Apresiasi Kinerja Satpol PP dan Satlinmas Sukseskan Pemilu 2024, Mendagri: Kesuksesan Pemilu Tidak Bisa Diklaim Satu Pihak

Apresiasi Kinerja Satpol PP dan Satlinmas Sukseskan Pemilu 2024, Mendagri: Kesuksesan Pemilu Tidak Bisa Diklaim Satu Pihak

Mendagri Tito Karnavian memberikan penghargaan ke sejumlah Kepala Daerah dalam upacara HUT Satpol PP dan Satlinmas di Lapangan Rumah Dinas Gubernur Sumbar, Minggu 3 Maret 2024-Kemendagri-

PADANG, DISWAY.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi kinerja seluruh anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam menyukseskan Pemilu 2024.

Menurutnya, keberhasilan penyelenggaraan Pemilu 2024 merupakan kerja bersama berbagai stakeholder, yang salah satunya melibatkan peran Satpol PP dan Satlinmas.

BACA JUGA:Agar Dekat dengan Masyarakat, Mendagri Minta Satpol PP dan Satlinmas Jaga Integritas untuk Tingkatkan Kepercayaan Publik

BACA JUGA:Sekjen Kemendagri: Bappeda adalah Tangan Kanan Kepala Daerah dalam Pembangunan

“Kesuksesan pemilu tidak bisa diklaim satu pihak, tapi saya bisa mengklaim bahwa kesuksesan pemilu tersebut salah satunya karena efektivitasnya pelaksanaan tugas Satpol PP dan Satlinmas,” ujar Mendagri saat memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas di Lapangan Rumah Jabatan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Padang, Minggu 3 Maret 2024.

Mendagri menjelaskan, pemilu merupakan momen terpenting dalam demokrasi karena seluruh rakyat dapat menggunakan hak pilihnya. Pemilu di Indonesia merupakan terbesar di dunia karena warga negara menggunakan hak pilihnya sekaligus dalam satu hari.

Terlebih pesta demokrasi tersebut tidak hanya memilih presiden dan wakil presiden, tetapi juga anggota legislatif baik pusat maupun daerah.

BACA JUGA:Wakili Mendagri, Sekjen Kemendagri Paparkan 6 Arahan Penting di Rakortekrenbang 2024

BACA JUGA:Irjen Kemendagri: Pemda Bisa Koordinasi dengan Bulog Bantu Salurkan Beras SPHP

Karena itu diperlukan manajemen, salah satunya dalam aspek keamanan dengan pelibatan Satpol PP dan Satlinmas. Pihaknya bersyukur karena Pemilu 2024 yang berlangsung pada 14 Februari relatif aman, baik, dan lancar.

“Atas nama pemerintah saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan Satpol PP dan Satlinmas serta seluruh pembinanya,” ujarnya.

Selain itu, Titojuga mengingatkan jajaran Satpol PP dan Satlinmas agar mendukung pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang. Gelaran tersebut merupakan Pilkada pertama yang digelar secara serentak seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Ini Langkah Irjen Kemendagri Kendalikan Harga Pangan Jelang Ramadan

Dia menekankan, anggota Satpol PP dan Satlinmas yang jumlahnya tersebar di seluruh daerah berperan penting dalam menyukseskan Pilkada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: