Kemenkes Siapkan 15.746 Faskes di Musim Libur Nataru 2023, Tersebar di Berbagai Titik

Kemenkes Siapkan 15.746 Faskes di Musim Libur Nataru 2023, Tersebar di Berbagai Titik

Kemenkes Siapkan 15.746 Faskes di Musim Libur Nataru 2023, Tersebar di Berbagai Titik-Kemenkes-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) siapkan 15.746 fasilitas kesehatan (faskes). Hal ini sebagai upaya sektor kesehatan dalam kesiapan pelayanan kesehatan dalam rangka menghadapi hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Nugraha, nantinya pos kesehatan (poskes) ada di satu pintu keluar tol, jalur tol operasional, non-tol atau tempat wisata, terminal, stasiun, bandara, dan pelabuhan.

BACA JUGA:Kemenkes Siapkan 2000 Posko Kesehatan di Libur Nataru 2023

Ketersediaan dan kesiagaan ambulans, persiapan puskesmas, rumah sakit dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), serta melakukan promosi kesehatan dan penyebaran informasi secara massif terkait gerakan 3M.

“Pemerintah pusat telah bekerja sama dengan pemerintah daerah termasuk dinas kesehatan, rumah sakit, puskesmas dan pelayanan kesehatan lainnya dalam pemantauan jalur libur Natal dan Tahun Baru," ujar Kunta melalui keterangam resminya Selasa 26 Desember 2023.

Kunta juga menjelaskan, letak faskes arahnya ada di rest area, di jalur-jalur yang mudik, termasuk ada RS di dalamnya. 

BACA JUGA:Tahun Depan Vaksin Covid-19 Bayar Ratusan Ribu, Kemenkes: Mumpung Gratis Sampai Akhir 2023

Ia juga menambahkan, tim pemantauan akan melihat kesiapan di KKP, stasiun kereta api, public safety center (PSC).

Kemudian RS rujukan, puskesmas, pelabuhan, tempat Ibadah, tempat wisata, terminal bus dan Poskes. Tim kesehatan yang diberangkatkan merupakan gabungan lintas program di Kemenkes.

BACA JUGA:Kemenkes Bantah Keluarkan Surat Edaran Wajib Penggunaan Masker

Sebanyak 15.746 fasilitas kesehatan (faskes) dioptimalkan pada enam jalur yang telah disepakati guna sebagai upaya penguatan kesehatan. Diantaranya RS sebanyak 3.137, Puskesmas 10.147, KKP 51, poskes 2.059, dan PSC 199 sebanyak 352 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: