Implementasi Pilar Social ESG: PT Pegadaian Mendukung Penerbitan Sertifikat Halal untuk Asosiasi Pedagang Mie Bakso Yogyakarta

Implementasi Pilar Social ESG: PT Pegadaian Mendukung Penerbitan Sertifikat Halal untuk Asosiasi Pedagang Mie Bakso Yogyakarta

PT Pegadaian melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), mengambil langkah strategis dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi syariah yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia dengan penerbitan sertifikat halal bagi 60 (enam puluh) pe-Pegadaian -

YOGYAKARTA, DISWAY.ID - PT Pegadaian melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), mengambil langkah strategis dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi syariah yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Hal tersebut diwujudkan dengan memberikan dukungan penuh terhadap penerbitan sertifikat halal bagi 60 (enam puluh) pelaku usaha mie dan bakso yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Mie Bakso (APMISO) Yogyakarta pada periode Desember 2023 hingga akhir Januari 2024. 

Melalui program kemitraan ini, PT Pegadaian berkolaborasi dengan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) serta Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Ashfa Yogyakarta memfasilitasi proses sertifikasi halal. 

BACA JUGA:Kritik Tuduhan ke Pratikno Sebagai Operator Politik Presiden Jokowi, Prabu: Ada Motif Kepentingan Politik

BACA JUGA:Yamaha Segarkan Fazzio Hybrid dengan 2 Warna Baru

Dukungan ini mencakup edukasi tentang pentingnya sertifikat halal, pendampingan proses sertifikasi, serta pembiayaan bagi pelaku usaha yang memerlukan bantuan dana untuk memenuhi standar sertifikasi halal.

"Kami menyadari pentingnya sertifikat halal dalam meningkatkan kepercayaan konsumen serta membuka peluang pasar yang lebih luas bagi UMKM,” terang Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah di Kantor Pusat Pegadaian Jakarta pada Senin 5 Februari 2024.

“Melalui dukungan ini, kami berharap dapat membantu seluruh pelaku UMKM, (untuk saat ini) dimulai dulu dari Asosiasi Mie dan Bakso, namun untuk ke depan kami berharap bisa seluruh lini UMKM, khususnya binaan PT Pegadaian dapat juga tumbuh dan berkembang, sejalan dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah,” papar Eka.

BACA JUGA:Bagi-Bagi Hadiah, Pegadaian Undi Pegadaian POIN Periode II

BACA JUGA:Pegadaian Raih Penghargaan Indonesia Living Legend Companies Awards 2024

Tidak hanya terkait administrasi, dalam proses memperoleh sertifikat halal ini jiga mengatur kualitas dan higienitas makanan. 

Sebelumnya pada tahun 2023, PT Pegadaian turut membantu Asosiasi Pedagang Mie Bakso (APMISO) terkait penyediaan mesin penggilingan daging dan mesin pembuatan bakso untuk meningkatkan kualitas sanitasi yang saat ini sudah terpasang di Semarang, Yogyakarta, Bantul, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, hingga Tangerang Selatan.

Di Tempat terpisah, Dewan Pakar APMISO Nusantara, Guntur Subagja Mahardika menyampaikan keresahannya selama ini terkait kondisi pengusaha mikro, terutama pedagang bakso. 

BACA JUGA:Apresiasi Pencapaian Agen Hebat, Pegadaian Gelar Agen Pegadaian Awards 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: