Irak Akan Usir Amerika dari Negaranya, Mereka Bukan Pasukan Tempur

Irak Akan Usir Amerika dari Negaranya, Mereka Bukan Pasukan Tempur

Akibat meningkatnya aktifitas Amerika di Irak dalam menyerang milisi Syiah yang didukung Iran, Irak akan usir Amerika dari negaranya. -Tangkapan layar X @OnDisasters-

“Jika mereka melakukannya maka hal tersebut merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan Irak dan harus kami tolak,” tegasnya.

BACA JUGA:Bandara Husein Sastranegara Bandung Kembali Beroperasi, Berikut Jadwal dan Tujuan Penerbangannya

BACA JUGA:Penahanan Juru Bicara Timnas AMIN Indra Charismiadji Tak Langgar Netralitas Kejaksaan, Kejagung: Sudah Sesuai Prosedur

Sedangkan pihak Amerika melalui surat yang disampaikan oleh Joe Biden menjelaskan jika serangan yang dilakukan sebagai bentuk membela diri.

“Kami mengarahkan serangan untuk melindungi dan membela personel yang berada di Irak untuk melakukan operasi militer sesuai dengan Otorisasi Penggunaan Kekuatan Militer tahun 2001,” terang Joe Biden.

Menurut Biden serangan tersbeut dilakukan untuk mencegah serangan di masa depan dan dilakukan dengan rencana sedemikian rupa dalam membatasi risiko eskalasi dan meminimalkan korban sipil.

BACA JUGA:Hasil Arsenal vs West Ham 0-2, Mikel Arteta Kecewa dengan Keputusan VAR

BACA JUGA:Jokowi Resmi Berhentikan Firli Bahuri Sebagai Ketua KPK

Pasukan Amerika sendiri tetap berada di Irak setelah digulingkannya Presiden Saddam Husein beberapa tahun lalu, di mana Amerika juga menjadikan Irak sebagai basis dalam menghadapi ISIS.

Pasukan Amerika juga sempat ditarik meskipun hanya sebagian dan pada 2014 kembali untuk melakukan penindakan terhadap ISIS.

Setelah berhasil menghabisi ISIs, pada pada 2017, Amerika mulai mengurangi jumlah pasukannya dari sekitar 5.000 menjadi 2.500 dan bersama dengan negara-negara lain bergabung dalam koalisi internasional di Irak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: