Telapak Kakimu Rata? Begini 5 Cara Mengatasinya Agar Timbul Lengkungan

Telapak Kakimu Rata? Begini 5 Cara Mengatasinya Agar Timbul Lengkungan

Telapak Kakimu Rata? Begini 5 Cara Mengatasinya Agar Timbul Lengkungan-fabrikasimf-Freepik

Carilah alas kaki yang dapat memberi Anda dukungan yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam aktivitas aktif dengan aman. Mengenakan sepatu tanpa penyangga lengkungan mungkin sama berbahayanya dengan bermain basket tanpa alas kaki.

BACA JUGA:Real Count KPU Sementara: Ibas Caleg DPR Peraih Suara Terbanyak Seluruh Indonesia, Ungguli Puan Maharani

2.) Latihan angkat kelereng

Dorong anak Anda untuk berlatih meraih kelereng atau benda kecil dengan kaki atau jari kakinya. Latihan ini akan fokus pada pengaktifan seluruh otot kecil kaki yang disebut otot intrinsik. Mulailah latihan ini sambil duduk.

Kemudian, setelah anak Anda mengetahuinya, mintalah mereka melakukannya sambil berdiri untuk meningkatkan keseimbangan satu kaki dengan kaki lainnya.

3.) Gunakan ortotik

Jika Anda memiliki kaki rata yang mudah beradaptasi dan menghabiskan banyak waktu berjalan atau berdiri, Anda harus mempertimbangkan untuk membeli sepasang sepatu ortotik khusus.

Orthotics adalah sisipan sepatu semi-kaku yang menstabilkan lengkungan kaki Anda dan meningkatkan biomekanik saat berdiri, berjalan, dan berlari.

Orthotics, yang memberikan bantalan dan penyerapan stres, juga akan membantu mengurangi kemungkinan timbulnya masalah pada berbagai persendian, termasuk pergelangan kaki, lutut, pinggul, dan tulang belakang lumbal.

BACA JUGA:Tips Promil Anak Kedua Biar Tokcer, Ikuti Tips Ini agar Pasutri Subur

4.) Hindari terlalu banyak berolahraga

Jika rasa sakit akibat kaki rata semakin parah, lebih baik istirahat. Misalnya, dengan asumsi Anda seorang pelari, cobalah menunggu beberapa hari hingga rasa tidak nyamannya berkurang sebelum berlari kembali.

Kemudian secara bertahap lanjutkan rutinitas biasa Anda. Ingatlah untuk merentangkan kaki Anda secara menyeluruh sebelum memulai aktivitas kebugaran apa pun.

5.) Peregangan

Banyak ahli bedah kaki dan pergelangan kaki percaya bahwa penyebab paling umum dari kaki rata adalah otot betis yang kaku, yang secara medis dikenal sebagai Equinus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: