Sidang Pendahuluan MKMK, Dengar Pelapor Kasus Dugaan Pelanggaran Kode Etik Hakim Konstitusi

Sidang Pendahuluan MKMK, Dengar Pelapor Kasus Dugaan Pelanggaran Kode Etik Hakim Konstitusi

Sidang Pendahuluan MKMK, Dengar Pelapor Kasus Dugaan Pelanggaran Kode Etik Hakim Konstitusi-dok MKMK-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Majelis Kehormatan Mahkamah Konsitusi (MKMK) mendengarkan laporan pelapor terkait dugaan pelanggaran kode etik oleh para hakim konstitusi melalui Sidang Pendahuluan yang digelar pada Jumat 15 Maret 2024 secara dalam jaringan (daring) serta luar jaring (luring) di Ruang Sidang Panel Lantai 2 dan 4 Gedung MK, sidang bersifat tertutup untuk umum.

Diketahui, Sidang pendahuluan MKMK dipimpin oleh I Dewa Gede Palguna bersama dengan Juliandri dan Hakim Konstitusi Ridwan Mansyur sebagai anggota MKMK.

BACA JUGA:Rapat Majelis Kehormatan MKMK Bahas Saldi Isra dan Anwar Usman, Minta Pelapor Perbarui Laporannya

Laporan yang diperiksa pada Sidang Pendahuluan MKMK adalah perkara yang diajukan oleh lima pemohon terkait adanya dugaan pelanggaran kode etik oleh para hakim konstitusi. 

Berdasarkan lima perkara, hakim konstitusi yang terlapor adalah Anwar Usman dengan dua pemohon yang melaporkan, Arief Hidayat dengan satu pelapor, Saldi Isra satu yang melaporkan, dan Wahiduddin Adams juga satu yang melaporkannya.

BACA JUGA:MKMK Panggil Pelapor Pelanggaran Etik Anwar Usman, Ada Apa Lagi?

"Perkara Nomor 01/MKMK/L/003/2024 yang diajukan oleh Zico Leonard Djagardo S dengan terlapor Hakim Konstitusi Anwar Usman; Laporan Perkara Nomor 02/MKMK/L/003/2024 yang diajukan oleh Alvon Pratama Sitorus, dkk dengan terlapor Hakim Konstitusi Anwar Usman; Laporan Perkara Nomor 03/MKMK/L/003/2024 yang diajukan oleh Andhika Ujiantara dengan terlapor Hakim Konstitusi Arief Hidayat; Laporan Perkara Nomor 04/MKMK/L/003/2024 yang diajukan oleh Andi Rahadian dengan terlapor Wakil Ketua MK Saldi Isra; dan Laporan Perkara Nomor 05/MKMK/L/003/2024 yang diajukan oleh Harjo Winoto dengan terlapor Wahiduddin Adams," dikutip dari keterangan tertulis Humas Mahkamah Konsitusi (MK) pada Jumat 15 Maret 2024.

BACA JUGA:Mahkamah Konstitusi Resmi Bentuk MKMK Secara Permanen

Sidang pendahuluan digelar untuk memeriksa hakim konstitusi yang diduga melanggar kode etik, yang dilakukan untuk menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran, martabat serta kode etik dan perilaku hakim konstitusi. 

Oleh karena itu, MKMK mempunyai kewenangan untuk meneriksa dan memutus dugaan pelanggaran kode etik oleh tiga hakim konstitusi yang dilaporkan oleh pelapor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: