Gerakan Menanam Cabai Baru Digiatkan di 61 Kabupaten/Kota

Gerakan Menanam Cabai Baru Digiatkan di 61 Kabupaten/Kota

Cabai yang ditanam KRPL Mata Air Lentera berbuah lebat.-Lailiyah Rahmawati/Harian Disway-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Gerakan Menanam Tanaman Cabai hingga per Desember 2023 ini, baru terlaksana di 61 kota/kabupaten.

Program untuk turut menjaga ketersediaan cabai dan mengendalikan harga cabah di tanah air tersebut, masih banyak daerah belum terlibat melaksanakan.

Demikian hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kemendagri pada Desember 2023. 

BACA JUGA:Kapolda Papua Turut Jadi Korban Ricuh Pemakaman Lukas Enembe

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir mengingatkan, sejak setahun lebih sebelumnya, Kemendagri telah mengimbau Pemda agar melakukan gerakan Tersebut.

Upaya penanaman ini penting untuk menjaga ketersediaan cabai Merah maupun Cabai Rawit, sehingga harganya terkendali.

“Kita menyadari bahwa Cabai ini menjadi momok, kurang lebih 360 sekian yang daerahnya selalu masuk dalam pergerakan harga fluktuasi cabai, tapi upaya-upaya untuk menanam cabai dari satu tahun yang lalu lebih bahkan, hampir satu tahun setengah yang lalu kita mengingatkan, tidak juga dilakukan,” ujar Tomsi saat memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Rabu 27 Desember 2023.

Ia meminta Pemerintah Daerah (Pemda) agar memperhatikan harga cabai merah maupun Cabai Rawit.

BACA JUGA:Ini Update SGIE Cak, Indonesia Naik ke Peringkat 3 Besar!

Terlebih, Cabai Merah maupun Cabai Rawit merupakan bagian dari komoditas yang memberikan andil besar terhadap inflasi, termasuk menjelang tahun baru.

Dia memaparkan, berdasarkan hasil monitoring dan Evaluasi (Monev) Kemendagri pada Desember 2023, baru 61 Kabupaten/Kota yang telah melakukan Gerakan Menanam Tanaman Cabai.

Tomsi menduga ada daerah-daerah lain yang sebenarnya melakukan penanaman cabai, tapi tidak dilakukan secara kontinu.

Padahal, upaya menanam tersebut perlu dilakukan secara berkesinambungan, terutama bagi daerah yang menjadi langganan tingginya harga Cabai.

“Untuk teman-teman Kepala Daerah, kami berharap betul-betul fokus. Bagaimana mungkin kita sekolah tinggi-tinggi, kita selalu kalah dengan Cabai, saya berharap dengan kalimat seperti ini bisa kita serius untuk mengatasinya,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: