Heboh Candaannya Soal Shalat Dikaitkan Pilpres Sama Dengan UAS dan UAH, Zulhas yang Kena Cemoohan Hingga Dilaporkan

Heboh Candaannya Soal Shalat Dikaitkan Pilpres Sama Dengan UAS dan UAH, Zulhas yang Kena Cemoohan Hingga Dilaporkan

Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas).-Andrew Tito-

"Sehubungan dengan viralnya video pidato Zulkifli Hasan yang dinilai sangat melukai umat Islam, dimana Zulkifli Hasan menjadikan shalat sebagai bahan candaan dan guyonan," kata Rahmat Himran melalui keterangan resminya, Rabu 20 Desember 2023.

"Dalam pidato tersebut sangat jelas Zulkifli Hasan menyatakan bahwa saat ini banyak jamaah yang shalat tidak menyebutkan Amin di akhir bacaan surat Al-Fatihah. Ini merupakan penistaan agama yang sangat keji," ujarnya.

BACA JUGA:Penyidik Ditkrimsus PMJ Disarankan Cari dan Tangkap FB, Khawatir Melarikan Diri

Materi candaan Zulhas terkait frasa Amin usai Al Fatihah dan tunjuk jari saat takhiyatul akhir dalam sholat yang diasosiasikan dengan pasangan capres-cawapres tertentu, diungkapkan Sekjend DPP PAN Eddy Soeparno juga disampaikan pihak lain.

Bukan hanya oleh Zulhas, materi yang juga pernah disampaikan ulama kondang seperti Ustaz Adi Hidayat dan Ustadz Abdul Somad.

"Misalnya ketika ada yang melafadzkan Amiin nanti justru dirujuk atau diasosiasikan dengan salah satu capres. Karena itu akhirnya memilih untuk melafadzkan Amiin dalam hati. Rupanya gejala unik ini juga disampaikan oleh dua ulama kondang seperti Ustadz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad (UAS) sebelumnya," jelas Eddy di Cianjur Selatan, Rabu 20 Desember 2023. 

UAS dalam sebuah video yang beredar, juga membahas fenoma masyarakat yang enggan bahkan takut untuk mengucapkan 'Amin' kendati saat beribadah.

Fenomena tersebut, UAS menyebut telah diamatinya di berbagai perkantoran belakangan ini.

“Sekarang di beberapa kantor, itu sudah takut bilang amin,” kata UAS saat berbincang dengan Capres Anies Baswedan melalui videonya.

BACA JUGA:Ikhwal Bos PO Bus MTI Rian Mahendra Dilaporkan Dirut Sembodo Terungkap, Ternyata Haji Haryanto Dibawa-Bawa

UAS dan Anies sampai menyinggung adanya fenomena mengheningkan cipta dan doa bersama di acara-acara besar, yang tidak lagi mengemukakan kata 'Amin' sesuai doa.

Selain itu, UAS juga melontarkan candaan nantinya akan ada yang menghindari menggerakkan jari saat tahiyat akhir lantaran itu merupakan gestur nomor urut pasangan calon tertentu di Pilpres.

“Jangan-jangan tasyahud sekarang begini aja (sambil menunjukkan gestur mengepalkan tangan) semua,” ujar UAS yang disambut tawa Anies dan jemaah.

Terkait frasa Amin dikaitkan Pilres juga disorot Ustadz Adi Hidayat (UAH).

Ia membagikan pengalaman dari sahabat saat mengimami shalat berjamaah di Kuwait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: