Kaca Spion

Kaca Spion

Forum Komunikasi Purnawirawan TNI-Polri untuk Perubahan (FKP3) menyatakan sikap atas masifnya kecurangan penyelenggaraan Pemilu 2024-Dok. YouTube Refly Harun-

DUA ratus jenderal itu banyak sekali. Berbobot sekali. Apalagi banyak yang bintang empat. Sudah dua hari mereka sepakat: Presiden Jokowi harus mengundurkan diri. Kalau tidak, harus dilengserkan.

Tapi sikap yang begitu keras ternyata tidak bergema. Tidak jadi isu nasional yang menggelinding membesar. Medsos juga tidak memviralkannya. Sepi. Aneh. 

Para jenderal itu tergabung dalam Forum Komunikasi Purnawirawan TNI-Polri untuk Perubahan dan Persatuan. Disingkat FKP3.

Ketuanya Jenderal Sutiyoso. Dipanggil Bang Yos. Ia gubernur Jakarta dua periode. Pernah menjabat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). 

Sudah sering ada seruan Presiden Jokowi mundur. Tapi ini kan para jenderal. Mestinya punya nilai tekanan yang lebih kuat. Nyatanya tidak.

Mungkin karena mereka partisan. Bang Yos adalah penasihat Partai Nasdem. Forum itu sendiri memang sengaja dibentuk untuk mendukung Capres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Pernyataan keras itu hasil pembahasan mereka di Museum Bang Yos yang luas. Di Jalan Kalimanggis, masuk bilangan Bekasi. Di video pertemuan itu terlihat ada lambang Nasdem di salah satu dindingnya.

Yang membacakan pernyataan itu juga jenderal bintang empat: Jenderal Fachrul Razi.

Ini sangat menarik. Selama ini saya tahu Jenderal Fachrul Razi sangat dekat dengan Jenderal Luhut Binsar Pandjaitan.

Saya sering berada dalam satu pertemuan kecil yang ketika ada LBP ada pula Razi. Dulu.

Razi adalah komisaris utama salah satu perusahaan milik LBP.

Kini mereka berbeda jalan. Berarti belum lama.

Di Pemilu 2019 Jenderal Razi masih jadi ketua salah satu tim kampanye Jokowi. Berhasil.

Jokowi menang telak.

Razi pun dilantik menjadi menteri agama. Ia mengikuti jejak Tarmizi Taher dan Alamsyah Ratu Perwiranegara.

Sama-sama militer. Sama-sama orang Sumatera.

Tarmizi orang Minang. Alamsyah orang Lampung. Razi orang Minangkabau yang lahir di Aceh.

Mereka sama-sama jadi menteri agama. Hanya saja baru Razi menteri agama yang bintang empat.

Ia hanya satu tahun jadi menteri. Tiba-tiba digantikan Yaqut Cholil Qoumas, ketua umum GP Ansor-nya NU.

Tanggal 22 Desember 2020, Gus Yaqut dilantik, tanggal 30 Desember 2020 FPI dibubarkan. Itulah sebabnya muncul rumor Razi diganti karena tidak mau membubarkan FPI. Tentu itu hanya rumor. 

Razi pernah menjadi wakil panglima TNI. Karena itu berpangkat jenderal bintang empat. Tapi jabatan wakil panglima itu dihapus di zaman Presiden Gus Dur –hilang pula kursinya.

Razi kini 76 tahun. Bang Yos 79 tahun. Mereka masih terus aktif memikirkan negara.

Razi pernah ikut jadi pendiri Partai Hanura. Bang Yos ikut mendirikan Partai PKPI. 

Setelah pernyataan dibacakan, seorang wartawan bertanya: apa yang akan dilakukan oleh para jenderal itu kalau pernyataan mereka diabaikan.

Seorang jenderal menjawab: bisa terjadi people power.

Hasil quick count begitu mencolok. Selisih suara tiga pasangan begitu jauh.

Selisih itu sulit dipakai untuk menggerakkan rakyat. Potensi people power lebih besar terjadi di Pilpres 2019. Waktu itu Prabowo kalah tipis. Tapi isu people power langsung reda ketika Prabowo menyatakan bisa menerima hasil Pilpres. Ia pun jadi menteri.

Tentu pendukung utama Prabowo marah. Kecewa berat. Balik membenci. Tapi mayoritas rakyat menganggap Prabowo negarawan. Kalau sampai terjadi kekacauan negara yang rugi.

Potensi people power yang lebih besar terjadi ketika Gus Dur dilengserkan. Pengikut Gus Dur sudah siap bergerak. Tapi Gus Dur mencegahnya. Gus Dur pilih meninggalkan Istana kepresidenan dengan celana pendeknya. Gus Dur dikenang sebagai negarawan.

Para negarawan sangat pandai meredakan ketegangan. Demi bangsa. Apalagi di saat selisih perolehan suara begitu jauhnya.

Memang perlu perbaikan total sistem Pemilu kita. Bahkan itu pun belum cukup. Harus sampai ke perbaikan sistem politik.

Inilah jalan buntu yang harus diprioritaskan penjebolannya. Bukan lagi mempersoalkan hasil Pilpres.

Itulah sebabnya negarawan hanya perlu sesekali saja menatap ke kaca spion.(Dahlan Iskan)


Follow WA Channel Harian Disway--

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 20 Februari 2024: Bukan Bintang

Nimas Mumtazah
Tenang Pak L 1301 Kalau ada HP tertinggal.di rumah. Pasti di antar para ibu. Ntah dalam kondisi utuh atau hanc*r. Hhhh. Salam santai Pak..

Lagarenze 1301
Berapa detak jantung normal untuk orang dewasa? Berkisar 60 sampai 100 detak per menit. Saat berolahraga detak jantung bisa 130 sampai 150. Tapi, yakinlah, detak jantung bisa lebih cepat lagi kalau HP ketinggalan di rumah.

Wilwa
@Liam. Gacoran yang mantab. Bila satu hari nanti manusia telah memahami betul apa yang menyusun atom, tidak sekedar berasumsi proton, neutron, elektron, bisa jadi seluruh science fiction itu akan menjadi kenyataan. Karena seperti yang telah diduga filsuf Yunani jauh sebelum Masehi, Semesta ini terdiri dari atom. Jadi kalau kita bisa melihat isi atom yaitu 0,1 nanometer ke bawah, entah dengan teknologi apa, dan tidak hanya melihat tapi juga mengutak-atik isi atom (tanpa membuatnya “meledak”), memanipulasi isi atom, maka rahasia Semesta ini akan terungkap. Manusia bisa “menciptakan” benda apapun bahkan makhluk hidup apapun.

Liam Then
Mesin yang sejak tercipta tak pernah berhenti selama puluhan bahkan lebih seratus tahun, itulah jantung kita. Tengoklah betapa panjang, perjalanan peradaban dan ilmu pengetahuan manusia, sejak bisa tercatar, 5000 tahun kayaknya ada. Umat manusia baru bisa transplantasi jantung. Mengikuti upaya pencarian teknologi dan pencapaiannya, dalam hal substitusi organ tubuh manusia ini, sering menimbulkan spekulasi, apakah masa depan, organ tubuh manusia, bisa dibuat secara menyesuaikan, lewat sumsum dan DNA, dicetak agar cocok bagi tubuh kita. Mungkin , bisa tercapai suatu saat nanti. Cuma masih akan samgat lama, karena energi umat manusia, tidak sepenuhnya tercurah disitu. Coba kita lihat tajuk berita utama didunia, fokusnya masih berbeda, ke upaya dominasi, kekuasaan, perebutan sumber daya, jauh dari fokus kesejahteraan umat manusia. Meskipun begitu masih ada saja, upaya kesana, lewat penelitian, daging sintetis, menumbuhkan organ manusia ke badan hewan, teknologi kloning, bahkan memakai organ hewan, juga dijadikan percobaan. Kemajuan teknologi komputasi kuantum, dan teknologi kecerdasan buatan, mungkin suatu saat akan capai, manusia bisa pakai organ tubuh buatan, bisa organik, bisa pula mekanikal. Jika kita lihat perkembangannya, umat manusia sudah mampu, ciptakan sesuatu yang bahkan lebih tipis dan kecil dari ukuran sebatang rambut. Contohnya mesin pembuat chip teranyar dan terhebat saat ini, teknologi "lithography" nya, berderap menuju angka 1 nano meter.

Leong Putu
Saya mau donor organ itu.... Hanya takut nanti dinyek'i... Ntar dibilang asesoris.

Handoko Luwanto
04:14:53pm WIB 222Komen=89utama+133REPLY dari 44Prusuh ♢Urutan↕Komen➜Nama Time ∇212↑u➜Ⓙⓘⓜⓜⓨ Ⓜⓐⓡⓣⓐ 27m "Golll....." K̢̙̪a̠̦͚p̡̫̘a͖̠̪k͎̞͔ S̢͙a͕͇̫k̟̟̫t̢̠̪i͕͚̼ N̢̞̘a̫̺g͖͇̪a̠̦ G͔̠̺e̡̠͍n͎̫̫i͚͖̼ 2̠͖͙1̢̻̠2̙͖̝ △214↑R→Udin Salemo 26m "salamaik uda Jimmy Marta. padang..." △216↑R→Jimmy Marta 24m "Hehe...sore uda US. ..." .... ∇123↑u➜ⓢⓘⓝⓤⓝⓖ ⓝⓤⓖⓡⓞⓗⓞ 4j "123 angka beruturan..." ₪₪₪₪§|(ΞΞΞΞΞΞΞΞΞΞΞΞΞΞΞΞ> 123 .... ∇69↑u➜Ⓤⓓⓘⓝ Ⓢⓐⓛⓔⓜⓞ 8j "69..." T̷o̷n̷g̷k̷a̷t̷ P̷e̷r̷k̷a̷s̷a̷ K̷a̷m̷a̷ S̷u̷t̷r̷a̷♋ .... 1↑u➜Rizal Falih 12j "Alhamdulillah..."

Xiaomi A1
Nampaknya akan cukup banyak pasangan caleg suami istri yg sama2 lolos ke senayan, beberapa diantaranya.. Ahmad Dhani - Mulan Jamela Pasha Ungu - Adelia Primus - Jihan Fahira (dpd) Rusdi Masse - Fatmawati Ipong Muchlisoni - Sri Wahyuni Dan mungkin masih banyak lagi..

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
@Iya Nok Kalau gagal 69 di Disway. Cari 69 di rumah pak..

ACEP YULIUS HAMDANI
Itulah, kalau Tuhan sudah berkehendak, apapun bisa terjadi, gonta ganti organ bisa, gonta ganti muka bisa, gonta ganti jenis kelamin bisa, gonta ganti partai bisa, gonta ganti temen partai sangat bisa dan lain-lain. Jadi hasil Pemilu 14 April 2024 seperti Scot nunggu jantung baru, apakah jantungnya sesuai dengan keperluannya atau tidak. pun ketika jantungnnya ditemukan yang sesuai dengan posturnya, tapi harus ada hal lain yang dikorbankan, yaitu kekebalan tubuhnya. saya gak terlalu paham, tapi rasanya sangat "similar" dengan Pemilu di Indo......

Mbah Mars
Saya termasuk penggemar basket NBA sejak era Jordan, Kobe dan Le Bron. Suka nonton basket meski tak pernah main basket. Meski demikian, nama Pollard sama sekali tidak masuk memori saya. Saya kira seperti kata Abah DI bahwa Pollard hanya pemain cadangan yang jarang main. Di samping itu, Sacramento Kings (ada s di kata King) juga bukan termasuk klub papan atas. Baru tahun 2023/2024 ini Kings menjadi team yang diperhitungkan. Bahkan disebut-sebut akan mampu masuk ke babak play off. Dimotori trio De'Aaron Fox, Sabonis dan Malik Monk, Kins sementara bertengger di urutan 8 wilayah Barat. Kings kali ini juga dibesut oleh pelatih yg cukup bagus. Mike Brown, mantan asisten pelatih kondang Steve Kerr di Golden State Warriors. Pagi ini Abah nulis tentang mantan pemain NBA. Kok pas sekali momentumnya, karena baru kemarin digelar rangkain pertandingan All Star Game. Ada Rising Star Game, Star Saturday night, kontes dunk, kontes tri point pemain NBA laki-laki dan yang baru adalah kontes tri point yang mempertemukan jawara tripoint NBA laki-laki melawan jawara NBA perempuan. Gelaran yang spektakuler tersebut diakhiri dengan pertandingan para jawara Barat yg dipimpin LeBron melawan para jawara Timur yang dikomandani Giannis. Sayangnya terjadi anti klimaks. Jawara Barat keok dengan selisih point yang cukup banyak. Barat: 186. Timur: 211.

Mirza Mirwan
Dalam kariernya sebagai pebasket dari 1997 sampai 2008 sebenarnya Scot Pollard bermain di 5 klub berbeda: Detroit Pistons, Sacramento Kings, Indiana Pacers, Cleveland Cavallier, dan Boston Celtics. Tetapi, memang, yang paling lama di Sacramento Kings, dari 1999 sampai 2003. Hanya saja Scot Pollard memenangi juara NBA (2008) saat bergabung dengan Boston Celtics. Di balik sukses transplantasi jantung Scot Pollard -- selain tim dokter dari Medical Center Universitas Vanderbilt -- adalah Dawn Michelle, sang istri. Dawn Pollard yang all out mendukung sang suami agar optimis, mewartakan kondisinya lewat platform X dari hari ke hari, seraya minta doa dari penggemar Scot Pollard semasa menjadi pebasket. Dalam postingan Sabtu (17/2) di mana Scot bisa berdiri dan merasa sehat, Dawn mengabarkan bahwa sang suami sempat mendendangkan "I left my heart in San Fran-Nashville" -- modifikasi dari lagu tenar "I left my heart in San Fansico" milik Tony Bennett. Dawn Michelle adalah isteri kedua Scot Pollard yang memberinya seorang putra, Icean, yang kini berusia 7 tahun. Dari perkawinan sebelumnya, dengan Beth ( Elizabeth) Scot punya tiga anak: Lolly, Talulla, dan Ozzy, yang semuanya sudah dewasa. Kesetiaan Dawn Pollard barangkali juga dikarenakan saat ia terkena kanker payudara setelah kelahiran Icean, Scot pun memberikan dukungan all out. Mungkin juga karena tragedi masa muda mereka yang hampir sama. Scot kehilangan ayahnya karena penyakit jantung saat usia 16, ...

Rizal Falih
Awal-awal sering berkomentar di kolom komentar CHD, saya juga bernasib sama Pak. Sering gagal login. Bahkan terblokir akun emailnya untuk bisa login. Saya sering nulis terkait gagal login tersebut di kolom kemantar. Sampai suatu waktu Cak Mulyanto K, salah satu perusuh senior, menanggapi komentar saya. Beliau menyampaikan bahwa selama ini tidak ada kendala dengan kolom komentar. Bahkan tampa ada iklan satu pun yang berkeliaran pada layar gadgetnya, saat menulis dinkolom komentar. Saya hanya membalas komentarnya, bahwa saya perlu berguru ini sama beliau. Saya diminta datang, cukup bawa gula sekilo dan kopi sachetan, satu renteng. Apakah saya turuti?. Tentu tidak. Lah, beliau dimana saya dimana hehe. Namun aneh bin ajaib semenjak kejadian itu. Saya komentar di CHD melalui HP lancar jaya, setidaknya sampai hari ini. Bahkan DNS Adguard, bloker iklan pun saya aktifkan lagi. Ups..yang ini keceplosan. Memang saat menggunakan laptop, jika menggunakan browser firefox yang tidak terblokir akun gmailnya, yang lain masih. Saya jadi huznudzon, kalau beliau itu admin CHD. Atau temen dari Abah Dahlan. Paling tidak temen Om Admin lah hehe. Jadi menurut saya benar saran Pak Handoko L, untuk soman ke Om Admin dulu, supaya kolom komentarnya lancar jaya dan bisa gacor menulis seperti perusuh yang lain. Salam.

Fiona Handoko
selamat pagi bp thamrin, bung mirza, bp agus, bp jo, bp gianto dan teman2 rusuhwan. penyebab pipi saya tembem/ bukan karena terlalu sering makan yg gratis2/ bukan karena kebanyakan makan durian/ bukan karena makan steam ikan wang bu liao/ tapi karena obat turun imun/ seperti yg di maem mr pollard/ jadi kalau ada pak prof rusuhwan nulis "nggragas" / pembaca yg budiman bisa bantu/ menjelaskan kebenarannya/

Fiona Handoko
selamat pagi bpk hl. saya pun pernah cari komen bpk liang tentang lagu "stoney". via pencarian disway. jawabnya 404. tapi anehnya. lewat mbah google. malah ketemu. ketiknya di mbah google "stoney disway"

djokoLodang
--- Kejadian tahun 1946. Disaksikan oleh SK TriMurti, mantan Menteri Tenaga Kerja pertama. Saat itu Trimurti sedang dalam perjalanan dari Malioboro ke arah utara, menuju rumahnya di jalan Pakuningratan (sebelah utara Tugu). ---

djokoLodang
RAKYAT RAJA Sri Sultan HB IX -sedang dalam perjalanan dari Pekalongan, kembali ke Yogya. Nyetir sendirian. Sampai di Desa Godean, jip Land Rover-nya dihentikan oleh seorang perempuan penjual beras yang sudah sepuh. Beliau segera turun. Belum sempat berkata-kata, simbok beras itu berseru “Niki, karung-karung beras niki diunggahake!” Sri Sultan pun mengangkat dua karung besar beras ke bagian belakang kendaraannya. Simbok beras sudah duduk di kursi depan. Sepanjang jalan, mereka ngobrol dengan akrabnya hingga sampai di tujuan. Tanpa diperintah, Sri Sultan turun dari mobil dan menurunkan karung-karung tersebut. Begitu selesai, simbok beras merogoh kemben usangnyi, mengeluarkan uang lembaran, disodorkan ke Sri Sultan. Lelaki ramah itu tersenyum dan menggelengkan kepala. Disikapi seperti itu, alih-alih berterimakasih, simbok malah ngomel-ngomel. Dengan sabar, Sri Sultan mengatakan,” Pun boten sisah, Mbakyu.” Tanpa banyak bicara, beliau meneruskan perjalanan. Kendaraan Sri Sultan sudah berlalu, simbok beras masih mengomel. Tanpa disadari, adegan itu disaksikan banyak orang. Seorang polisi lantas menghampiri dan memberitahu jika “sopir” yang baru diomeli itu adalah Ngarsa Dalem. Bukan main kagetnyi simbok, dan jatuh pingsan hingga dilarikan ke RS. Kejadian itu dituturkan dari mulut ke mulut kr mulut, dan sampai ke telinga Sri Sultan. Mendengar simbok masuk rumah sakit, beliau datang menengok. Menengok rakyat yang dipandangnya sebagai raja. --jL--

Lagarenze 1301
Santai sejenak. Presiden Rusia Vladimir Putin terkena serangan jantung di tengah perang dengan Ukraina dan mengalami koma. Beberapa tahun kemudian, Putin tiba-tiba sadar. Ia bangkit dan berjalan keluar dari kamarnya, melewati penjaga yang sedang tidur. Ia berjalan keluar dari rumah sakit menuju jalanan Moskow, dan menemukan bahwa kebanyakan orang tidak mengenalinya. Koma vegetatif selama beberapa tahun tampaknya berdampak buruk pada penampilannya. Setelah berkeliling sebentar, Putin memeriksa sakunya dan menemukan beberapa lembar uang rubel. Ia pun singgah di bar terdekat, duduk, dan memesan segelas penuh vodka. Ia menyesapnya dengan gugup dan mengumpulkan keberanian untuk bertanya kepada bartender: "Tahun berapa sekarang?" Bartender heran, tapi menjawab: "2030...." Putin meneguk minumannya lagi untuk memproses informasi ini. Ia kemudian bertanya: "Dan Krimea, apakah itu masih milik kita?" Bartender dengan bangga menjawab: "Masih milik kita!" Putin mengangguk setuju dan menyesap vodkanya lagi. Kemudian, ia melanjutkan: "Dan Kiev, apakah itu juga milik kita?" Bartender menjawab sambil menepuk dada: "Pastinya, Kiev juga milik kita." Seringai lebar dan bahagia muncul di wajah Putin. Ia akhirnya menenggak habis minumannya dan bertanya kepada bartender: "Berapa harga vodkanya?" Bartender: "100 hryvnia!"

yea aina
Bintang pemilu 2024: beras. Kelangkaan suplai dan kenaikan harganya, sudah mulai terjadi sejak akhir tahun 2023. Kabar terbaru, mahal dan langkanya beras makin menjadi-jadi. Apalagi setelah membanjirnya pembagian beras gratis 10 kg, Persediaan beras siap masak, ternyata bisa jadi sesuatu yang "menakutkan" juga, paling tidak bagi sebagian kita. Alih-alih memilih perubahan makanan pokok, melanjutkan kebiasaan makan beras lebih aman. Setidaknya detak jantung normal saja, tanpa kekuatiran alami gagal jantung.

Gianto Kwee
Anomali Air dan Kehidupan, Dalam Fisika semua benda akan memuai bila suhu naik dan akan menyusut bila suhu turun, Hal ini tidak terjadi pada Air Air di suhu 4℃ ~~ 0℃ saat proses dari Cair menuju padat (Es) justru "Memuai" Proses ini dikenal dengan "Anomali Air" Dan membuat Es terapung ! Laut hanya membeku di permukaan dan dibawahnya tetap "Cair" sehingga mahluk tetap bisa "Hidup" "Anomali Air" Memberi bukti bahwa Alam Semesta ini memang "Sengaja Diciptakan" Untuk kehidupan bukan tercipta karena "Kebetulan", Salam

Udin Salemo
om Jokosp Sp, orang kalau sudah ganti hati pendonor dari daratan sana biasanya kecendrungannya suka berkunjung ke tanah daratan. kalau menulis tentang tanah daratan suka berjilid-jilid. dan suka yang gratis, hahaha.... ampun, bah... akun ulun jangan di-banned. ::))

Jo Neca
Ko Liam..Sejak saya membaca disway sejak awal..duluuuu..Waktu masih belasan komentar..rata2 85% ke topik.Kesini2 setelah ada perusuh.80% di luar topik hahahaa.Begitulah

Ponsel Pro
Gagal jantung, untuk sementara bisa diambil alih mesin. Gagal ginjal untuk sementara bisa cuci darah pake mesin. Yang repot kalo gagal hati, alat pengganti hati sementara sepertinya belum ditemukan. Satu-satunya jalan, Ganti Hati.

Fa Za
Seorang mekanik sedang melepas kepala silinder dari mesin sepeda motor Harley Davidson ketika ia melihat seorang ahli bedah jantung terkenal berada di bengkelnya. Montir berteriak kepada dokter itu, "hey dok, saya bisa mengajukan pertanyaan?" Ahli bedah itu sedikit terkejut, berjalan ke mekanik yang sedang bekerja pada sepeda motor. Mekanik berdiri tegak, mengusap tangannya dilap, dan bertanya, "jadi dok, lihat mesin ini, saya membuka jantungnya, mengambil katupnya keluar, memperbaikinya, menempatkan mereka kembali, dan ketika saya selesai, ia bekerja seperti baru, jadi kenapa saya mendapatkan gaji kecil dan anda mendapatkan uang sangat banyak, padahal anda dan saya pada dasarnya melakukan pekerjaan yang sama?" Dokter bedah itu tersenyum dan berbisik kepada montir, "pernahkah anda melakukannya dalam kondisi mesin menyala?". Si montirpun terdiam.

Liam Then
Lampu aja yang bagus tahan lama. Tv yang bagus tahan lama. Kulkas yang bagus tahan lama. Mobil, motor, rumah, komputer hp yang bagus itu yang tahan lama. Coba pikir, selama ini sinonim barang pusaka bapak-bapak sering dipanggil apa? Perkakas. Perkakas yang bagus , tentu yang tahan lama. Bukan besar dan panjang. Disklaimer: ini bukan curhat.

Ponsel Pro
Nah ini bukti nyata bahwa yang panjang itu tidak selalu sehat. Hal ini jadi peringatan bagi mereka yang punya obsesi membesarkan dan memanjangkan. Syukuri apa yang ada, toh para pasangan seringkali tidak mempermasalah ukuran. Yang paling sering dipermasalahkan adalah uang bulanan. Kalo ga percaya, tanya Om Leong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 249

  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Afa
      Afa
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • Afa
      Afa
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Ponsel Pro
      Ponsel Pro
  • Fa Za
    Fa Za
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Cah Kene ae
    Cah Kene ae
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • doni wj
    doni wj
    • Liam Then
      Liam Then
    • doni wj
      doni wj
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Ketut Bagiarta
    Ketut Bagiarta
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Liam Then
      Liam Then
    • Pryadi
      Pryadi
    • Liam Then
      Liam Then
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • Pryadi
      Pryadi
    • Pryadi
      Pryadi
  • Liam Then
    Liam Then
    • Afa
      Afa
    • Liam Then
      Liam Then
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Afa
      Afa
  • doni wj
    doni wj
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Macca Madinah
    Macca Madinah
    • Liam Then
      Liam Then
  • Erfin Budi Sulistyanto
    Erfin Budi Sulistyanto
    • Liam Then
      Liam Then
  • Adian AlFatih
    Adian AlFatih
  • alasroban
    alasroban
    • bitrik sulaiman
      bitrik sulaiman
  • Slamet Sejati
    Slamet Sejati
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Wilwa
    Wilwa
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Slamet Sejati
    Slamet Sejati
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
  • Ponsel Pro
    Ponsel Pro
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • Ponsel Pro
      Ponsel Pro
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Ponsel Pro
      Ponsel Pro
    • tiviboxsaya android
      tiviboxsaya android
  • Legeg Sunda
    Legeg Sunda
  • tiviboxsaya android
    tiviboxsaya android
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Ponsel Pro
      Ponsel Pro
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Gianto Kwee
    Gianto Kwee
    • Ponsel Pro
      Ponsel Pro
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Rihlatul Ulfa
    Rihlatul Ulfa
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Ponsel Pro
      Ponsel Pro
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • yea aina
    yea aina
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • Afa
    Afa
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Pryadi
    Pryadi
    • Ponsel Pro
      Ponsel Pro
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
    • Ponsel Pro
      Ponsel Pro
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Ponsel Pro
      Ponsel Pro
  • Suhan Al-Fasuruanie
    Suhan Al-Fasuruanie
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
    • Ponsel Pro
      Ponsel Pro
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
  • Asep Sumpena
    Asep Sumpena
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
    • Legeg Sunda
      Legeg Sunda
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Kliwon
      Kliwon
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
  • DeniK
    DeniK
  • Beny Arifin
    Beny Arifin
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Lutfi ꦱꦸꦩꦶꦠ꧀ꦫꦺꦴ
    Lutfi ꦱꦸꦩꦶꦠ꧀ꦫꦺꦴ
  • Kliwon
    Kliwon
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Rizal Falih
      Rizal Falih
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
  • tiviboxsaya android
    tiviboxsaya android
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • tiviboxsaya android
      tiviboxsaya android
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • tiviboxsaya android
      tiviboxsaya android
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • tiviboxsaya android
      tiviboxsaya android
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Slamet Sejati
    Slamet Sejati
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Ponsel Pro
      Ponsel Pro
  • Mia Tiwu
    Mia Tiwu
  • Warung nasi Ibu joko
    Warung nasi Ibu joko
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • ahmad faqih
    ahmad faqih
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • iya nok
    iya nok
  • iya nok
    iya nok
  • Super Peyek
    Super Peyek
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Rizal Falih
      Rizal Falih
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Rizal Falih
      Rizal Falih
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • doni wj
      doni wj
    • doni wj
      doni wj
    • Liam Then
      Liam Then
  • alasroban
    alasroban
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Gianto Kwee
    Gianto Kwee
  • DeniK
    DeniK
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Pryadi
    Pryadi
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • rid kc
    rid kc
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Pedro Patran
    Pedro Patran
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
    • Rizal Falih
      Rizal Falih
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301