Gembira Bahagia

Gembira Bahagia

Dokter Ryu Hasan atau Roslan Yusni Hasan-Instagram @ryuhasan-

RYU HASAN pernah melakukan penelitian IQ di Kediri. Hasilnya: IQ mereka rata-rata 109. Kediri dan sekitarnya.

Harusnya kian tahun rata-rata IQ itu naik. Ini justru turun. Rata-rata IQ kita kini hanya 78,4. 

Memang belum tentu itu pertanda menurun. Bisa saja Kediri dan sekitarnya lebih tinggi dari rerata Indonesia.

Yang jelas Ryu prihatin dengan itu. Menurut Ryu, saat itu, Kediri harusnya sudah bisa menggambarkan rerata Indonesia.

Mengapa IQ menjadi hanya 78,4?

Menurut Ryu itu bisa akibat pembicaraan sehari-hari di lingkungan keluarga. Juga di lingkungan sekolah. Pembicaraan lebih banyak bukan soal ilmiah. Lebih banyak soal dogmatis. 

BACA JUGA:Aliran Sesat

BACA JUGA:Salat Diskon

Ryu lagi di Tokyo. Sudah lebih 20 tahun ia tinggal di Jepang. Ia dokter ahli bedah saraf yang bekerja di lembaga internasional di Tokyo. Juga seorang ilmuwan sistem kerja otak.

Bagaimana masa depan ilmu?

"Science tidak peduli masa depan. Ilmu itu bebas dari nilai," katanya. "Masa depan ilmu tergantung manusia. Kalau manusia punah barulah ilmu punah," tambahnya.

Sepanjang ada manusia, ilmu berkembang terus. Kalau tidak di sini, di tempat lain. Tergantung di mana iklim keilmuan bisa berkembang.

Saya pun tidak jadi bertanya tentang yang saya janjikan di Disway sekian tahun lalu: kalau bertemu lagi dengan Ryu akan bertanya soal gejala khusyu' dalam salat. Apakah itu gejala agama atau psikologi.

"Semua yang dilakukan manusia datang dari otak," katanya. Satu-satunya yang belum bisa diuraikan secara rinci, katanya, adalah soal kesadaran.

Kalau soal datangnya emosi algoritma di otak sudah bisa diketahui. Pun soal perasaan. Dan khayalan. Yang dulu dianggap misteri sudah bisa jelas hitungan algoritmanya. "Tinggal soal perasaan saja yang belum diketahui secara rinci," katanya.

Karena itu kini juga sudah bisa dirinci perbedaan antara gembira dan bahagia. "Rasa gembira itu muncul ketika ada pihak lain yang menderita. MU mengalahkan Everton itu gembira," katanya.

Bisa beli mobil itu gembira karena banyak yang tidak mampu beli mobil. "Bahagia itu kegembiraan yang datang bukan karena ada pihak lain yang susah. Karena itu tingkat kebahagiaan orang Finlandia lebih tinggi," katanya.

BACA JUGA:Perangko Lelap

BACA JUGA:Loncatan Saud

Ryu cucu salah satu pendiri NU: ulama kelas langitan dari Jombang, KH Wahab Chasbullah. Masa kecil Ryu di Riyadh. Bahasa utamanya Arab. Ketika pindah ke Bagdad, Iraq, ia bisa bicara bahasa Parsi. Dan ketika pindah ke Lebanon ia mempelajari bahasa Ibrani.

Waktu kecil Ryu merasa terbuang dari lingkungan. Ia anak autis. Ia mengaku mulai ''dewasa'' ketika bisa 'tidak mengatakan semua yang ingin dikatakan'. Juga: ''bisa tidak melakukan semua yang ingin dilakukan''.

Anak autis selalu mengatakan apa pun yang ingin dikatakan. Juga melakukan apa pun yang ingin dilakukan. Karena itulah anak autis tidak bisa diterima oleh lingkungan.

"Untuk bisa bekerja secara tim ternyata orang harus bisa menyimpan sebagian yang sebenarnya ingin dikatakan," katanya pada saya di suatu ketika.

Ryu punya dua orang anak. Saya pun, kemarin, bertanya: apakah anaknya juga autis. "Autis ringan. Mild," katanya.

Ilmu, menurut Ryu berbeda dengan pengetahuan. Ilmu itu harus logis. Harus ada hitung-hitungannya.

Ilmu tidak peduli apakah orang percaya hasil hitungan itu atau tidak. "Ilmu tidak peduli kalau ada yang tidak percaya 2x2 itu 4," katanya. 

Maka dalam seminar Mitokondria kemarin itu ditanyakan juga soal Isa/Yesus yang tidak punya ayah. Juga soal posisi keyakinan dalam otak. "Keyakinan itu bukan ilmu, jadi tidak usah dibahas," katanya.

Dengan IQ 78,4, kata Ryu, sulit diharapkan bicara ilmiah. "Dengan IQ di bawah seratus saja masih sulit. Apalagi hanya 78,4," katanya.

Misalnya untuk bisa bicara tentang manusia. Itu harus bicara soal biologi. "Biologi hanya bisa dipahami oleh yang mengerti kimia. Kimia bisa dipahami dari fisika. Itu diperlukan IQ di atas 100," kata Ryu.

Semua makhluk hidup sekarang ini berbasis karbon. Karbon makan karbon. "Harimau memakan kambing dianggap binatang buas. Manusia itu memakan apa pun yang berbasis karbon. Melebihi harimau.  Tidak dianggap buas," guraunya. "Padahal secara struktur manusia itu dengan mentimun sama. Sama-sama berbasis karbon," tambahnya.

Tokyo sudah hampir jam 00.00. Saya minta diskusi ditutup. Sebagin peserta harus bangun lagi lima jam kemudian: makan sahur pertama puasa tahun ini. (DAHLAN ISKAN)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan Edisi 12 Maret 2024: Aliran Sesat

Afa

( bagian 2/2) Timbul 2 masalah. Jumlah karyawan dan eksploitasi (kapitalistik). Padahal gaji karyawan di 傻子瓜子 = 90 yuan sebulan. 3x lipat gaji seorang pegawai negeri saat itu. Kontroversi si Biji Melon Bego pun merembet dari Anhui sampai ke Pusat. Untung saat itu 邓小平 Dèng Xiǎopíng yang berkuasa. Beliau menjawab dengan pertanyaan retorika: Kita lihat saja nanti, apakah dengan kita menunggu 2 tahun akan merugikan sosialisme? Setelah itu aturan-aturan mulai di amandemen. Disesuaikan. Berpatokan pada 3 manfaat. Sekarang jadilah Tiongkok negara penganut sistem komunis beraliran sesat.

Em Ha

Komentar @LiamThen Komentar Super. Sangat mengena. Pejabat hilir mudik luar negeri. Sia sia. Kebijakan dan programnya miskin solusi.

Rizal Falih

Dalam salah satu video di Youtube, dr. Ryu Hasan mengatakan bahwa kunci kesuksesan adalah kebetulan, bukan kerja keras. Dalam video itu, dr. Ryu Hasan meyampaikan: "Banyak orang-orang bilang kerja keras itu kunci kesuksesan. Tapi, apa benar seperti itu? Coba lihat kenyataan, dari 100 orang yang kerja keras, cuma dua orang yang berhasil. Artinya, kerja keras bukan kunci, karena cuma dua persen orang yang sukses". "Para motivator mungkin mudah saja mengatakan bahwa kerja keras adalah kunci sukses, tetapi apakah mereka tidak menyadari bahwa banyak orang yang tidak sukses juga bekerja keras, bahkan lebih keras bahkan dari mereka yang sukses?”. “Kunci sukses yang sebenarnya adalah kebetulan, bukan usaha atau perjuangan. Ini adalah pendapat yang kontroversial, tetapi saya yakin banyak orang yang setuju dengan saya,”. “Kalau kerja keras adalah kunci sukses, berarti orang-orang yang tidak sukses itu tidak bekerja keras? Padahal, banyak orang yang bekerja keras tapi tetap hidup susah. Apakah mereka salah? Apakah mereka kurang berusaha? Apakah mereka tidak pantas mendapatkan kesuksesan?” demikiam pertanyaan dr. Ryu Hasan. Menurut saya, yang bisa menilai sukses atau tidaknya adalah diri sendiri. Tergantung takaran mana yang akan digunakan. Sukses menurut orang lain belum tentu sukses buat yang menjalani. Contoh yang sedang hot si media sosial kisah hidup mantan kiper timnas Kurnia Mega. Dulu saya menganggap beliau adalah atlet yang sukses. Tetapi....

Lagarenze 1301

"...manusia itu dengan timun sebenarnya sama saja." Timun di bulan Ramadan sangat bermanfaat. Enak dan segar untuk berbuka puasa. Itu timun suri. Kenapa dinamakan timun suri? Mungkin karena warna dan bentuknya yang berbeda dengan timun biasanya. Seperti permaisuri dengan istri kebanyakan. FUN FACT: timun suri sebenarnya bukan keluarga timun (Cucumis sativus). Ia lebih tepat disebut melon (Cucumis melo). Apa buktinya? Dr Budi Setiadi Daryono MAgr Sc1 dan Charisma Eko Wicaksono SSi pernah melakukan riset kecil-kecilan di Lab Genetika Fakultas Biologi UGM Yogyakarta, hingga kemudian merilis "bukti ilmiah di balik nama timun suri". Jumlah kromosom diploid timun dan melon berbeda, yaitu timun 2n=14 sedangkan melon 2n=24. Hasil riset menunjukkan, jumlah kromosom diploid timun suri adalah 24. Jumlah kromosom inti selnya juga 2x= 2n = 24, sama dengan semua anggota Cucumis lainnya, kecuali mentimun yang 2x = 2n = 14. Jadi, haruskan timun suri diubah namanya menjadi melon suri? Kedua peneliti tidak bermaksud begitu. Mereka paham dengan kearifan lokal dalam masyarakat dalam pemberian nama. Aduuhhh, kok bikin komen mengutip hasil riset, 'kan bikin tambah lemes di saat lapar. Ya, maaf. Yang nggak bikin lemas itu kalau nulis komen berisi cerita soal janda yang tidak akan percaya lagi pada si timun, setelah keluar dari tempat praktik dokter. Ups, stop, ini bulan puasa. :) :)

papah SETNOV

Tiongkok makmur karena surplus ekspor manufakturnya, tentu peran diaspora tiongkok yang tinggal di negara non komunis besar disini. tapi sayangnya akhir akhir ini tiongkok melupakan prinsip Pelanggan adalah raja, tiongkok coba cawe cawe di konflik russia ukraina dan israel palestina. Mungkin karena sudah kaya dan merasa negara terkuat(which is statistically true) jadi starsyndrome. sehingga negara barat mencoba menguji kekuatan ekonomi tiongkok dengan berbagai macam pengetatan impor dari tiongkok dan mengalihkan invesatasnya ke negara lain. sejauh ini baru deflasi dan jatuhnya indeks saham gabungan tiongkok yang saya lihat.

ikhwan guru sejarah

Kalau sampai gak mau menyekolahkan anak gara-gara pelajaran agama saya kira harus dipikirkan masak2. Pengalaman saya sebagai seorang guru, pelajaran agama itu penting, apapun agamanya. Pengalaman menangani permasalahan siswa, rata-rata krn pemahaman agama siswa dan tradisi agama di keluarganya kurang. Biasanya yg menganut paham kebebasan dari rumahnya hampir pasti bermasalah di sekolah. Maka ketika seleksi calon siswa, saya berusaha menggali nilai-nilai apa yg dipegang di keluarganya, karena sangat penting bagi pengembangan studinya nanti.

Lagarenze 1301

@ryuhasan: Onok arek meduro numpak bis soson, bis e wes mlaku arek e munggah nang tingkat loro, sampek ndukor langsung modon ambek bengok2 : “bahaya ojok numpak seng ndokkor, seng ndokkor gaonok supir e”. guyonane arek suroboyo taon wolongpolo. (11.09 AM. 9 Mar 2024). @Okahida: Onok arek sby tuku semangka nang arek meduro...jare semangka manis tanpa biji... tuku 5, bar dibuka akeh wijine.. pas komplen, arek medurone mbales "lho sampeyan iki tuku semongko tak bonusi kuaci gak gelem...goblok sampeyan". Guyonane arek suroboyo mboh taun piro.... (12.08 PM. 9 Mar 2024).

Wilwa

Kadang saya menduga bahwa konsep atau atau budaya atau ideologi Madya atau Middle atau Tengah itu khas Tiongkok dan Asia Tenggara pada umumnya. Tak suka dengan segala sesuatu yang ekstrem baik kiri maupun kanan. Bli Leong Putu mungkin bisa menjelaskan bagaimana Dewa Siwa ditempatkan di tengah di antara 9 Dewa yang dipercayai menjaga pulau Bali. 8 Dewa menempati salah satu mata angin namun Dewa Siwa menempati bagian Tengah.

Fa Za

Kebenaran hanyalah apa yg dianggap benar oleh kelompok masing-masing. Antar kelompok yg berbeda akan saling klaim kebenaran. Orang bijak akan mengambil jalan tengah dgn sintesa beberapa pandangan. Namun bagi radikal, cara sintesa adalah bid'ah dan sesat. Pada akhirnya semua akan mengklaim kebenarannya sendiri, termasuk kelompok yg mengaku moderat.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

HUMOR POLITIK UNI SOVYET MASA LALU.. Sebuah kereta api yang tengah melaju menyusuri Rusia terpaksa berhenti di suatu jalur karena rel belum dipasang. Kekanjutannya TERFANTUNG dari SIAPA yang NAIK kereta tersebut - sesuai REVISI IDEOLOGI yang PERNAH dicanangkannya. Misal: 1). LENIN. Misal penumpang kereta itu adalah Lenin, maka Lenin akan mengumumkan penambahan hari kerja untuk memasang rel baru. 2). STALIN. Jika Stalin, maka Stalin akan memerintahkan hukuman mati bagi semua penduduk dalam radius 50 km. Lalu memerintahkan para tahanan untuk memasang rel baru. 3). KRUSCHEV. Krushcev akan membongkar rel di BELAKANG kereta. Untuk dipasang di DI DEPAN kereta. 4) BREZHEV. Brezhnev akan memerintahkan agar semua jendela kereta ditutup dan kereta berjalan maju mundur. 5). GORBACHEV. Gorbachev akan keluar dari kereta dan berteriak: "Tidak ada rel!". ### "DILARANG KETAWA". "Mengapa..?" "INI KAN NEGARA KOMUNIS.. DI NEGARA KOMUNIS KETAWA ITU DILARANG..". "Kalau pingin ketawa bagaimana?" "MINTA IJIN DULU.."

Mora Edu Indonesia

Orang pintar tahu berkata apa, orang bijak tahu boleh berkata atau tidak

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

SEORANG WARTAWAN AMERIKA MEWAWANCARAI SEORANG DEDENGKOT KOMUNISME.. TANYA: Apa yang dimaksud dengan diperbolehkan dan dilarang? JAWAB: Tergantung di mana terjadinya. 1). Di Inggris, apa yang diperbolehkan, diperbolehkan, dan apa yang dilarang, dilarang. 2) Di Amerika, semuanya diperbolehkan kecuali yang dilarang. 3). Di Jerman, semuanya dilarang kecuali yang diperbolehkan. 4) Di Perancis, semuanya diperbolehkan, bahkan termasuk yang dilarang. 5). Di Uni Soviet semuanya dilarang, bahkan termasuk yang diperbolehkan. ### "Kalau begitu saya akan menetap di Indonesia saja..

Mora Edu Indonesia

Bagi jamaah Jumat mendengar khatib berceramah itu hukumnya wajib, sy sering melihat jamaah yg telat melakukan shalat sunnah tahyatul masjid. Begitulah yg sering sy lihat, kita lebih mewajibkan yg sunnah dan mensunnahkan yg diwajibkan pd kita. Bagi perokok, membeli rokok yg harganya bisa 1 jutaan/bl itu harus/wajib, tp SPP anak telat bayar tidak masalah hehe....????????????

djokoLodang

Selamat isang, bp M.Zainal Arifin. Apakah sekarang masih tinggal di Bandung? Dulu kuliah di Institut Teknologi Tekstil? Ada teman SMP/SMA saya dari Solo, yang kuliah di ITT. Masuk tahun 1972.

Handoko Luwanto

Jurnal Prusuh Disway Edisi: Salat Diskon (Sen,11-03-2024) #.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain:meReplyOrangLain] #1.Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 (10;655)★★★★⭐️ [2:4] #2.Agus Tejo (2;18) #3.Beny Arifin (2;74)★★ [1:1] #4.bitrik sulaiman (3;58)★ [0:1] #5.Dacoll Bns (1;122)★ #6.DeniK (2;62)★ [2:1] #7.didik sudjarwo (1;10) #8.djokoLodang (15;549)★★⚽️ [7:4] #9.Echa Yeni (2;11) [0:1] #10.eko enriko (1;59) #11.Em Ha (1;94)★ [1:0] #12.Er Gham (5;169)★ [6:1] #13.Fa Za (1;35) #14.Fiona Handoko (3;124)★ [1:2] #15.Gregorius Indiarto (1;25) #16.Handoko 2018 (1;105) #17.Handoko Luwanto (1;203)★ #18.Hendri Ma^ruf (1;63) #19.heru santoso (1;59) #20.Jimmy Marta (16;512)✒️★★★⚾️ [1:11] #21.Jo Neca (6;77) [0:5] #22.Jokosp Sp (5;282) [1:2] #23.Juve Zhang (8;623) [4:0] #24.Lagarenze 1301 (8;1086)★★⏰ [6:0] #25.Lègég Sunda (3;25)★ [0:2] #26.Liam Then (5;736) [3:0] #27.M.Zainal Arifin (10;129)★★★ [0:7] #28.MULIYANTO KRISTA (3;70)★ [5:2] #29.Nimas Mumtazah (6;159)★★ [3:3] #30.Pedro Patran (1;5) #31.rid kc (1;37) #32.Rizal Falih (3;195) [2:1] #33.sinung nugroho (1;17) [0:1] #34.Slamet Sejati (1;28) [1:0] #35.suyadi syamsuri (1;33)★ [0:1] #36.Syamsuriadi Syam (1;62)✏️★ #37.thamrindahlan (1;29) [2:0] #38.Udin Salemo (8;376)★ [1:5] #39.Ummi Hilal (2;37)★ [1:1] #40.Warung Faiz (4;84) [6:0] #41.yoming AFuadi (2;275)★ Total: 150 Komentar dengan 32★ dari 21 Orang ✏️: Rookie per 30Sep2023 (1 Orang) ✒️: Komentar Terbanyak ★: Komentar Pilihan ⭐️: Komentar Pilihan Terbanyak ⚽️: Terbanyak Direply ⚾️: Terbanyak Mereply ⏰: Pertamax

Fiona Handoko

selamat pagi bpk thamrin, mas aat. ghibah, atau bergunjing. tampaknya sudah menjadi habit manusia. rasa kepedulian berkelindan dengan rasa keingintahuan. ditambah rasa suka, benci, iri dll. gabungan rasa2 itu menjadi gurih dalam bahan gunjingan. namun sebelum bergunjing. cobalah mengingat kisah di bawah ini. seseorang bertemu dengan socrates. dan bertanya. "tahukan anda. apa yg saya dengar tentang teman anda?" "tunggu sabanta." kata socrates. "sebelum menceritakan apa pun. saya akan bertanya 3 hal." "kesatu. apakah anda yakin. bahwa apa yg akan anda katakan itu benar dan nyata?" "tidak." jawab orang itu. "saya hanya mendengar saja." "kedua. apakah apa yg akan anda katakan tentang teman saya itu sesuatu yg baik?" "tidak. malah sebaliknya..." "ketiga. apakah apa yg akan anda katakan itu bermanfaat bagi saya?" "sama sekali tidak." "jadi." socrates menyimpulkan. "bila apa yg akan anda katakan belum tentu benar, bukan tentang kebaikan, dan tidak bermanfaat. mengapa anda harus menceritakan ke saya?"

Wilwa

Al Ain menyingkirkan Al Nassr lewat adu penalti. CR7, Mane, dkk kalah. Yang saya kagum adalah bermain selama 120 menit full speed and power tapi tenaga dua kesebelasan tetap prima. Mungkin pak Agus Suryonegoro punya jawabannya.

Jimmy Marta

Pusat Penelitian dan Penerapan Sains dan Technologi University Necmetin Erbakan (Bitam) Turki belum lama menemukan roti tertua di dunia. Residu spons yg merupakan roti yg difermentasi dari 6600 SM. Di Catahoyuk, sebuah pemukiman neolitikum di Turki tengah. Apakah hasil penelitian para profesor doktor arkeolog spt diatas penting?. Harus dipercaya karena mereka adalah pakar dan suhu yg sangat mendewakan sains?. Bahkan sekarang ini ada pertanyaan mendasar. Apakah arkeologi adalah ilmu?. Ada banyak yg menjawab tidak. Namun ada juga banyak mengatakan sebaliknya. "Saya belum melihat devinisi ilmu pengetahuan yg mempunyai kegunaan tetapi tdk termasuk arkeologi dan arkeolog". Mengutip Dr Steven Novella sains adalah "hanya suatu cara sistematis untuk mengamati alam secara cermat dan menyeluruh serta menggunakan logika yg konsisten untuk mengevaluasi hasilnya". Beruntunglah jika anda memahami kutipan yg sy ambil dari Quora.com. Saya sendiri bingung. Sebingung memahami orang yg begitu mengagungkan sains. Semua harus logic. Nabi Adam, kapal nabi Nuh harus dibuktikan.

Macca Madinah

Negara "diktator" atau lebih tepatnya "tidak atau kurang demokratis", apabila dipegang oleh orang yang tepat akan melaju. Masalahnya adalah di penerus, dan juga tabiat manusia, yang kalau sudah terlalu lama berkuasa, akan mudah terlena. Contoh baik non-demokrasi KITA SUDAH TAHU. Contoh sebaliknya, lihat Korut.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

MENDISKUSIKAN PERBEDAAN KAPITALISME VS KOMUNISME.. TANYA. Apakah ada perbedaan antara kapitalisme dan komunisme? JAWABBAN. Ada. Dalam kapitalisme, MANUSIA mengeksploitasi MANUSIA. Dalam komunisme, SEBALIKNYA. ### Masih lagi mikir KEBALIKANNYA..

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Di negara komunis, seorang Gubernur mengunjungi salah satu kota kecil di distriknya. Walikota sangat bersemangat untuk menunjukkan kepada Gubernur betapa berdedikasi rakyatnya kepada Partai Komunis. Saat mereka berjalan melalui pasar kota, Walikota menarik salah satu petani ke samping untuk menanyakan beberapa pertanyaan. Ia bertanya, "Kamerad, jika Anda mempunyai dua apartemen, tidakkah Anda akan dengan senang hati menyumbangkan satu apartemen kepada partai?" Lelaki itu menjawab, “Tentu saja, Kamerad Walikota. Dengan senang hati saya akan berkontribusi untuk partai dan negara.” Walikota melanjutkan, "Dan, jika Anda mempunyai dua mobil, tidakkah Anda akan dengan senang hati menyumbangkan salah satunya kepada partai?" Pria itu berkata, "Tentu saja, itu akan menjadi suatu kehormatan." Gubernur sangat terkesan, maka Walikota memutuskan untuk terus melanjutkan. "Dan Kamerad, jika Anda memiliki dua ekor sapi, bukankah Anda juga akan dengan senang hati menyumbangkan satu ekor kembali kepada masyarakat?" Mendengar hal ini, petani itu ragu-ragu dan dengan ekspresi kecewa berkata, "Tidak, saya tidak akan menyumbangkannya." Karena bingung, Walikota bertanya kepadanya, "Anda mau menyumbangkan apartemen dan mobil, mengapa Anda tidak mau menyumbangkan seekor sapi?" Petani itu melihat ke arahnya dan berkata, "Karena saya benar-benar punya dua ekor sapi...."

Udin Salemo

Udin coga pakai baju koko/ pai tarawiah ka Parak Karakah/ semoga bulan ramadhan ko/ banyak ibadah hiduik barokah/ alah masak padi di ladang/ barehnyo dibaok ka Lolong/ dunsanak ambo umua panjang/ urangnyo elok suko manolong/

djokoLodang

--o-- ARTI NGABUBURIT Pertama kali kenal istilah "ngabuburit" saat saya mulai bermukim di Bandung. Ngabuburit biasa diartikan sebagai "menunggu waktu berbuka puasa" Benarkah? Saya buka website, dengan niat karena Allah, ingin tahu lebih dalam ungkapan "ngabuburit". Dari kata dasar "burit" yang artinya senja hari. Diberi awalan "nga" sehingga membentuk kata kerja. (sungguh indah bahasa Sunda). "ngabuburit" = menuju senja. menuju (saat) matahari terbenam. Mengulik lebih lanjut, menurut Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS), kata ngabuburit berasal dari kalimat "ngalantung ngadagoan burit" atau bersantai sambil menunggu waktu sore. --0-- 1) Ngabuburit diartikan sebagai "menunggu waktu buka puasa". Terasa kurang sreg, bagi saya. Mengapa? Ada nuansa "ketidakrelaan." Berpuasa karena kewajiban. "Terpaksa" berpuasa. Sebenarnya tidak ingin berpuasa, karena sungguh tidak nyaman. Haus, lapar, lemas. Tapi, karena takut dosa, terpaksa berpuasa. Jadinya, menunggu-nunggu waktu berbuka. 2) Bila diartikan sebagai "bersantai sambil menunggu waktu sore", jauh lebih pas bagi saya. Walau pun sedang puasa, tetap santai. Tetap menjalankan tugas sehari-hari. Seperti pada hari-hari saat tidak berpuasa. Gunakan waktumu untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Puasa dengan penuh kesadaran. --jL--

Liam Then

Sabar Kang...eh kok kebalik.

Kang Sabarikhlas

Baca CHDI today, entah sudah berapa kali panjang tambah iklan hasilnya samadengan bingung. Cerita apa, ngajak kemana?... Saya kan goblik juga mahluk lemah, bisa pusing karena baca² lalu stres lalu obatnya..ngopi+ngudut...duh. pokoknya sampai puasa batal, Abah tanggung jawab... #wonggoblik_pinteralasan

Afa

Komunis yang Tidak Sesat. Berpegang buku Karl Marx, Das Kapital: "Ketika ada delapan pekerja, ini bukan lagi ekonomi individu biasa, tetapi ekonomi kapitalis dan eksploitasi." Seorang suku Manchu, Nián guǎng jiǔ 年广九 (1940 - 2023 ) berasal dari desa Huaiyuan kota Wuhu provinsi Anhui. Di usia 9 tahun membantu orangtua jualan buah. Setelah dewasa jualan ikan kecil-kecilan. Tahun 1963 ditangkap, dipenjara 1 tahun dan kerja sosial 5 bulan. Tertuduh: spekulasi dan ambil untung. Setelah bebas, jualan chestnut (castanea). Tahun 1966 ditangkap lagi, dipenjara 20 hari. Terfitnah sebagai hantu sapi roh ular di Revolusi Kebudayaan. Setelah itu, belajar menggoreng biji melon 瓜子 guā zǐ (kuaci). Siang asongan di stasiun. Malam jual di bioskop. Orang-orang memanggil ia: si Biji Melon Bego. Karena ia miskin, buta huruf. Tahun 1981 di era reformasi keterbukaan, pemerintah mendorong Gètǐhù 个体户 (usaha rumah tangga / perseorangan). Mulailah 年广九 mempekerjakan 4 orang. Kuaci merk 傻子瓜子 Shǎzi guāzǐ (Biji Melon si Bego). Kemudian berkembang. Pemkot Wuhu pun turut bantu berpromosi. Tulis artikel di koran-koran. Sebagai contoh keberhasilan program partai: 个体户. Makin berkembang. Makin maju. Lebih dari 10 karyawan. Tiga tahun kemudian, jumlah karyawan mencapai 103 orang. 傻子瓜子 Shǎzi guāzǐ tercatat membayar pajak tahunan lebih dari 300.000 yuan.

Liam Then

Sains = kultivasi terkait material. Agama/spiritualitas= kultivasi jiwa. Sains percaya jiwa sirna ketika raga putus nafas, atau otak berhenti berfungsi. Agama/spiritualitas percaya jiwa abadi, pasca sirna raga. Dari dua diatas, yang terparah di checklist yang golongan ketiga. Di daftar checklistnya : tak ada kuasa ilmu dunia dan tak kuasa ilmu akhirat tercentang. Gagal maneh, gagal Kabeh. Mengingat umur semesta yang oleh ahli ilmu dunia sudah miliaran tahun,13,7 miliar tahun , umur bumi katanya 4,5 miliar tahun. Dan rekaman sejarah tertua 9000 tahun lalu di Mesopotamia -wilayah Iraq-iran sekarang. Tak susah untuk pilih sebenarnya. Untuk lebih fokus ke yang mana. Selintas hidup cuma sekali, yang berakhir sirna dengan kerjapan mata , atau ilmu yang mengajarkan kultivasi jiwa, bahwa setiap jiwa itu istimewa dan punya potensi abadi. Jika jiwa anda abadi, terbebas dari Kungkungan raga, siksa dunia dan siksa akhirat.. Bayangkan luasan semesta yang bisa anda hidup didalamnya. Bisa kemana saja. Umat manusia sebenarnya praktis terpenjara diatas muka bumi. Di bola sekecil debu ini ,di antah berantah semesta yang maha luas. Menurut ilmu pengetahuan bumi berada di satu tata Surya kecil, yang nempil di bagian tengah sabuk cakram galaksi Bimasakti. Cobalah anda lihat gambarnya. Sungguh akan menggugah kesadaran. Belum lagi jika lihat lintasan teratur dari chaos pergerakan tata surya kita ,dalam perjalanannya mengelilingi inti Bima sakti...

djokoLodang

--o-- TAFSIR SESAT? Temanku, seorang insinyur pertanian, menulis buku tentang agama. Eh, dia ditegur oleh seorang Guru Besar Agama. "Kamu ini 'kan insinyur pertanian. Ngapain bicara tentang agama? Lebih baik ngurusin sawah, ladang, dan hewan ternak." Teman saya terdiam dan sedih. Bukunya tidak laku. Penerbitnya rugi. Aku ikut sedih... Malamnya, aku bermimpi. Dalam mimpi, ketemu Sang Nabi. "Wahai Rasul Allah. Benarkah yang boleh menulis buku agama itu hanya ustadz, ahli agama, para Guru Besar? Orang awam tidak boleh? Walau pun lulusan universitas?" Sang Nabi tersenyum ramah. "Kenapa heran? Bukan hanya sekarang, dulu pun selalu begitu. Dulu, orang seperti itu sebutannya "ahli kitab". Sekarang, dinamakan ustadz, cendekiawan, guru besar." Untung aku tidak bertemu dengan dia. Kalau bertemu, aku pun akan disuruh ngurusin onta dan kambing punya majikanku. Aku pun akan ditegur: "Ngapain ikut-ikut bicara tentang agama? Urusi saja dagangan majikanmu". Mendengar itu, hilanglah kesedihanku. Masih dalam mimpi, aku menyalami Sang Nabi. Sang Nabi menerima salamku. Aku pun terbangun. Tidak sedih lagi. Lalu tertidur pulas lagi. --0--

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 285

  • didik sudjarwo
    didik sudjarwo
  • WASITH channel
    WASITH channel
    • Liam Then
      Liam Then
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
  • heru santoso
    heru santoso
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Liam Then
    Liam Then
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • Liam Then
    Liam Then
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Agustinus Marampa
    Agustinus Marampa
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Agustinus Marampa
    Agustinus Marampa
  • Agustinus Marampa
    Agustinus Marampa
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
  • Ronie Ernanto
    Ronie Ernanto
    • Lègég Sunda
      Lègég Sunda
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Pryadi
    Pryadi
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • didik sudjarwo
      didik sudjarwo
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Liam Then
      Liam Then
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Pryadi
    Pryadi
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Pryadi
      Pryadi
    • Pryadi
      Pryadi
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • didik sudjarwo
      didik sudjarwo
  • Ummi Hilal
    Ummi Hilal
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Warung Faiz
      Warung Faiz
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Liam Then
      Liam Then
    • Afa
      Afa
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
  • Amat K.
    Amat K.
  • Pryadi
    Pryadi
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Ronie Ernanto
      Ronie Ernanto
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
  • Hari Purwanto
    Hari Purwanto
  • Bahtiar HS
    Bahtiar HS
    • Liam Then
      Liam Then
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Ummi Hilal
    Ummi Hilal
  • Hari Purwanto
    Hari Purwanto
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Rizal Falih
      Rizal Falih
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Liam Then
      Liam Then
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Em Ha
    Em Ha
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Wilwa
      Wilwa
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Rizal Falih
      Rizal Falih
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Rizal Falih
      Rizal Falih
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • Afa
      Afa
  • Afa
    Afa
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Afa
      Afa
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Wilwa
    Wilwa
  • Rihlatul Ulfa
    Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Wilwa
      Wilwa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
  • Pryadi
    Pryadi
    • Pryadi
      Pryadi
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Pryadi
      Pryadi
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Drupadi Drupadi
      Drupadi Drupadi
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • Pryadi
      Pryadi
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • daeng romli
      daeng romli
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Hari Purwanto
    Hari Purwanto
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Sumartan
    Sumartan
  • rid kc
    rid kc
  • Liam Then
    Liam Then
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Ak 45
    Ak 45
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Amat K.
    Amat K.
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Amat K.
      Amat K.
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Amat K.
    Amat K.
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • yoming AFuadi
    yoming AFuadi
  • yoming AFuadi
    yoming AFuadi
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Mbah Omicron
    Mbah Omicron
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • DeniK
    DeniK
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • ACEP YULIUS HAMDANI
      ACEP YULIUS HAMDANI
    • Amat K.
      Amat K.
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Amat K.
      Amat K.
    • ACEP YULIUS HAMDANI
      ACEP YULIUS HAMDANI
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Wilwa
      Wilwa
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Wilwa
      Wilwa
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Er Gham
    Er Gham
  • Er Gham
    Er Gham
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • DeniK
    DeniK
  • Amat K.
    Amat K.
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Rizal Falih
      Rizal Falih
  • Pedro Patran
    Pedro Patran
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Rizal Falih
      Rizal Falih
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
    • Yellow Bean
      Yellow Bean