Jagung Bakar

Jagung Bakar

--

TERNYATA dari sini: segala macam buah, sayur, dan kurma Saudi Arabia. Dari Buraydah.

Dulu saya suka heran membaca berita: Arab produksi sayur-mayur. Rupanya di sini: di provinsi Qassim ini –Buraydah ibu kotanya.

Memang ada hujan di provinsi ini. Terakhir seminggu sebelum kedatangan saya. Deras. Seminggu sebelumnya lagi tiga hari berturut-turut.

Itu buktinya. Di sana itu. Lihatlah ke kanan jalan. Agak di kejauhan itu: ada genangan air di sana. Luas. Lihat. Lebih dari 100 lapangan sepak bola An-Nassr luasnya. Atau stadion Al Hilal. Saking luasnya sampai terlihat seperti danau. Danau di tengah padang pasir: permukaannya menyilaukan. Sampai harus beli kacamata hitam....

"Dua bulan lagi air itu kering. Jadi seperti itu," ujar si 100 riyal sambil menunjuk tanah basah tidak jauh dari mobilnya.

Itu ternyata bukan danau: hanya air genangan yang tipis. Tidak sampai 30 cm. 

Yang penting ada bukti pernah ada hujan. Hujan itu tidak turun lagi mulai akhir bulan ini. Sampai jumpa November depan.

Musim hujan tiga bulan itu sudah cukup untuk bercocok tanam. 

Toh sekali tanam dengan luas satu hektare hasilnya sama dengan tiga kali tanam dengan luas 0,3 hektare. Komentator yang selalu bertanya soal di mana belajar matematika mungkin bisa mulai belajar berhitung dari Buraydah.

Jangan tanya soal kurma. Provinsi Qassim adalah ''ibu kota'' kurma Saudi Arabia. Kalau Anda beli kurma sesekali lihat bungkusnya: banyak yang tertulis Qassim. Maksudnya dari provinsi ini.

Saya beruntung berhenti di Buraydah. Otak saya lebih banyak isinya. Pandangan saya akan Shada Alabo (萨达阿拉伯) pun berubah.

Tanpa saya sadari Shada Alabo punya daratan yang luas. Yang subur memang lebih sedikit. Tapi sedikit dari sangat luas jatuhnya masih luas.

Anda sudah tahu: daratan Shada Alabo lebih luas dari Indonesia yang luas itu. Nggak percaya? Kurangi lautnya. Jumlahkan tanahnya. Tanah kita lebih kecil dari tanah Arab Saudi.

Kurangi juga tanah kita yang tidak subur. Belum tentu masih bisa lebih luas dari provinsi Qassim.

Yang juga baru: kini Provinsi Qassim menanam gandum. Akan terus dikembangkan. Saya baca rencana itu: Qassim akan jadi eksporter gandum. Insya Allah.

Keesokan harinya saya dapat keterangan dari staf kedutaan besar kita di Riyadh: mulai banyak TKI kita di Qassim yang kerjanya di bidang pertanian. Saya tersenyum mendengar penjelasan itu. Orang Indonesia kerja di bidang pertanian di Arab Saudi. 

Senja hari saya ke supermarket. Beli tomat ceri dan timun kecil-kecil. Untuk makan malam. Tomatnya dua gelas. Timunnya satu bungkus: isi 18 biji. Habis 60 riyal –sekitar Rp 260 ribu Organik. Juga produk lokal.

Sambil jalan pulang ke hotel saya beli jagung bakar. Di pinggir taman. Satu biji 5 riyal. "Beli 10 riyal saya beri tiga," katanya. Tiga jagung bakar Rp 40 ribu. Itu jagung produksi Qassim. Jagung manis.

Penduduk Buraydah lebih setengah juta: kota besar untuk ukuran Arab. Tidak aneh: di dalam kota tidak terlihat pohon. Gersang. Apalagi semua bangunannya warna krem. Mata yang terbiasa menatap warna hijau tiba-tiba harus sering berkedip: sampai harus beli kacamata hitam.

Habis makan malam saya berolahraga. Satu jam. Mandi. Tidur. Ini kota besar. Besok pasti ada kendaraan menuju Riyadh. Pasti ada terminal bus.

Saya juga sudah tahu: ada juga kereta dari Buraydah ke Riyadh. Hanya jadwalnya belum tahu. Gampang. Besok saja. Tidur dulu. Sambil membawa mimpi indah: di TV Buraydah Liverpool baru saja menang dramatik. Entah di TV Anda.(Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 5 Maret 2024: Senyum Muda

yulian yulian
Abah singgah di buraydah, wow.... Sengaja menyesatkan diri ya, nanti di buraydah mestinya harus ada foto "amplop" baru yang "iii" nya banyak, mantapp......ditunggu aja kesahnya, he he he

Jimmy Marta
Senyum istri muda semua pasti paham. Itu artinya hari ini kamu milik saya. Kamu harus buka dompet dan siapkan stamina.. Senyum muda?. Ini sy gak paham...!

Jimmy Marta
Hampir ke semua yg saya kenal, sy selalu beri advis. Jika tak ingin mabuk di bus jangan membaca, jangan menulis, jangan menunduk saat perjalanan. Ini ilmu murni. Asli dari pengalaman. Hebatnya, semua pengamal lmu itu terhindar dari mabuk darat. Percuma minum antimo dan nutup puser jika anda melanggar jangan2 tadi. Itu tak mempan, kalau anda punya traumatis mabuk perjalanan. Kita tentu salut jika abah tak punya pantangan dalam perjalanan. Tak ngaruh dengan goyangan mobil. Tidak pusing. Padahal duduk paling belakang itu termasuk pantangan berikut setelah tiga jangan2 tadi...

Jokosp Sp
Buraidah atau ada yang menyebut Buraydah sudah banyak hotel klas international. Coba kalau boleh perusuh tebak pilihan hotel Abah yang mana, pertimbangannya yang jelas bukan dari jumlah hasil review terbanyak. Dan bukan dari Bintangnya, tapi dari harganya. Ini koentji sederhananya : dari isi dompet yang masih diisi oleh Si Amplop yang ditinggal di hotel lain. Ini urutan tebakannya: 1. Boudi Buruydah Hotel Rp 1.056.576,- - 3,9* 2. West Western Plus Buraidah Rp 1.424.201,- - 4,0* 3. Golden Tulip Buruidah Rp 1.691.793,- - 4,0* 4. Radison Blue Hotel Rp 2.397.341,- - 4,3* 5. Moven Pick Qassim Rp 3.927.030,0 - 4,3*

Jo Neca
Kakek kakek ini pasti yang mengajak nenek2 "melakukan" di pagar berlistrik dekat warung..Hahaha salam sehat mba Fiona..

Fiona Handoko
selamat pagi bp thamrin, bp agus, bp 1301, bp gianto, bp jo, bp djoko dan teman2 rusuhwan. seorang pria berusia 85 th pergi ke dokter untuk memeriksakan kesehatannya. dokter memberikan toples kaca tertutup. dan memintanya untuk kembali besok pagi dengan membaca sampel sperma. keesokan pagi. pria tersebut kembali dengan membawa toples. kosong. dokter bertanya, "kok kosong?" laki laki berusia 85 th itu menjawab. "saya sudah mencoba dengan tangan kanan saya. tangan kiri saya. tidak berhasil. saya minta bantuan istri saya. dia pun mencoba dengan tangan kanannya. tangan kirinya. lalu dengan mulutnya juga hingga giginya tanggal. tetap tidak berhasil. jadi kami minta bantuan ke suzan. tetangga sebelah. dia melakukan hal yg sama. bahkan dia mencoba menjepit di antara pahanya. hasilnya nihil juga. " dokter tertegun." aaanda minta bantuan ke tetangga? " pria berusia 85 th menjawab," ya, karena kami tidak bisa membuka tutup toplesnya. "

ACEP YULIUS HAMDANI
Seperti Abah DI, kita sering merubah tujuan ditengah jalan, entah karena ada hal penting, atau karena hilang pemantauan, sepertinya Abah berubah tujuan karena tidak ada pemantauan(Seperti Panwaslu).

Ahmad Zuhri
Uang tunai terbatas tapi kartu ATM nya tidak terbatas masih biasa, saya jg berani kl nyasar seperti itu.. Kl uang tunai terbatas, ga bawa ATM nah ini lebih seru, lebih dramatis.. tidak semua orang bisa, dan pasti lebih eksklusif lagi tulisan nya.. #kompo

Echa Yeni
Duluu medio 97-99 pernah baca tulisan besar(mural) di tembok pigir jl. Raya T.Galek-T.Agung bunyinya "Kebodohan adalah kemuliaan yg bernasib buruk

djokoLodang
matahari menyentrongkan sinar terkuatnya. Mirip bahasa yg digunakan penyadur cerita silat jaman dulu. Gulak-gulik. artinya ga bisa tidur. ngaco-belo . omon ngawur bererot ... beriringan apa lagi, ya?

ibnuhidayat setyaningrum
Kalau melihat usia Pak Dahlan, seharusnya Beliau dipanggil Abah, Eyang, atau Opung, Kalau melihat cara Pak Dahlan berpetualang, berani berhenti di sebuah kota tanpa rencana dan persiapan, seharusnya dipanggil Mas, Kangmas, Bli, atau yang lain. Kalau melihat kadang Pak Dahlan sering mengagumi cewek cantik dengan 5i, seharusnya Pak Dahlan dipanggil Dhik, atau malah Thole.

Ulik Kopi
Ini untuk komentar kemarin tentang gua Hira. Yang digambarkan jalan setapaknya dibuat oleh perorangan dan terkesan tidak ada perhatian dari otoritas disana. Sekarang situasi sudah berbeda. Belum lama ini lihat di medsos. Jalan naik baru sudah dibuat, lewat Musium Wahyu. Jalannya luas, ada lampu penerang dan kamera. Kalau jalur lama sempit dan menanjak cukup curam. Dan disukai berangkat pagi agar tidak panas tapi agak terang. Kalau jalur yang baru lebih disukai sore. Sama ademnya dan sudah ada lampu jadi tidak takut gelap lagi. Jadi sudah ada pembenahan. Saya lihatnya di yt iday adventurer. Kalau nanti ketemu amplop lagi di Mekah, perangko bisa ijin berpisah lagi, karena tetap mau lewat jalur lama ke gua Hira. Sementara amplop bisa santai lewat jalur baru. Dimana di bangunan Musium Wahyu ada banyak store. Bisa sambil cuci mata.

Jo Neca
Kurang lebih 450 ribu rupiah.Biaya sewa Hyundai..Dengan jarak kurang lebih 50 km adalah harga yang pas.Kemarin dulu saat nganggur aduk semen.Ada bule Os mintai tolong jadi supir sekalian penujuk jalan.Jarak 100km lebih..D max ku pacu lugas diatas jalan bebatuan berpasir berlumpur..Adrenalin tuaku meningkat.Mengingatkan masa senyum muda..Selepas magrib tiba kembali ke kota.Supir tua bertanya.Nginap di mana.Di hotel anu.Jawab si bule.Senyum tuaku tersimpul.Wes aku kembali pulang dengan uang sewa di kantong.Tanpa menjawab tawaran si bule untuk nginap.Pelukan istri ku jelas jauh lebih heboh eh lebih hangat...Dari anda sudah tahu..Ini senyum tua bukan senyum muda.

Liam Then
Bergelombang, karena batunya dimakan. Ada spesies pemakan batu di Indonesia. Spesies ini meskipun bukan endemik Indonesia, perkembangannya di luar negeri, khususnya anggota G20 ,sudah berangsur punah. Hanya di Indonesia mereka bisa bertahan, turun temurun, entah apa dan bagaimana cara mereka melestarikan ilmu wasiat pemakan batu, lihai sekali spesies ini mengembangkan teknologi mereka. Awalnya makan batu, makin kesini, variasi ilmu, kecepatan perkembangannya, bahkan kalahkan laku perkembangan teknologi hape, 2G,3G ,- 6G. Ilmu pemakan batu spesies ini, telah berkembang , menjadi ilmu pemakan bansos, pemakan kitab suci, pemakan sapi, pemakan tower telekomunikasi, pemakan benur udang, pemakan sistem komputer, bahkan KTP juga dimakan, pemakan pajak, pemakan tanah, pemakan segala. Ini kalo di Kho Ping Ho, ada ilmu serupa ...."Thi Khi I Beng" namanya, ilmu tenaga dalam seng ada kawan, bisa menyedot tenaga dalam semua lawan. Lah kok gitu, ya lihat aja. Ilmu spesies ini, menyedot uang semua orang.

Lagarenze 1301
Naik bus terlama dalam kehidupan saya, setidaknya sampai hari ini, adalah 24 jam. Rute Kota Pontianak-Brunei Darussalam. Waktu itu menjelang Lebaran. Ada waktu libur sepekan. Karena penasaran ingin melihat Istana Nurul Iman dan bertemu Sultan Hassanal Bolkiah, jadilah saya naked traveller. Ada beberapa perusahaan otobus di Pontianak yang melayani rute ke Brunei. Tapi, saya memilih Damri. Tarifnya, waktu itu, Rp 400 ribu sekali jalan. Ketika itu, jalan di wilayah Sanggau menuju perbatasan Entikong, aduh, ampun-ampun. Naik bus tapi serasa naik kapal diterjang ombak. (Sekarang kabarnya jalan sudah mulus. Waktu tempuh jadi lebih singkat.) Setelah bus melewati perbatasan Entikong, masuk ke wilayah Serian di Malaysia, wow, jalan begitu mulus. Sampai di Brunei pun tak ada jalan rusak. Tadinya saya kira bus akan masuk ke terminal Kuching di Malaysia. Ternyata bablas ke Sungai Tujuh (perbatasan Malaysia dan Brunei) lalu ke Bandar Seri Begawan. Bus hanya singgah di rest area. Naik bus 24 jam terbayar dengan keberhasilan Salat Id di masjid mewah yang memiliki menara marmer dan kubah emas, Masjid Omar Ali Saifuddien. Misi menghadiri open house di Istana Nurul Iman pun sukses. Bersalaman dengan Sultan Hassanal Bolkiah, istri, dan anak-anaknya. Dapat sekotak cendera mata, antara lain isinya cokelat. Saya sempat melihat-lihat beberapa galery. Tapi, tak sampai melihat koleksi mobil mewahnya. Apalagi, harem-nya Jefry Bolkiah.*

Jo Neca
Kalau tentara paman emcha..Tanah itu akan ngaku di tanami apa setelah babak belur di gebuki..

Lagarenze 1301
Santai sejenak. Seorang pria Arab yang sudah tua tinggal di dekat Kota New York selama lebih dari 40 tahun. Dia ingin sekali menanam kentang di kebun belakang rumahnya, tapi dia sendirian, tua, dan lemah. Putranya sedang bekerja di sebuah perusahaan di Iran, jadi lelaki tua itu mengiriminya email. Ia menjelaskan masalahnya: “Anakku yang terkasih, aku sangat sedih, karena aku tidak bisa menanam kentang di kebun kita. Aku yakin, jika saja kamu ada di sini, kamu akan mencangkul kebun untukku. Aku sayang kamu, Ayahmu." Keesokan harinya, lelaki tua itu menerima email tanggapan dari putranya: "Ayah terkasih, tolong jangan sentuh kebun itu. Di situ aku menyembunyikan 'sesuatu' yang sangat rahasia, yang sangat penting untuk negara leluhur kita. Aku juga mencintaimu, Ahmed." Entah apa yang terjadi, tiba-tiba pada pukul 4 sore Angkatan Darat AS, Marinir, FBI, CIA, dan Rangers berdatangan rumah lelaki tua itu, menggali seluruh kebun, mencari setiap jengkal, tetapi tidak menemukan apa pun. Dengan kecewa, mereka meninggalkan rumah. Sehari kemudian, lelaki tua itu menerima email lagi dari putranya. "Ayah tercinta, kuharap kebunnya sudah digali sekarang dan Ayah bisa menanam kentang. Hanya itu yang bisa aku lakukan untukmu dari sini. Aku mencintaimu, Ahmed."

Jokosp Sp
Warfirlu illallah : lari mengejar kematian dan lari mengejar berubahnya pikirian. 'Asrae - Bisurea artinya bergegas. Abah tentunya sedang mengejar berubahnya pikiran.

thamrindahlan
Kelapa muda Dogan namanya/ Senyum muda menggoda anda/ Jangan sampai "perangko" curiga/ Bisa ruwet urusan rumah tangga/

Amat K.
Jadi ada yang ngaku sebagai prangko, Pak. Kira2 prangko jenis apa ya? Ckckckck Tapi prangko yang ini syuka melepaskan diri dari amplopnya. Gimana sih. Oo saya baru ingat, prangko old. Wajar perekatnya mudah lepas. Wkwkwkwk

Jokosp Sp
Pegang istri setelah wudlu batal nggak?. "Ya batal lah Pak Kiai. Dulu diajarkannya kan begitu". Itu kata mazhab Safi'i kan?. "Benar Kiai, saya masih ingat". Kalau tawaf kenapa diperbolehkan pegang istri?. "Ah Pak Kiai pertanyaanya sulit amat", ( maaf ya Kang@Amat ). Dibolehkan (dihalalkan) karena kalau tidak dipegang istrimu bisa hilang, atau malah kamu pegang istri orang lain. Bukannya istrimu lebih kecil dari wanita arab yang lebih cantik?. Bahkan bisa keinjak-injak?. Saya sih membenarkan Pak Kiai. Kalau Pak DI pegang atau dilepas?.

Kang Sabarikhlas
udah 5 hari ini saya ndak komen sebab 'kalah takut' salah komen, lha wong saya belum pernah Umroh. Saya baca catatan Abah Umroh sejak zaman kertas sampai kini zaman beras, jelasnya sejak zaman kertas cd/koran putih sampai kini zaman beras SPHP putih-lumayan-murah-antri dan difoto...duh. Baca catatan Abah, saya berharap bisa tahu cara Umroh yang khusuk nikmat, sat-set ndak ribet, nyatanya ndak pernah ada peta jalur Umroh perjalanan Abah. Meski cerita ada banyak jendela, tapi bukan 'jendela dunia' Umroh. Saya goblik + tambah bingung saat cerita perjalanan Umroh lha kok bisa ada Gibran, Bu Khofifah juga sebelumnya ada Pak Mahfud.? saya bayangkan umpama Abah jadi guru ips lalu dikelas cerita sejarah Gajahmada baru sebentar belok ke cerita tentang Ken Dedes panjangxlebar+5i...saya sebagai murid goblik tambah nemen goblik. Apa Abah ndak tahu? biasanya kan Anda Sudah Tahu, bahwa seorang perusuh bisa 'sutris', bisa saja saya kayak perusuh Madison Madison, saya ganti nama Madosin Madosin, 'madosin sinten' : "Madosin guru ips sd/sma dimana?..lho..bingung kan! Mungkin Abah dulu sewaktu muda kelamaan kos bareng remy silado juga Ki Enthus....duh. Anu, saya besok mau nemui Pak Yasin yang dinas di Depag...beliau kan Amirul Hajj pasti bisa jelaskan detilnya, ndak kayak Abah klinong²..

tiviboxsaya android
Anda pembeli tiket terakhir. Saya lihat lembaran tiket : kursi nomor 49. Bisa ditebak bus yang ditumpangi Abah pakai formasi kursi 2 - 2. Kiri dan kanan dibatasi lorong. Ada 11 baris kursi penumpang dengan formasi demikian. Baris ke-12 saja yang isinya 5 kursi. Dan kursi no. 49 itu pojok kanan paling belakang. Itu kalau menurut penomoran kursi bus di Indonesia. Tapi jika dilhat foto ilustrasi di atas, kok tidak ada toiletnya? Padahal bisa 12 jam perjalanan ke kota tujuan . Bagaimana kalau kebelet.......

Jokosp Sp
Pak Kiai ketemu jamaah umrah orang asli Gunung Kidul pas di depan Ka'bah. Dikira Kiai orang itu lagi wiridan, ternyata kedengaran lirih "Bah Ka'bah.....mulai kecil aku selalu menghadapmu, ternyata baru kali ini bisa ketemu sama kamu". Menurut penuturan Kiai ke para jamaah yang ketika dalam ruangan "itu wiridan terbaik kata Si Ka'bah". "Dan jadi catatan terbaiknya di syurga nanti". Alhamdullillah...... kami minta pengampunanmu ya Allah.

thamrindahlan
Tol = Tax on location. Terjemahan bebas perusuh Pajak dirujak pembajak ekonomi negeri menjadi rusak

Liam Then
Tentang Tol : Orang Italia : "pemerintah kami, tol sangat bagus, kemana saja bisa !!" Orang Jerman dan Arab : "Cuma gitu aja, pemerintah kami sangat bagus tempat kami tak perlu ada gerbang tol kemana aja bisa" Orang Indonesia : "Pemerintah kami, meskipun kalah bagus, tapi kayaknya yang paling perhatian, tol kami tak panjang, tapi kami sering dihentikan dibanyak gerbang, untuk cek apakah uang kami masih ada"

Herman Romantika
Senyum orang muda yang misterius dan tampaknya sudah mengerti dan faham maksudnya. Patut diduga Abah mempunyai teman lagi yang masih muda usianya ..

thamrindahlan
Pilih direbus atau di sangriah/ Hemat Enerji hemat uang/ Naik bus pilih duduk ditengah/ Bebas gonjangan bebas kehilangan/

Liam Then
Saya pilih lagu "Lagu Kisah Kasih Di Sekolah" punyanya Obbie Messakh . Yang liriknya "malu aku malu pada semut merah" itu. Ini lagu gampang, saya memang sering malu sendiri sama semut, ketauan sering curi intip mahluk yang saya anggap i semua. Pas di panggung....oh may god ....rame sekali...sekujur badan beku, lidahpun kelu.....petugas laser discnya....sibuk kasih kode pakai kedipan mata dan lambaian tangan....."boy, intro sudah mulai" .... Hari itu, saya malu, tak hanya sama semut, malunya keingat seumur hidup.... Gara-gara cinta pada mahluk yang saya anggap i semua....kebawa diri sampai keatas panggung, dan menanggung malu.... Duh...kalah dah Obbie Messakh....dia malunya cuma sama semut. Saya malunya sama satu sekolahan, dari kepala sekolah,sampai ketua OSIS, jangan -jangan, satpam gerbang sekolah pun hadir hari itu. Dasar mahluk I semua....memang bikin masalah.

Liam Then
Burung kicau pandai nyanyi panjang di kontes : disebut gacor. Orang hobi komen panjang: istilahnya nggacor... Tak mungkinlah saya nggacor disamping Pak Boss...itu amplop sakti saja , ngacir ditinggal. Lagipula saya 100% pasti ""starstruck" kalo disuruh nggacor beneran secara lisan depan Pak Boss. Lah ilmunya dari dia semua. Saya ingat dulu lomba karaoke di SMA, karena terkenal didalam kelas dulu waktu disuruh maju kedepan nyanyi, lagunya Stevie B, saya ingat setelan tatapan mata saya waktu itu, lagu ini sudah ratusan kali saya "rehearsal" di kamar mandi. Punyanya Stevie B..."wheennnn dreeeemm about you...that's when everything alright" .....duh....nyess rasanya, bisa ungkapin langsung, saking menjiwai, saya jadi dianggap pinter nyanyi, dipilih ikut lomba karaoke antar kelas. Waktu itu ada yang saya taksir, senyumnya ngademin. Meskipun banyak teman protes bukan 5i, bagi saya itu mahluk, keliatannya i besar semua, apalagi waktu senyum, jangankan senyum, pager rumahnya saja, keliatannya sudah dekat 7i. Apalagi orangnya. Benarlah orang bilang, cinta itu bisa bikin mata masalah. Cuma saya tak mau ikutan sama orang yang cinta itu bisa bikin tarik kucing rasa coklat, jujur saya kasihan sama orang tersebut, keblinger sama cinta, sampai tarik kucing pun dimakan. Saya sih ngga...sorii yeeee..... Malah mlintir ke taik kucing, eh cinta, lanjut cerita kontes karaoke, setelah tiga hari numpang rumah temen yang punya "laser disc" ,piring VCD besar itu.

Lagarenze 1301
Perusahaan publik yang sedang sekarat berganti-ganti CEO. Terbaru, seorang CEO direkrut. CEO sebelumnya yang mengundurkan diri, bertemu dengannya secara pribadi dan memberikan tiga amplop bernomor. “Bukalah ini jika kamu menemui masalah serius,” katanya. Tiga bulan kemudian, penjualan dan keuntungan masih minus. CEO baru mendapat banyak sorotan. Ia mulai panik tapi kemudian ingat amplopnya. Ia pun membuka lacinya dan mengeluarkan amplop pertama. Pesannya berbunyi: “Salahkan pendahulu Anda.” CEO baru itu mengadakan konferensi pers dan menjelaskan bahwa CEO sebelumnya telah meninggalkan perusahaa  dalam kekacauan yang nyata dan membutuhkan waktu lebih lama untuk memperbaikinya, namun semuanya berada di jalur yang benar. Puas dengan komentarnya, pers dan pemegang saham merespons positif. Tiga bulan berikutnya berlalu dan perusahaan terus berjuang tertatih-tatih. Belajar dari pengalaman sebelumnya, CEO segera membuka amplop kedua. Pesannya berbunyi, “Atur Ulang.” Jadi, dia memecat orang-orang penting, mengonsolidasikan divisi-divisi, dan memangkas biaya semampunya. Pers memuji usahanya. Pemegang saham memberi jempol. Tiga bulan berlalu lagi dan perusahaan belum juga meraih laba. Pemegang saham mulai kasak-kusuk. CEO pergi ke kantornya, menutup pintu, dan membuka amplop ketiga. Pesan itu berbunyi: “Siapkan tiga amplop.”

Handoko Luwanto
03:44:21pm WIB 140Komen=74utama+66REPLY dari 46Prusuh ♢Urutan↕Komen➜Nama Time ∇140. u➜Guslurah 1m "Sy berkeyakinan akan bisa log in..." ∇137↓u➜Lagarenze 1301 39m "Perusahaan publik yang sedang se..." ∇133↓u➜Liam Then 1j "Burung kicau pandai nyanyi panja..." △134↓R→Liam Then 1j "Saya pilih lagu "Lagu Kisah..." ∇127↓u➜Udin Salemo 1j "#everyday_berpantun dek ulah ..." ∇126↑u➜thamrindahlan 1j "Pilih direbus atau di sangriah/ ..." ∇125↑u➜Herman Romantika 1j "Senyum orang muda yang misterius..." ∇123↓u➜Ⓤⓓⓘⓝ Ⓢⓐⓛⓔⓜⓞ 1j "yes yes..." ₪₪₪₪§|(ΞΞΞΞΞΞΞΞΞΞΞΞΞΞΞΞ> 123

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 250

  • didik sudjarwo
    didik sudjarwo
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Liam Then
      Liam Then
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Afa
      Afa
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Ummi Hilal
    Ummi Hilal
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • bitrik sulaiman
      bitrik sulaiman
  • DeniK
    DeniK
    • Afa
      Afa
    • Afa
      Afa
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Wilwa
    Wilwa
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • DeniK
      DeniK
  • Liam Then
    Liam Then
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Wilwa
      Wilwa
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Liam Then
      Liam Then
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
  • Liam Then
    Liam Then
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Liam Then
    Liam Then
  • Rihlatul Ulfa
    Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • yea aina
      yea aina
  • yea aina
    yea aina
  • Parikesit
    Parikesit
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
    • Parikesit
      Parikesit
    • Parikesit
      Parikesit
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Afa
      Afa
  • Muh Nursalim
    Muh Nursalim
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Shaziqzuyfoundation
    Shaziqzuyfoundation
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Dasar Goblik
    Dasar Goblik
    • Shaziqzuyfoundation
      Shaziqzuyfoundation
  • Fra Wijaya
    Fra Wijaya
  • Parikesit
    Parikesit
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
    • Parikesit
      Parikesit
    • Parikesit
      Parikesit
  • Nimas Mumtazah
    Nimas Mumtazah
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Parikesit
      Parikesit
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • alasroban
    alasroban
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • DeniK
    DeniK
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Ardi Suhamto
    Ardi Suhamto
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • Amat K.
      Amat K.
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Amat K.
      Amat K.
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Parikesit
    Parikesit
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Parikesit
      Parikesit
  • Ponsel Pro
    Ponsel Pro
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • tiviboxsaya android
      tiviboxsaya android
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Sumartan
      Sumartan
  • Asep Sumpena
    Asep Sumpena
    • Asep Sumpena
      Asep Sumpena
    • Liam Then
      Liam Then
    • Asep Sumpena
      Asep Sumpena
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Parikesit
      Parikesit
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Harminto Andi
      Harminto Andi
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Amat K.
      Amat K.
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • tiviboxsaya android
      tiviboxsaya android
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
    • Afa
      Afa
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • tiviboxsaya android
    tiviboxsaya android
  • Warung Faiz
    Warung Faiz
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • tiviboxsaya android
      tiviboxsaya android
    • tiviboxsaya android
      tiviboxsaya android
    • Warung Faiz
      Warung Faiz
    • Warung Faiz
      Warung Faiz
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Nimas Mumtazah
    Nimas Mumtazah
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Harminto Andi
    Harminto Andi
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Alon Masz Eh
    Alon Masz Eh
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
  • Alon Masz Eh
    Alon Masz Eh
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • tiviboxsaya android
    tiviboxsaya android
    • Warung Faiz
      Warung Faiz
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Alon Masz Eh
    Alon Masz Eh
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • rid kc
    rid kc
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • yulian yulian
    yulian yulian
  • yulian yulian
    yulian yulian
  • Eyang Sabar56
    Eyang Sabar56
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • yoming AFuadi
    yoming AFuadi
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Four Birds
    Four Birds
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
  • DeniK
    DeniK
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • Pedro Patran
    Pedro Patran
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Gianto Kwee
    Gianto Kwee
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin