Absen di Sidang Paripurna DPR, Puan Hadiri KTT Ketua Parlemen Perempuan di Paris

Absen di Sidang Paripurna DPR, Puan Hadiri KTT Ketua Parlemen Perempuan di Paris

Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ketua Parlemen Perempuan Dunia atau Women Speaker's Summit 2024 di Paris, Perancis.-Dok. DPR RI-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua DPR Puan Maharani tak menghadiri sidang paripurna ke-13 pembukaan masa persidangan IV 2023-2024, Selasa, 5 Maret 2024.

Absennya Puan kemudian digantikan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad yang menyampaikan pidato pada pembukaan sidang. 

BACA JUGA:TPN Berharap Rapat Paripurna DPR Jadi Langkah Awal Untuk Ajukan Hak Angket

BACA JUGA:Penggantian Antarwaktu, DPR RI Lantik 4 Anggota Baru dari Fraksi Gerindra dan PDIP di Sidang Paripurna ke IV

Ketidakhadiran politikus Puan dalam paripurna kali ini karena dirinya tengah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ketua Parlemen Perempuan Dunia atau Women Speaker's Summit 2024 di Paris, Perancis.

"Pertemuan DPR dengan National Assembly of French dapat mendorong semakin eratnya kerja sama kedua negara," kata Puan dalam keterangan resmi, Selasa, 5 Maret 2024. 

Adapun acara Women Speaker's Summit merupakan konferensi tingkat Internasional yang berada dalam naungan Inter-Parliamentary Union (IPU), asosiasi parlemen negara-negara di dunia yang berdiri sejak tahun 1889. 

BACA JUGA:PDIP Desak DPR Setujui Hak Angket Kecurangan Pemilu 2024: Kalau Gak Berani, Tak Ada Taringnya

BACA JUGA:Dorong Hak Angket di Rapat Paripurna DPR, Politisi PKB: Saya Belum Pernah Melihat Pemilu Sebrutal dan Semenyakitkan Ini

Pada kunjungan kerjanya di Perancis, Puan diagendakan mengikuti serangkaian kegiatan, seperti mengikuti pertemuan dengan Ketua Majelis Nasional Prancis, Madame Yaël Braun-Pivet hari ini di kantor Majelis Nasional Prancis atau National Assembly of French yang berada di Paris.

Puan juga mengatakan, bahwa hubungan diplomatik Indonesia-Prancis sudah terjalin baik sejak 70 tahun lamanya. 

 "Hubungan Indonesia-Prancis telah tumbuh dengan positif lebih dari 73 tahun," ujar Puan. 

Sebagai informasi, Women Speakers' Summit 2024 akan membahas sejumlah isu perempuan yang dibagi menjadi dua forum diskusi. Forum pertama membawa tema "Pendidikan dalam kesetaraan, Kesehatan dan Perjuangan melawan kekerasan terhadap perempuan". 

BACA JUGA:Ratusan Anggota DPR RI Tak Hadir di Rapat Paripurna Hari Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: