Lawan Irak di Piala Asia 2023 Jadi Turnamen Pertama Timnas Indonesia Bermain dengan Teknologi VAR, Ini Sosok Wasitnya

Lawan Irak di Piala Asia 2023 Jadi Turnamen Pertama Timnas Indonesia Bermain dengan Teknologi VAR, Ini Sosok Wasitnya

Inilah Ilgiz Tantashev, wasit asal Uzbekistan yang memimpin pertandingan Grup D Piala Asia 2023 antara Timnas Indonesia melawan Irak, Senin 15 Januari 2024-Getty Images-

DOHA, DISWAY.ID - Ada fakta unik jelang laga perdana Grup D Piala Asia 2023 antara Timnas Indonesia melawan Irak malam ini. 

Salah satunya, Indonesia akan bermain di ajang internasional resmi FIFA dengan menggunakan aturan Video Assistant Referee atau VAR

BACA JUGA:Zidane Eks Pemain MU Ingin Bawa Pulang Jersey Indonesia Milik Ivar Jenner

BACA JUGA:Garuda Gak Sendirian, Ribuan Suporter Siap Dukung Langsung Saat Pertandingan Timnas Indonesia Lawan Irak Malam Ini

Tentu, laga ini akan semakin seru sekaligus menjadi pembuktian pasukan Garuda asuhan pelatih Shin Tae-yong. Bagaimana tidak, bermain dengan aturan VAR membutuhkan konsentrasi tinggi dan pasti akan dipimpin wasit mumpuni terbaik FIFA. 

AFC telah mengumumkan wasit yang bertugas di pertandingan Piala Asia 2023, antara Timnas Indonesia melawan Irak, pada Senin 15 Januari 2024.

Dikutip Disway.id dari situs resmi AFC Asian Cup, wasit yang memimpin Timnas Indonesia vs Irak adalah Ilgiz Tantashev, asal Uzbekistan. Ilgiz Tantashev merupakan wasit berlisensi FIFA yang banyak memimpin laga internasional baik tingkat klub maupun federasi.

BACA JUGA:Shin Tae-yong Siapkan Kejutan Laga Perdana, Jelang Timnas Indonesia Melawan Irak di Grup D Piala Asia 2023

BACA JUGA:Siap Tampil Besok, Ini 26 Pemain Timnas Indonesia yang Dibawa Shin Tae-yong ke Piala Asia 2023

Keputusan AFC memilih wasit asal Uzbekistan tersebut disambut baik netizen karena terbilang netral. Sebab, wasit yang memimpin laga karena Timnas Indonesia dan Irak berada di zona Asia yang berbeda.

Indonesia berada di Asia Tenggara, sedangkan Irak merupakan tim dari salah satu negara Asia Barat. Sementara negara asal sang pengadil lapangan, Uzbekistan, berada zona yang berbeda dari dua tim yang bermain, yakni di Asia Tengah.

Sebelumnya pemilihan wasit Timnas Indonesia melawan Irak saat pertemuan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, November 2023 menimbulkan perdebatan.

BACA JUGA:Prediksi Timnas Indonesia vs Irak Malam Ini: Head to Head dan Susunan Pemain Piala Asia 2023

BACA JUGA:Hasil Jepang vs Vietnam Grup D Piala Asia 2023: Samurai Biru Menang 4-2 Atas The Golden Star

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: