri'

Letakkan Batu Pertama Pembangunan RSUP IKN, Jokowi: 'Jangan Ada Lagi Warga Indonesia Berobat Ke Luar Negeri'

Letakkan Batu Pertama Pembangunan RSUP IKN, Jokowi: 'Jangan Ada Lagi Warga Indonesia Berobat Ke Luar Negeri'-Setpres-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk memulai pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di kawasan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu 20 Desember 2023.

Rumah sakit tersebut nantinya akan menjadi rumah sakit keempat yang pembangunannya resmi dimulai, di Ibu Kota Nusantara (IKN).

BACA JUGA:Tak Setuju Ibu Kota Pindah ke IKN, Anies Baswedan: Kalau Ada Masalah Diselesaikan, Bukan Ditinggalkan!

"Sudah mulai dibangun tiga rumah sakit swasta, yang kami groundbreaking bulan yang lalu, dua bulan yang lalu, dan tiga bulan yang lalu, ada tiga," kata Jokowi dalam acara peletakan batu pertama RSUP di IKN, Kalimantan Timur, Rabu 20 Desember 2023.

Jokowi juga menyampaikan bahwa setelah pembangunan RSUP, ada tiga rumah sakit swasta lainnya yang sudah menunggu giliran untuk dimulai pembangunannya.

"Dan hari ini, kami groundbreaking lagi untuk Rumah Sakit Umum Pusat yang akan dibangun oleh Pemerintah," jelasnya.

BACA JUGA:Setelah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto Bakal Kunjungi IKN

Setelah RSUP tersebut, Jokowi menyampaikan bahwa tiga rumah sakit swasta lainnya tengah menunggu giliran untuk dimulai pembangunannya.

"Saya nggak tahu di Ibu Kota Nusantara ini kok berbondong-bondong orang mendirikan rumah sakit," ungkap Jokowi.

Namun demikian, dengan banyaknya rumah sakit di IKN, Jokowi berharap tidak ada lagi masyarakat Indonesia yang pergi ke luar negeri untuk berobat karena bisa dilakukan di dalam negeri, termasuk di IKN.

"Ini nanti mestinya, kalau sudah jadi semuanya, tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, Singapura, Jepang, ke Amerika untuk kesehatannya. Kami harapkan semuanya nanti bisa dilakukan di Indonesia, di Ibu Kota Nusantara khususnya," harapnya.

BACA JUGA:Heru Budi Bakal Mutasi ASN Malas ke IKN, Kepala OIKN: Beliau Bercanda Kali

Jokowi mengungkapkan, nantinya RSUP di IKN juga akan berkonsentrasi untuk penyakit jantung dan stroke.

"Dan dengan mengucap bismillahirohmanirahim, pada siang hari ini, peletakan batu pertama, groundbreaking, Rumah Sakit Umum Pusat di Ibu Kota Nusantara, secara resmi saya nyatakan dimulai," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: