Lawan Irak di Piala Asia 2023 Jadi Turnamen Pertama Timnas Indonesia Bermain dengan Teknologi VAR, Ini Sosok Wasitnya

Lawan Irak di Piala Asia 2023 Jadi Turnamen Pertama Timnas Indonesia Bermain dengan Teknologi VAR, Ini Sosok Wasitnya

Inilah Ilgiz Tantashev, wasit asal Uzbekistan yang memimpin pertandingan Grup D Piala Asia 2023 antara Timnas Indonesia melawan Irak, Senin 15 Januari 2024-Getty Images-

Pasalnya, saat itu wasit yang dipilih adalah Ahmed Issa Darwish, berasal dari Uni Emirates Arab. Uni Emirates Arab sendiri adalah sesama negara Asia Barat, layaknya Irak.

Dikenal tegas dan enteng keluarkan kartu

Fakta menarik yang patut diperhatikan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan adalah sosok wasit yang sangat tegas. Dari sejumlah pertandingan, wasit Ilgiz Tantashev terbilang wasit yang sangat enteng mengeluarkan kartu atas pelanggaran yang dibuat pemain. 

Melansir statistik dari Transfermarkt.com, wasit 39 tahun tersebut selalu memberikan kartu dalam 8 laga terakhir yang dipimpinnya.

BACA JUGA:Shin Tae-yong Siapkan Kejutan Laga Perdana, Jelang Timnas Indonesia Melawan Irak di Grup D Piala Asia 2023

BACA JUGA:Kabar Baik, Shayne Pattynama Terbang ke Doha untuk Gabung Timnas Jelang Lawan Irak

Tentu, jumlah delapan pertandingan terakhir itu patut diwaspadai pemain Indonesia karena jika ditotal jumlah yang ia berikan adalah 37 kartu kuning, dan dua kartu merah. Jumlah itu merupakan catatan penting karena menjadi total kartu yang sangat tinggi hanya dalam delapan pertandingan saja.

Ilgiz terbilang menjadi salah satu wasit yang berpengalaman di sepak bola Asia.

Selama setahun terakhir, ia tercatat memimpin enam laga internasional di regional Asia. Satu kali di Kualifikasi Piala Dunia 2026, laga Myanmar hadapi Korea Utara. Satu laga uji coba internasional, pertandingan Uzbekistan U18 melawan Russia U21.

BACA JUGA:Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Irak Menjadi Ujian Pertama Skuad Garuda

BACA JUGA:Saddil Ramdani Dicoret, Adam Alis Masuk Daftar 26 Pemain Skuat Timnas Indonesia Piala Asia

Serta empat laga yang ia pimpin sisanya di Liga Champions Asia 2023/2024.

Tak hanya itu, berkat pengalaman yang mumpuni, Ilgiz juga dipercaya memimpin pertandingan klub Cristiano Ronaldo, Al-Nassr di Liga Champions Asia musim 2023/2024.

Atas pengalamannya tersebut, Ilgiz Tantashev diharapkan bisa menjadi juru pengadil laga Timnas Indonesia vs Irak dengan keputusan yang tepat, utamanya dalam penentuan gol melalui teknologi VAR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: