Adem Banget, Relawan Ganjar-Mahfud dan AMIN Nobar Debat Capres Terakhir: Perkuat Demokrasi

Adem Banget, Relawan Ganjar-Mahfud dan AMIN Nobar Debat Capres Terakhir: Perkuat Demokrasi

Relawan Progresif yang merupakan pendukung Ganjar-Mahfud menggelar nonton bareng debat capres bersama Relawan IndonesiAnies di Kemang, Jakarta Selatan, Minggu 4 Februari 2024-Dok. Relawan Progresif-

JAKARTA, DISWAY.ID - Relawan Progresif yang mendukung pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud MD, mengajak sejumlah relawan pendukung pasangan nomor 1, Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar atau AMIN, dalam acara nonton bersama (nobar) debat terakhir yang diadakan di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu 4 Februari malam.

Sejumlah relawan pendukung Anies yang hadir adalah Relawan IndonesiAnies dan Forkom Antar Jaringan Relawan Anies Baswedan. 

BACA JUGA:Gerakan Bersih-Bersih di GBK, Relawan Progresif Dukung Kampanye Hijau Saat Kampanye Ganjar-Mahfud di GBK

BACA JUGA:Ajak Anak Muda Gali Kreativitas, Relawan Progresif Gelar Festival Video 'Mata-Mata Ganjar'

Baik Relawan 01 dan Relawan 03 sama-sama bersepakat bahwa ada yang lebih penting dari kontestasi pilpres yakni masa depan Indonesia yang lebih demokratis dan berkeadilan.

Direktur Nasional Progresif, Eka Sastra mengungkapkan bahwa konsep acara nobar ini telah diniatkan sejak lama, berawal dari debat kedua dalam rangkaian Pilpres 2024. Dia menginginkan semua relawan bisa bersatu untuk hal yang lebih substantial, yakni kebersamaan dan persatuan.

Momen keakraban ini baru terwujud di debat terakhir karena sebelumnya kedua kelompok relawan terikat dengan agenda masing-masing dan ada banyak permintaan dari relawan di berbagai daerah untuk mengadakan acara serupa.

"Melihat adanya kesamaan visi dan misi antara kedua belah pihak terutama untuk menyelamatkan demokrasi dan cita-cita reformasi, kami berkeinginan untuk memfasilitasi acara bersama ini. Meski sempat tertunda karena kesibukan, akhirnya dapat terselenggara pada debat final," kata Eka melalui keterangannya di Jakarta, Senin 5 Februari 2024. 

BACA JUGA:Relawan Progresif dan TPN Ganjar-Mahfud Gelar Hajatan Rakyat di Jogja, Jadi Ajang Pemersatu Berbagai Kelompok Masyarakat

BACA JUGA:Kampanye Terbuka, Relawan Progresif dan TPN Ganjar-Mahfud Gelar Hajatan Rakyat Bersama Slank di Kulonprogo

Eka menjelaskan bahwa acara ini berhasil dilaksanakan serentak di 40 lokasi berbeda, di antaranya di wilayah Solo, Proivinsi Riau, Sulawesi Barat, dan Sumatera Barat. Nobar antara Relawan Anies dan Ganjar ini menandai bahwa kontestasi politik merupakan sesuatu yang menggembirakan. 

“Nobar ini menandai sebuah peristiwa yang penuh dengan kegembiraan dan solidaritas. Semoga ini menjadi langkah awal untuk komunikasi yang lebih intens antara kedua kubu," tambah Eka.

Eka menambahkan, sebelumnya, kedua kubu telah melakukan berbagai diskusi dan perencanaan untuk kegiatan ini, yang menurut Eka telah berlangsung lama dan intens. "Kami telah berkomunikasi dan merencanakan ini jauh sebelum munculnya simbol-simbol politik baru, dan akhirnya bisa terlaksana malam ini," ujar Eka.

Ide nobar ini adalah kolaborasi dari keresahan yang sama-sama mereka rasakan. Utamanya seiring dengan berbagai masalah kebangsaan yang kian mendesak sehingga mendorong akademisi dan para guru besar di berbagai universitas meminta untuk anak bangsa bergerak menyelamatkan demokrasi dan reformasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: