Sandiaga Uno Sebut Pariwisata di IKN Sustainable, Kebun Raya Balikpapan Hingga Pantai Tanah Merah Potensial

Sandiaga Uno Sebut Pariwisata di IKN Sustainable, Kebun Raya Balikpapan Hingga Pantai Tanah Merah Potensial

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno saat paparkan pariwisata di IKN di Gedung Kominfo pada Kamis, 14 Maret 2024.-Foto/Ayu-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung adanya perkembangan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno sudah sangat serius dalam persiapan dan juga pengembangan pariwisata di IKN.

"Desa-desa di IKN ini akan didorong jadi desa wisata dan desa kreatif," ungkap Sandiaga Uno di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Kamis, 14 Maret 2024.

BACA JUGA:Viral Xpander Nyelonong Tabrak Showroom di PIK 2, Porsche Seharga Rp 8,9 Miliar Jadi Korban

BACA JUGA:Yuk Serbu! Pendaftaran Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut dari Kemenhub, Sediakan Ribuan Kuota

Ia mengungkapkan, saat ini sudah dilakukan gerakan sadar wisata dengan pelatihan hospitality, fam trip, KOL, dan pendampingan investasi.

Hal ini untuk pengembangan IKN. Selain itu, ia merencanakan pada green toursim yang berkelanjutan. 

"Parekrafnya mengarah kepada sustainable toursim, sustainable seamless travel, di mana pariwisatanya itu bukan model resort besar tapi lebih ke arah ecotourism, glamping," ungkapnya. 

"Kami melihat juga tren berwisata dan ekonomi kreatif ini akan mengacu kepada konsep quality dan sustainability," tambahnya.

BACA JUGA:Komika Nopek Novian Dikaruniai Anak Pertama Berjenis Kelamin Laki-Laki

BACA JUGA:Pengamat Nilai Sikap Optimisme STY Kalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia Sangat Wajar

Menurutnya, ada beberapa desa yang menarik untuk dikembangkan untuk menambah destinasi wisata di sekitar IKN.

"Ada Desa Wisata Mentawir, ada Desa budaya Pampang, Kebun Raya Balikpapan, dan Pantai Tanah Merah dengan pasirnya yang putih serta Bukit Bangkirai," ujar Sandiaga Uno.

Ia menjelaskan, IKN ini akan dirancang sebagai pusat kendali saraf dari indonesia secara keseluruhan tentunya ditopang dari destinasi wisata disekitarnya, seperti Samarinda, Balikpapan, dan Kalimantan Timur secara keseluruhan. (Ayu Novita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: