Jokowi Serukan Gencatan Senjata di Gaza di KTT ASEAN-Australia

Jokowi Serukan Gencatan Senjata di Gaza di KTT ASEAN-Australia

Presiden Jokowi menyampaikan pidato di KTT ASEAN-Australia, dalam pidatonya, Jokowi menyuarakan penghentian genosida di Jalur Gaza.-Dok. Setpres-

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Jokowi menyampaikan pidato di KTT ASEAN-Australia, dalam pidatonya, Jokowi menyuarakan penghentian genosida di Jalur Gaza.

Hal tersebut disampaikan dalam sesi kedua KTT yang mengangkat tema “Our Vision for the Region and Addressing Shared Challenges”.

Dalam sesi tersebut, Presiden Jokowi menjelaskan terkait pentingnya negara-negara ASEAN dan Australia terus menghormati hukum internasional.

BACA JUGA:Beredar Video Immanuel Ebenezer dengan Deddy Sitorus Dari Debat Hingga Nyaris Baku Hantam: Lu Pikir Gua Takut!

BACA JUGA:Permainan IUP Tambang oleh Kementerian Investasi Diungkap NCW: Dicabut dan Transaksi Bawah Tangan

Dalam sesi tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan 3 hal.

“Pertama, Rule based order harus ditegakkan tanpa standar ganda, dan tidak boleh ada negara yang di atas hukum,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya, Rabu, 6 Maret 2024.

Yang kedua, lanjut Retno, spirit dan paradigma kolaborasi harus terus diperkokoh agar tidak terjadi trust deficit. Di sini kerja sama yang sifatnya inklusif sangat penting agar tercipta strategic trust.

Presiden juga harapkan Australia dapat jadi jembatan kerja sama ASEAN dengan PIF dan juga dengan IORA.

BACA JUGA:Pemesanan Tiket KA Lebaran 2024 Tembus 1 Juta Kursi, KAI Sediakan Kereta Tambahan

BACA JUGA:Carlo Ancelotti Terancam 4 Tahun Penjara, Manager Real Madrid Dituduh Menghindari Pajak Rp17 Milyar

"Hal ketiga yang disampaikan bapak presiden adalah solidaritas terhadap Palestina dan seruan untuk hentikan genosida di Gaza. Di sini Presiden kembali menekankan pentingnya gencatan senjata dan ajakan untuk terus memberikan dukungan kepada UNRWA, dan pentingnya two state solution," ungkapnya.

Sementara itu, kata Retno, terkait situasi geopolitik, Presiden Jokowi mendorong ASEAN dan Australia terus memperkuat semangat dan paradigma kerja sama agar tidak terjadi penurunan kepercayaan.

“Kerja sama yang sifatnya inklusif sangat penting agar tercipta strategic trust. Presiden juga berharap Australia dapat menjadi jembatan kerja sama ASEAN dengan PIF (Forum Negara-negara Kepulauan Pasifik) dan dengan IORA (Asosiasi Negara-negara Lingkar Samudera Hindia),” tutur Retno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: